Makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuhBeberapa nutrisi secara cukup mengejutkan dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa memastikan tubuh Anda supaya kebal terhadap berbagai macam penyakit,  hanya dengan makan banyak porsi sayur dan buah-buahan berwarna-warni serta ditambah dengan minum 8 sampai 10 gelas air perhari.

Advertisement

* Dalam golongan rempah-rempah dan herbal, jinten hitam sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Berikut makanan dan minuman yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita:

1. Yoghurt

Probiotik atau strain hidup ditemukan dalam yogurt, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk menjaga usus dan saluran usus bebas dari kuman penyebab penyakit. Sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa 7 ons yoghurt akan meningkatkan imunitas sama efektifnya dengan suplemen.

2 . Oats

Biji-bijian ini mengandung beta glucan, yaitu sejenis serat yang memiliki kemampuan antimikroba dan antioksidan yang kuat. Jika dikonsumsi manusia senyawa ini dapat meningkatkan imunitas, percepatan penyembuhan luka, dan dapat membantu antibiotik agar bekerja lebih baik .

3 . Bawang putih

Bawang mengandung bahan aktif yang disebut allicin, yang bermanfaat untuk melawan infeksi dan bakteri. Peneliti Inggris memberikan 146 orang ekstrak bawang putih dan plasebo selama 12 minggu. Hasilnya, peserta yang pengambil bawang putih 2/3 lebih kecil kemungkinannya terkena flu. Studi lain menunjukkan orang yang menyukai makan bawang putih lebih dari enam siung dalam seminggu, 30 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal. Sementara itu 50 persen lebih rendah dari kanker perut .

4 . Teh

Dalam sebuah studi di Harvard, Orang yang minum teh hitam 5 cangkir sehari selama 2 minggu, 10 kali lebih perlawanan terhadap virus interferon dalam darah mereka,  daripada peserta yang minum minuman plasebo. Asam amino, antioksidan polifenol dan flavonoid yang terdapat dalam teh hitam mungkin yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Lihat juga :  Mencegah batu ginjal dengan minum air kelapa

5 . Sup ayam

Kemungkinan Asam amino sistein yang dilepaskan dari ayam selama dimasak, dan senyawa kimia yang menyerupai acetylcysteine ??yang bisa menjelaskan manfaat ini . Kaldu asin sup ayam akan membuat lendir keluar, yang akan membantu pengoobatan batuk. Memasak sup ayam dengan ditambahkan rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang merah, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Sea food

Kerang, tiram, lobster, dan kepiting kaya akan selenium, dan akan membantu sel darah putih untuk memproduksi sitokin – yaitu protein yang bermanfaat untuk membantu melawan virus penyebab flu. Sementara ikan Salmon, makarel, dan ikan haring kaya akan lemak omega-3, yang akan mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.

7.Daging sapi

Daging sapi adalah sumber zinc yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh kekurangan zinc, bahkan hanya sedikit dapat meningkatkan risiko infeksi. Seng sangat penting untuk pengembangan sel-sel darah putih, yaitu sel-sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan bakteri, virus, dan berbagai macam organisme jahat lainnya.

8. Ubi jalar

Untuk tetap kuat dan sehat,  kulit Anda membutuhkan vitamin A.  Vitamin A menjalankan peran utamanya memproduksi jaringan ikat, yaitu komponen kunci dari kulit. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin A dari makanan adalah makan-makanan yang mengandung beta-karoten, seperti ubi jalar, wortel, labu dan melon . Bata karoten oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A.

9. Jamur

Selama berabad-abad orang di seluruh dunia telah menggunakan jamur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Studi menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, dan membuatnya lebih agresif. Jika Anda memiliki infeksi, makan jamur sangat baik untuk mempercepat penyembuhan.

Lihat juga :  Bolehkah ibu hamil makan mie instant?

Shiitake, maitake, dan reishi adalah jenis jamur yang baik untuk manfaat ini. Para ahli merekomendasikan setidaknya mengkonsumsi ¼ ons untuk 1 ons beberapa kali dalam sehari untuk kekebalan tubuh yang maksimal.

10. Semangka

Selain rasanya menyegarkan, buah yang umumnya berwarna merah ini kaya akan antioksidan glutahione, yang dikenal kuat terhadap infeksi.

11. Kubis

Sayuran ini merupakan sumber glutamine yang merupakan pendorong sistem kekebalan tubuh. Kubis juga mengandung berbagai nutrisi yang baik termasuk antioksidan.

12 . Kacang almond

Seperempat cangkir kacang almond telah mampu memenuhi 50 persen dari kebutuhan vitamin E setiap hari, yaitu yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Almond juga kaya riboflavon dan niacin, yaitu jenis vitamin B yang memiliki efek mengurangi gejala stres.

13. Buah jeruk

Buah jeruk sangat dikenal akan kandungan vitamin C nya. Vitamin C adalah antioksidan yang diketahui bermanfaat untuk mendongkrak kekuatan sistem kekbalan tubuh kita. Buah-buahan dan makanan lain yang mengandung vitamin C tinggi bisa baca disini

14. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi seperti asam folat yang membantu tubuh memproduksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA. Namun Bayam tidak boleh dimasak terlalu lama sebelum dikonsumsi. Makan bayam tidak boleh setelah 2 jam atau lebih setelah dimasak.

Advertisement

One thought on “Makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *