8 Makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Mata

penyebab dan mengatasi rabun jauhDengan semakin meningkatnya jumlah penderita masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak, maka wajib memasukkan beberapa makanan yang baik untuk mata kedalam diet harian jika Anda tak ingin menjadi salah satunya. Diet yang sehat untuk tujuan ini termasuk rendah lemak jenuh dan lemak trans yang berpotensi menyumbat aliran darah ke mata. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa untuk melindungi kesehatan mata bisa dimulai dengan makanan; makanan yang kaya lutein, asam lemak omega 3, vitamin C, vitamin E, zinc, dan antioksidan, sebagian besar membantu mencegah banyak masalah mata yang terkait dengan dengan usia visi termasuk katarak dan degenerasi makula.

Advertisement

Salah satu hal terbaik tentang makanan ini adalah bahwa mereka sekaligus juga meningkatkan pencernaan, meningkatkan mood dan energi, menjaga kuli sehat, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mungkin Anda juga perlu tahu : Buah sayuran untuk kesehatan mata

Berikut top makanan yang sangat bagus untuk membantu mencegah penyakit mata dan secara keseluruhan baik untuk menjaga kesehatan

Wortel

Wortel merupakan makanan yang layak menempati daftar teratas dari sejumlah makanan terbaik untuk kesehatan mata. Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta-karoten tinggi, yang secara keseluruhan bermanfaat mempromosikan kesehatan mata. Vitamin A sangat penting untuk bagian luar dan kelopak mata, beta-karoten adalah antioksidan kuat yang akan membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas yang akan membantu menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Wortel juga kaya akan serat dan kalium, sehingga juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan serat membantu menjaga fungsi sistem pencernaa. Wortel juga tinggi falcarinol, yaitu bentuk zat yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Ikan salmon

Seperti halnya pada jenis ikan berminyak lainnya, seperti sarden, herring, mackerel dan halibut, salmon merupakan sumber omega 3 yang sangat baik, yang juga penting untuk kesehatan mata. Makan salmon secara teratur bisa mengurangi risiko degenerasi makula sebesar 38% dan membantu mengobati penyakit mata kering. Salmon juga merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik, yang juga bermanfaat membantu meningkatkan kesehatan mata, kesehatan jantung, dan  berperan penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Kekurangan vitamin D terkait dengan risiko terkena kanker, penyakit jantung, diabetes tipe1, sclerosis, dan jenis peradangan sendi atau rheumatoid arthritis. Baca juga : Yang perlu Anda ketahui tentang Omega 3

Lihat juga :  Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Sayuran hijau

Kangkung, bayam, sawi, dan sayuran berwarna hijau tua lainnya dibungkus oleh jenis antioksidan kuat, termasuk zeaxanthin dan lutein yang akan disimpan dalam makula. Makula adalah bagian kecil dari retina yang  bertugas sebagai tabir surya alami untuk melindungi mata dari dampak sinar yang membahayakan. Antioksidan yang ditemukan dalam sayuran hijau bermanfaat menyerap sinar biru yang sangat berbahaya bagi retina. Banyak penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein bisa menurunkan risiko penyakit mata kronis, seperti katarak dan degenerasi makula. Masih banyak manfaat sayur hijau lainnya, baca di Alasan Kenapa Sayuran penting bagi kesehatan Kita

Jagung manis

Jagung manis yang berwarna kuning muda kaya akan zeaxanthin dan lutein, yaitu seperti yang sudah dijelaskan adalah antioksidan kuat yang baik untuk mata Anda.  Dengan demikian makan mengkonsumsi jagung manis secara rutin bisa menurunkan risiko katarak dan membantu mencegah hilangnya pigmen mata. Baca juga : Manfaat jagung manis rebus untuk Ibu hamil

Jagung kaya dengan vitamin C, Vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (thiamin) dan B9 atau folat. Selain itu, jagung juga merupakan sumber magnesium, fosfor, besi, tembaga, mangan, seng, dan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kanker akibat radikal bebas. Karena kandungan seratnya yang tinggi, jagung juga membantu mencegah wasir, menurunkan risiko kanker usus besar, diabetes dan masalah jantung, serta membantu menurunkan berat badan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa sangat bermanfaat untuk mata karena membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jadi, gerimiskan minyak zaitun keatas salad Anda untuk membantu menyerap semua nutrisi yang berasal dari tomat, sayuran hijau, dan ubi jalar masak untuk mendapatkan asupan nutrisinya secara maksimal.

Studi menunjukkan bahwa diet yang rendah lemak jenuh dan lemak trans bisa membantu mencegah penyakit retina, dan minyak zaitun adalah rendah lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, minyak zaitun bisa membantu mencegah kanker, penyakit arteri, peradangan, diabetes, dan penyakit saraf degeneratif.

Lihat juga :  Inilah Makanan yang Membersihkan pencernaan Usus alami

Kalkun

Salah satu makanan yang terbaik untuk kesehatan mata dan juga lezat adalah kalkun, karena kaya akan vitamin B dan zinc. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai pengganti daging sapi dan daging ayam. Makan daging kalkun teratur bisa menjaga kesehatan mata dan bahkan dapat menangkis katarak. Baca juga : Manfaat Zinc bagi Kesehatan Tubuh

Selain kaya akan  zinc, kalkun juga tinggi vitamin B, triptofan, fosfor, protein, dan selenium. Juga rendah kolesterol dan lemak jenuh, dan tinggi protein, sehingga bisa menjadi bagian dari diet yang sehat.

Kalkun juga diyakini membantu mencegah kanker dan meningkatkan mood karena kandungan tryptophannya yang sangat tinggi. Selenium yang tersimpan dalam kalkun sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan tiroid yang sehat.

Tomat

Tomat merupakan sumber karotenoid yang baik, termasuk likopen, yaitu senyawa antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat. Sebuah studi menunjukkan bahwa likopen membantu melindungi retina dan daerah mata lain dari kerusakan. Likopen juga bisa membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah kanker prostat, usus, dan kanker paru-paru. Tomat juga kaya vitamin C, merupakan antioksidan yang juga membantu melindungi mata. Selain itu, vitamin C bermanfaat meningkatkan penyembuhan luka, melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas,  meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, dan meningkatkan imunitas.

Ubi jalar

Makanan yang hebat untuk kesehatan mata terakhir adalah ubi jalar. Umbi jalar kaya akan beta-karoten, dan sama seperti wortel juga banyak mengandung vitamin A, vitamin C, serat, mangan dan kalium, yang semuanya baik untuk kesehatan mata. Ubi ini juga merupakan sumber vitamin D, dimana nutrisi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, energi, pertumbuhan tulang, dan kesehatan mata. Ubi jalar juga baik bagi kesehatan jantung karena tinggi kalium dan vitamin B6 –  ubi jalar juga membantu mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Makanan lain yang mirip-mirip adalah umbi jalar, labu kuning, dan wortel.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *