Makanan yang Banyak mengandung Vitamin K

Makanan yang Banyak mengandung vitamin KVitamin K mungkin sedikit asing terdengar, dan juga vitamin ini tidak umum dalam bentuk suplemen. Manfaat umum vitamin K bagi tubuh kita adalah membantu pembekuan darah, sehingga kita tidak mengalami perdarahan yang berlebihan ketika terluka. Gejala kekurangan lain yang mungkin timbul adalah memar memar, tulang rapuh atau osteoporosis.  Meskipun jarang terjadi, kondisi tertentu bisa sangat beresiko defisiensi Vitamin K, seperti: Menderita gangguan penyerapan nutrisi dari makanan diusus, mengkonsumsi obat-obatan yang mengganggu penyerapan vitamin K, dan peminum berat.Dalam hal ini, layanan kesehatan mungkin akan memberikan suplemen vitamin K. Disisi lain dari kekurangan, kelebihan vitamin ini bisa menjadi racun dalam tubuh. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan darah menggumpal dan karenanya dapat memicu stroke atau masalah pembuluh darah. Dosis yang dianjurkan untuk remaja dan orang dewasa adalah 75 mikrogram dan 120 mikrogram vitamin K per hari.

Advertisement

Top 11 makanan yang Kaya akan Vitamin K  :

Vitamin K bisa didapatkan dari makanan alami yang berbeda termasuk sayuran, buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, dan daging. Yang paling penting dari senyawa ini sepertinya adalah vitamin K1 dan vitamin K2 . Vitamin K1 bisa diperoleh dari sumber sayuran hijau dan beberapa sayuran lainnya. Sementara itu Vitamin K2 adalah kelompok senyawa yang paling banyak dapat diperoleh dari daging, keju, dan telur, dan disintesis bakteri.

Berikut di bawah ini sebelas makanan paling tinggi mengandung vitamin K, yang dapat dimasukkan ke dalam diet harian Anda, agar semua sistem tubuh Anda bisa bekerja secara efisien:

1 . Kale :

Kale adalah salah satu sumber alami paling kaya vitamin K di dunia. Sayuran berdaun hijau tua ini dianggap sebagai pembangkit tenaga listrik untuk beberapa vitamin penting, mineral dan antioksidan yang kuat. Namun, untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan, kale harus dimakan dalam bentuk yang dimasak daripada mentah.

Lihat juga :  Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kulit, rambut dan Kesehatan

2 . Bayam :

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang paling bergizi didunia, dan paling banyak dikonsumsi. Sayuran berdaun hijau ini cukup banyak menyediakan vitamin K. Satu porsi bayam rebus menyediakan 888,48 mcg nutrisi penting ini.

3 . Herbal Kering :

Selain digunakan untuk membantu pengobatan, herbal alami mengandung berbagai nutrisi penting termasuk vitamin K. Kemangi kering, sage, thyme, ketumbar, marjoram, oregano dan peterseli adalah pilihan yang cukup untuk meningkatkan asupan vitamin K Anda .

4 . Rempah-rempah :

Rempah umumnya signifikan mengandung vitamin C dan E. Cabai merah adalah tambahan yang bagus untuk masakan, sekalgus sebagai sumber vitamin K harian Anda. Bubuk kari, paprika dan cabai rawit juga mengandung cukup vitamin K.

5 .Minyak Ikan :

Hampir segala macam minyak ikan adalah sumber vitamin K yang sangat baik dan asam lemak esensial seperti Omega 3. Termasuk ikan juga mengandung vitamin K, yang sangat baik untuk dimasukkan kedalam diet sehat Anda.

6 . Plum :

Plum dn prunes juga mengandung tinggi vitamin K. Satu porsi buah plum menyediakan 248g vitamin ini.

7 . Sayuran silangan :

Sayuran seperti lobak, collard, brokoli, bunga kol, dan sawi adalah sumber yang kaya vitamin K. Satu cangkir lobak hijau yang direbus atau dikukus menyediakan 529,34 mcg vitamin ini. Disarankan untuk tidak merebus jenis sayuran silangan selama lebih dari lima menit, karena Anda akan menghilangkan sebagian besar dari nilai gizinya.

8 . Ketimun :

Jika Anda suka makan mentimun, maka sekarang Anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya. Buah sayuran ini mengandung konsentrasi tinggi vitamin K,  dan bisa menjadi pilihan yang ideal jika Anda sedang mencari cara untuk menambah asupan vitamin K Anda. Sayuran renyah dan tinggi air ini juga baik bagi kesehatan, baca juga  30 Manfaat mentimun Bagi kesehatan, kulit dan rambut

Lihat juga :  Apakah Kolin? - Manfaat dan makanan sumber Kolin

9 . Kubis brussel :

Meskipun sayuran ini sangat rendah kalori, namun ia sangat kaya akan vitamin K. Memasukkan kubis mungil ini ke dalam rencana diet Anda akan memberikan 300 mg vitamin K per porsi.

10. Daun bawang merah

Biasanya daun bawang dirajang halus dan ditaburkan diatas beberapa jenis masakan, atau dimakan segar bersama makanan tertentu.100 daun bawang atau 1 cangkir cincang akan memberikan 207mg  vitamin K.

11. Asparagus

Asparagus juga merupakan sumber yang cukup baik nutrisi ini. 100 gram yang dikukus akan memberikan Anda 144mg per cangkir.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *