Makanan sumber protein nabati terbanyak

Makanan sumber protein nabatiProtein adalah salah satu dari pilar diet sehat kita selain lemak dan karbohidrat. Namun tidak seperti halnya dengan lemak dan karbohidrat, sumber utama protein umumnya adalah sumber hewani. Protein hewani pada umumnya lebih lengkap, mencakup semua protein yang terdapat dari sumber nabati. Hal ini termasuk mengandung semua jenis asam amino esensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang hanya bisa diperoleh dari sumber luar atau makanan , yang harus kita peroleh untuk menjaga kesehatan yang baik. Namun jangan khawatir, karena kita masih mungkin untuk mendapatkan asupan protein lengkap dari sumber nabati. Caranya dengan menggabungkan beberapa makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dalam satu kali makan setiap hari.

Advertisement

Hanya karena Anda telah memutuskan untuk vegetarian, tidak berarti Anda harus kesulitan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, vegetarian memiliki kesempatan hidup sedikit lebih baik dari pengkonsumsi daging.

Berikut beberapa sumber protein nabati terbaik.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat mudah di peroleh di pasar manapun. Selain harganya murah, kacang-kacangan fleksibel untuk diolah dan merupakan sumber protein nabati. Satu cangkir kacang kidney, kacang pinto, kacang merah, kacang putih, kacang hijau, kedelai, atau hitam, bisa memberikan Anda 12-15 gram protein. Kacang juga merupakan makanan yang kaya serat dan mikronutrisi. Dan apa yang Anda tahu, ada kacang untuk semuanya.

2. Quinoa

Quinoa mengandung protein yang lebih lengkap dari makanan sumber protein nabati lainnya,  termasuk semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda. Makanan ini dianggap sebagai makanan super yang paling bergizi didunia. Selain kaya akan asam amino yang lengkap, quinoa juga kaya akan vitamin E, omega 6, polifenol, fitosterol, flavonoid dan banyak mikro nutrisi lainnya. Namun mungkin Anda kesulita untuk mendapatkan makanan yang diproduksi oleh tanaman yang banyak tumbuh di Amerika Selatan ini.

Lihat juga :  Daftar Makanan yang mengandung serat tinggi

3. Tahu

Terlepas dari quinoa yang mungkin sulit kita peroleh di Indonesia, Anda masih bisa memperoleh tahu dimana-mana untuk mendapatkan protein sumber nabati. Tahu merupakan produk makanan yang sangat tinggi gizi, termasuk protein. Setengah potong besar tahu menyediakan sekitar 14 gram protein, sementara hanya sekitar 110 kalori. Bagaimana cara memasak tahu?, mungkin Anda sudah banyak mengetahuinya.

4. Lentil

Lentil menyediakan sekitar 18 gram protein setiap satu cangkirnya. Bahkan, sebesar 30% kalori dalam lentil berasal dari protein. Bukan hanya itu, lentil juga kaya akan serat, asam folat, vitamin B1, dan zat besi. Lentil 1/3 lebih banyak mengandung folat jika dibandingkan dengan bayam masak. Seperti telah Kita ketahui, asam folat terutama sangat dibutuhkan oleh ibu hamil demi kesehatan janin yang dikandungnya. Lentil tersedia dengan beberapa macam ukuran dan warna, termasuk kuning, oranye, hijau, coklat dan hitam. Selain mengandung protein lengkap, lentil bisa digabungkan dengan dengan biji-bijian. Lentil adalah sejenis kacang-kacangan yang umum dimasyarakat Asia barat daya dan timur mediterania, misalnya India dll.

5. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif dari susu sapi yang paling populer, serta memiliki profil nutrisi yang paling mirip dengan susu sapi. Susu kedelai menyediakan 5-10 gram protein, sedangkan susu sapi sebanyak 8 gram. Banyak produk susu kedelai yang mengandung jumlah protein, kalsium, dan vitamin D seperti susu sapi.

Itulah beberapa sumber protein nabati terbaik, yang bisa menjadi sumber alternaif selain daging. Namun sebaiknya Anda masih mendapatkan protein dari sumber hewani, kalau tak suka daging, bisa memilih makan ikan. Protein adalah nutrisi penting yang membangun blok tubuh kita, termasuk rambut dan kuku. Jadi jangan pernah untuk melewatkan makanan sumber protein terbaik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *