Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil mudaMasa Kehamilan adalah masa yang paling penting bagi seorang ibu untuk semakin memperhatikan kesehatan diri dan bayi yang dikandungnya. Pada masa ini seorang ibu harus cukup memperoleh asupan gizi dari mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi dan kesehatan dirinya. Namun bukan berarti bebas mengkonsumsi apa saja, karena seorang wanita hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan per hari untuk memberikan makan pada bayinya yang sedang tumbuh. Kalori ini perlu untuk dihitung, sehingga harus fokus mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menyuplai nutrisi yang benar-benar ibu hamil butuhkan selama 40 minggu sebelum bayi lahir. Beberapa nutrisi yang sangat penting selama kehamilan termasuk kalsium, protein, serat, lemak sehat dan folat. Baca juga : Kebiasaan makan yang boleh dan tidak selama kehamilan

Advertisement

Berikut Makanan sehat yang sangat banyak dibutuhkan oleh Ibu Hamil Muda dan keseluruhan

Makanan mengandung Omega 3

Asam lemak omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem penglihatan pada janin. Ikan salmon merupakan salah satu sumber omega 3 yang baik. Selain itu, salmon juga menawarkan protein berkualitas seperti halnya jenis ikan lain   seperti ikan tuna, halibut dan sarden. Namun Ibu perlu membatasi konsumsi ikan termasuk salmon hanya 12 ons saja dalam seminggu untuk menghindari risiko terpapar merkuri yang membahayakan kesehatan. Jika Anda telah tidak makan ikan, Ibu bisa mendapatkan omega 3 darisumber nabati seperti kenari atau kacang jenis lain. Baca juga : Pentingnya asam lemak omega 3 untuk wanita

Makanan yang mengandung serat

Selama masa kehamilan, saluran pencernaan seorang ibu akan melambat dari biasanya, sehingga mungkin lebih mudah mengalami sembelit dan wasir. Menjaga diri dari resiko-resiko tersebut, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan berserat tinggi, yang juga membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan lain seperti preeklampsia. Kacang adalah salah satu makanan sumber serat yang baik, termasuk zat bes, kalsium dan seng  juga sama pentingya – seperti dalam biji-bijian seperti jagung dan oatmeal. Baca : Daftar Makanan yang mengandung serat tinggi

Makanan yang berkalsium

Kalsium tak hanya diperlukan tubuh untuk memperkuat tulang dan gigi, namun juga tulang bayi yang dikandung juga. Jika Ibu hamil tidak memperoleh cukup asupan kalsium, maka beresiko kepada pertumbuhan tulang dan gigi janin. Yoghurt yunani tinggi akan kalsium serta protein, sementara sayuran hijau seperti brokoli adalah jenis dari sayuran yang merupakan sumber folat yang baik. Brokoli juga memberikan vitamin A dan dan vitamin C, plus folat. Makanan yang tinggi kalsium lainnya termasuk susu, sayuran berdaun hijau tua, dan makanan yang diperkaya seperti minuman jus jeruk, susu kedelai dan sereal.

Lihat juga :  Apakah pisang baik untuk wanita Hamil?

Baca juga : Buah dan Sayuran yang Mengandung Kalsium Tinggi

Makanan yang banyak mengandung Folat

Salah satu nutrisi yang paling penting selama ibu hamil adalah folat, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk pembentukan otak dan sistem saraf pada bayi. Folat adalah jenis alami dari asam folat, yang kemungkinan bisa menjadi bagian dari vitamin prenatal Anda. Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung dan slada adalah sumber folat terbaik. Sedangkan kacang polong, asparagus dan buah alpukat juga menawarkan banyak nutrisi penting ini.

Makanan bernutrisi sebagai tambahan termasuk yang mengandung kolin

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil muda atau hamil tua, makanlah semua jenis makanan dari semua kelompok makanan yaitu susu, buah-buahan, sayuran, protein dan biji-bijian. Mendapatkan banyak asupan kolin, yang ditemukan dalam telur dan sayur bayam untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Ibu hamil juga penting untuk mendapatkan cukup asupan vitamin A dan beta karoten, yaitu dua nutrisi yang akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Mikronutrien ini banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang berwarna kuning dan oranye seperti labu kuning dan ubi jalar.

Ibu hamil muda terutama juga perlu mendapatkan cukup asupan zat besi untuk membantu membentuk hemoglobin dan mencegah anemia pada ibu dan mencegah berat bayi lahir yang rendah.  Untuk itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi daging sapi atau produk dan biji-bijian yang diperkaya mineral ini. Ibu hamil juga perlu mengkonsumsi rutin vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B12 serta vitamin D.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *