Makanan sehat dan bergizi untuk Anak -anak

Manfaat kalsium bagi pertumbuhan anakAnak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, anak-anak harus secara teratur makan-makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Selain itu, anak-anak juga harus menghindari makanan olahan dan makanan ringan yang terlalu banyak gula, karena hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Advertisement

Gizi makanan untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan banyak kalori namun sedikit nutrisi untuk tumbuh dengan baik, namun diet rendah lemak dianjurkan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sementara itu balita membutuhkan diet yang mengandung jumlah lemak yang baik.

Berikut tabel kebutuhan kalori untuk anak-anak dengan kelompok usia yang berbeda :

Umur

Kalori per-hari

Laki-laki

 Perempuan

1–3

1,230

1,165

4–6

1,715

1,545

7–10

1,970

1,740

11–14

2,220

1,845

15–18

2,755

2,110

Dewasa

2,550

1,940

Juga harus dipastikan bahwa anak-anak tidak boleh terlalu banyak garam dalam diet mereka. Sedangkan kebutuhan garam untuk orang dewasa tidak boleh lebih dari 6 g garam dalam sehari, dan anak-anak membutuhkan kurang dari itu karena tubuhnya yang lebih kecil.

  • Anak 1-3 tahun – 2g sehari (0.8g sodium)
  • Anak 4-6 tahun – 3g sehari (1.2g sodium)
  • Anak 7-10 tahun – 5g per hari (sodium 2g)
  • Anak 11 tahun ke atas – 6g sehari (2.5g sodium)

Makanan sehat dan Paling Bergizi untuk anak-anak :

Makanan bergizi sering dikaitkan dengan buah-buahan, tetapi ada varietas makanan lain yang bergizi yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan anak-anak. Ikan dan kacang-kacangan mengandung protein tanpa lemak, merupakan sumber nutrisi yang ideal bagi anak-anak. Kalsium diperlukan bagi kesehatan tulang dan gigi, yang bisa diperoleh dari produk susu, seperti susu dan keju. Seluruh biji-bijian yang ditemukan dalam roti dan sereal juga merupakan sumber kaya serat yang bermanfaat.

Diet penuh gizi menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan kemungkinan terkena osteoporosis, penyakit jantung, kanker dan gigi berlubang. Anak-anak yang mengkonsumsi terlalu banyak makanan bergizi justru cenderung menderita obesitas. Anak-anak bisa mendapatkan diet seimbang , yaitu dengan jalan mengonsumsi berbagai jenis makanan dari empat kelompok makanan utama di bawah ini:
Roti, sereal lain dan kentang adalah makanan bertepung, yang juga termasuk pasta dan nasi – yang memberikan energi, serat, vitamin dan mineral.
Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang menyediakan serat, vitamin dan mineral dan juga merupakan sumber antioksidan.
Susu dan produk susu adalah makanan yang menyediakan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, protein untuk pertumbuhan, ditambah vitamin dan mineral.
Daging, ikan dan makanan alternatif lain seperti telur dan kacang-kacangan, menyediakan protein, vitamin dan mineral, terutama zat besi. Hal ini juga mengandung serat.

Lihat juga :  Tanda dan Gejala Anak Kecanduan Internet

Baca juga :Khasiat Manfaat: Telur Bagi kesehatan tubuh

Berikut ini adalah beberapa makanan bergizi yang harus bagi anak-anak :

Biji-bijian dan kacang kacangan :

Kacang-kacangan dan biji-bijian terutama mengandung omega 3, yang sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan otak yang sehat dan kecerdasan anak yang optimal. Kacang juga merupakan sumber serat tinggi.

Tahu :

Tahu merupakan sumber protein, vitamin B, kalsium dan zat besi  – yaitu semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak yang tepat dan kesehatan tulang.

Yoghurt:

Yoghurt dikenal sebagai sumber bakteri baik atau yang dikenal dengan probiotik. Hal ini berperan penting untuk menjaga perut anak tetap sehat dan bebas masalah pencernaan atau diare. Bahkan kebanyakan yogurt mengandung kalsium lebih banyak dari secangkir susu. Yoghurt manis boleh digantikan dengan yogurt rendah lemak atau yogurt dengan sesendok madu dan ditaburi dengan buah segar. Yogurt harus menjadi bagian dari makanan harian anak.

Mangga:

Buah tropis ini rasanya manis dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, bermanfaat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan gigi dan gusi anak. Mangga hanya memberikan sekitar 100 kalori.

Susu :

Kita semua tahu bahwa susu merupakan sumber yang kaya akan kalsium. Tak perlu dikatakan lagi, susu menyediakan jumlah kalsium yang sehat dan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D dalam susu juga membantu untuk menyerap kalsium. Susu sapi menyediakan nutrisi lengkap untuk anak-anak karena merupakan susu yang rendah lemak. Kebanyakan anak tidak suka susu biasa, jadi Anda bisa memberikan kepada mereka susu dalam bentuk milk shake coklat, bunga nanas, minuman energi dll.

Salmon:

Ikan berwarna merah muda ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dan penting untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. Selain itu, salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak yang tepat. Ikan jenis ini juga rendah merkuri, jika dibandingkan dengan jenis ikan laut lain. Salmon bisa disajikan kepada anak-anak dalam bentuk burger salmon atau salmon panggang dengan bumbu.

Lihat juga :  Apakah memberikan dot baik untuk Bayi?

Ubi Jalar:

Ubi jalar adalah salah satu sayuran yang paling bergizi dan harganya murah. Hal ini kaya akan betakaroten, yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dan merupakan antioksidan dalam tubuh. Anak – anak sering menyukaii ubi jalar karena rasanya yang manis alami danberwarna cerah. Ubi jalar dapat diolah menjadi makanan yang disukai anak-anak.

Wortel :

Wortel sudah sangat dikenal akan kandungan betakaroten, yaitu merupakan senyawa yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dari efek radikal bebas.

Alpukat:

25 sampai 35% dari kalori anak-anak harus disediakan dari lemak, terutama lemak tak jenuh. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik. Alpukat matang bisa dengan mudah tumbuk dan dicampurkan kedalam jus lemon dan garam untuk meningkatkan kalori. Alpukat harus diberikan kepada anak-anak sejak usia dini, sebagai asupan lemak yang sangat penting terutama pada tahun-tahun awal kehidupan mereka.

Popcorn :

Merupakan sumber biji-bijian yang rendah kalori dan lemak, popcorn dianggap sebagai makanan sehat bagi anak-anak. Karena makanan ini dibuat tanpa minyak, ini bisa sebagai pilihan yang bergizi di antara waktu makan. Hal ini dapat dicampur dengan bahan-bahan lain seperti buah kering atau kacang-kacangan agar menjadi makanan yang bergizi.

Makanan bergizi adalah syarat penting bagi anak-anak agar tumbuh berenergi dan memperoleh nutrisi penting untuk perkembangan tulang dan otot mereka. Makanan rendah nutrisi seperti permen, minuman ringan dan keripik harus sangat dihindari untuk anak-anak. Diet seimbang bisa diberikan kepada anak dengan cara mendorong mereka untuk makan berbagai macam makanan yang menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diet bergizi bisa mengurangi banyak masalah kesehatan dan meningkatkan stamina untuk anak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *