10 Makanan penyebab penyakit yang seolah sehat

Efek samping buruk makanan gorengan bagi kesehatanPada umumnya orang melihat sebuah makanan itu sehat atau tidak, berdasarkan bahan dasar makanan yang digunakan. Memang, beberapa makanan olahan terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan bernutrisi, namun beberapa zat atau bahan tambahan inilah yang bisa menjadi sumber penyakit yang tersembunyi. Jadi mulai sekarang cerdaslah dalam memilih asupan diet yang sehat seluruhnya bagi tubuh Anda, sebab jangan sampai keenakan mengkonsumsi makanan yang seolah sehat, namun sebenarnya justru Anda sedang menimbun penyakit. Tanpa Anda sadari, penyakit-penyakit kronis seperti jantung koroner, ginjal, stroke, diabetes, bahkan kanker, akan mengintai Anda jika rajin mengkonsumsinya.

Advertisement

Berikut 10 makanan yang seolah sehat, namun bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya :

1. Saus Tomat kalengan

Tomat memang buah sayuran yang menyehatkan. Namun Anda perlu tahu mengenai saus tomat, dan saus tomat kalengan. Saus tomat kalengan mengandung sirup jagung fruktosa tinggi. Dan asupan gula yang tinggi secara terus menerus bisa menyebabkan penyakit kronis berbeda seperti diabetes, obesitas, kerusakan gigi, dan masih banyak lagi. Selalu memeriksa tabel makanan Anda, pilihlah yang rendah gula dan sodium. Anda juga bisa membuat saus tomat sendiri dirumah, yang lebih sehat dan rendah gula. Ada banyak resep yang bisa Anda temukan di internet.

2. Energi Bar

Energi bar diiklankan sebagai makanan sehat bagi mereka yang ingin fit dengan sedikit makan. Makanan ini dibuat dengan gula tinggi, bahkan dengan tambahan lemak yang tinggi. Memang benar jika energi bar adalah sumber protein yang tinggi, tetapi tingginya tambahan gula dan lemak membuatnya justru bisa merugikan kesehatan. Jadi hanya dapatkan protein dari sumber yang alami, bukan menggantinya dengan energi bar.

3. Minuman ringan/bersoda

Sekilas minuman ini memang seperti penolong yang baik untuk cepat rehidrasi, akan tetapi minuman bersoda telah terbukti merugikan kesehatan. Rutin mengkonsumsinya akan menyebabkan gangguan kulit dan hormon, tingkat kecemasan yang tinggi, serta peningkatan kadar gula. Setiap kemasan soda bisa mengandung sekitar 10 sendok makan gula. Minuman ringan juga mengandung pewarna makanan sintetis, dan penambahan bahan kimia seperti BVO sebagai pengawet dalam jumlah yang banyak. Jadi ketika Anda merasa haus, dan berkeinginan untuk minum yang bisa memuaskan dahaga Anda, cobalah tambahkan lemon ke dalam air putih, dan Anda akan mendapatkan kepuasan fikiran dan kesehatan. Atau Anda bisa mengambil air kelapa muda, yang bisa mencegah penyakit ginjal

Lihat juga :  Makanan yang Harus Dihindari Setelah Kena Stroke

4. Sereal

Meskipun sereal seringkali diklaim sehat, tetapi apakah Anda pernah melihat tabel nutrisi sereal yang banyak tambahan gula dan lemak?. Dalam kebanyakan kasus sereal yang Anda puji-puji, mungkin lebih banyak gulanya daripada makanan yang bergizi. Sereal biasanya hanya diberikan sedikit, dan dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia supaya kelihatan menyehatkan.

5. Jus buah kalengan

Jus buah memang sehat, jika dibuat dari buah segar dan tanpa tambahan apapun. Jus buah kemasan memang ditambahkan banyak nutrisi yang bisa dilihat dalam tabel informasi gizi pada kemasannya, tetapi jus buah yang diproses ini lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya. Jus buah banyak ditambahkan zat perasa buatan, bahkan hanya sedikit buah aslinya. Jadi apa yang Anda minum tidak lain adalah sejumlah bahan kimia dengan tambahan banyak gula. Sudah bisa dipastikan, hal ini akan menyebabkan Anda obesitas dan gangguan kesehatan yang parah seperti kanker dan penyakit kulit.

6. Daging deli

Daging deli adalah daging olahan, yang biasanya digunakan untuk hamburger, atau makanan instan yang lainnya. Makanan olahan ini berdesak-desakan kandungan senyawa kimia seperti nitrat, natrium, zat aditif, dan bahan pengawet. Jika Anda memerlukan daging merah untuk sandwich Anda, membeli daging deli dengan cara langsung memesan di daerah dekat Anda. Walaupun umur simpannya tidak lama, mungkin mengandung lebih sedikit zat berbahaya.

7. Margarin

Anda mungkin sudah mengetahui dampak buruk dari lemak trans atau minyak jenuh terhidrogenasi. Walaupun itu berasal dari nabati atau tanaman, namun para ahli menyarankan supaya tidak banyak menambahkan bahan makanan seperti margarin. Kenapa? Karena lemak trans meningkatkan risiko kolesterol jahat, stroke dan penyakit jantung. Jadi hindarilah mengoleskan roti atau sandwich anda dengan margarin, tapi minyak zaitun ekstra virgin sebagai penggantinya.

Lihat juga :  Bagaimana Menu dan cara diet Mayo?

8. HotDog

Hotdog merupakan makanan sumber banyak natrium yang tak perlu, racun, dan bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal.

9. Gorengan

Ketela goreng, jagung goreng, kacang goreng, tahu goreng, pisang goreng, memang dibuat dari bahan makanan yang bergizi. Tapi makanan tersebut umumnya dimasak menggunakan minyak goreng dengan panas tinggi. Nah, minyak sayur yang sudah dipanaskan ini berubah menjadi lemak trans, pemicu penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, jantung, stroke, dsb. Baca informasi lengkapnya di artikel : Efek samping buruk makanan gorengan bagi kesehatan

10. Keripik Kentang

Kentang memang makanan yang sangat menyehatkan, karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan karbohidrat yang sehat. Namun para ahli kesehatan memperkirakan bahwa keripik kentang, serta kentang goreng bertanggung jawab terhadap ribuan penyakit kanker setiap tahunnya di Amerika Serikat. Nah, fikirkan untuk kentang rebus yang sangat sehat, daripada memilih kentang goreng.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *