Top 10 Makanan yang menyehatkan Rambut

tips cara perawatan rambut panjangKita mungkin memperlakukan terlalu banyak untuk rambut, mulai dari memangkas, memanaskan, memberikan obat, sampai memberikan pewarna. Yang perlu diingat adalah bahwa rambut kita sebenarnya sangat sensitif, dan merupakan barometer kesehatan terutama pada para wanita. Bahkan sedikit perubahan asupan gizi, bisa berakibat buruk bagi rambut – sebagai contoh, diet ketat, kekurangan protein dan zat besi bisa memperburuk kualitas rambut, bahkan menyumbang untuk masalah kerontokan.

Advertisement

Sementara kekurangan beberapa nutrisi dalam diet merusak rambut, ada beberapa makanan tertentu yang bisa membantu untuk mengkilapkan rambut, menyehatkan, dan mencegah kerontokan. Makanan-makanan seperti ini adalah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B, dan C, protein, asam lemak omega 3, zat besi, dan seng. Selain sambil menikmati makanan-makanan bergizi ini, Anda juga sekaligus mendapatkan rambut yang cantik. Selain itu, Anda mungkin tak akan perlu lagi mendapatkan perawatan rambut yang mahal ke salon.

Baca juga : Manfaat Zat besi Bagi kulit, Rambut dan Kesehatan

Inilah top 10 makanan sehat yang sekaligus bermanfaat bagi kesehatan rambut :

1. Salmon

Salmon kaya mengandung protein dan sangat tinggi asam lemak omega 3.  Nutrisi ini juga dibutuhkan untuk kesehatan rambut, dan kulit kepala, sehingga  banyak ahli kesehatan dan kecantikan merekomendasikanya untuk Kita. Baca juga : Pentingnya asam lemak omega 3 untuk wanita

2. Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan yang ideal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat, terutama karena mengandung asam lemak serta  zinc.(kekurangan zinc dikaitkan dengan kerontokan rambut.). Dengan menambahkan kacang ke dalam diet, maka akan membantu memberikan makanan yang sehat bagi rambut secara keseluruhan. Pecan nut, almond, dan kacang mete juga merupakan pilihan yang baik

Lihat juga :  Top 10 Makanan anti penuaan dini

3. Blueberry

Studi telah menunjukkan bahwa radikal bebas yang berasal dari sinar matahari serta polusi bisa merusak rambut melalui kulit. Tingkatkan asupan antioksidan Anda dengan makan lebih banyak buah. Blueberry khususnya sangat bagus untuk rambut, karena banyak mengandung vitamin C dan antioksidan.

4. Kacang Buncis dan Lentil

Kacang buncis dan lentil mengandung banyak protein, zat besi, zinc, dan biotin, yang semuanya sangat diperlukan untuk kekuatan rambut. Jadi jangan tinggalkan makanan ini jika menginginkan rambut yang kuat dan tak mudah rontok.

5. Tiram

Anda tidak harus mengkonsumsi tiram setiap hari, karena seperti halnya kacang-kacangan, tiram adalah sumber zinc tinggi. Jika kebetulan Anda menyukai tiram, berarti Anda memperoleh keuntungan tambahan bagi rambut Anda.

6. Alpukat

Jika rambut Anda kering, rapuh, makanlah lebih banyak alpukat. Buah ini banyak mengandung asam lemak omega 3, yang bermanfaat melembabkan rambut luar dan dalam. Yang baik adalah makan dipagi hari dengan menggabungkan protein dengan makanan yang sehat, misalnya seperti telur dan alpukat.

Alpukat juga sangat baik digunakan untuk masker rambut. terapkan bubur alpukat di kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, kemudian keramasi menggunakan shampoo seperti biasa. Cara ini akan membuat Rambut Anda halus sepanjang hari.

7. Yogurt

Kalsium juga terdapat dalam folikel rambut, yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Jika Anda membutuhkan lebih banyak kalsium dalam diet Anda, Anda bisa mengambil yogurt favorit Anda. Yogurt bisa digabungkan dengan makanan untuk rambut sehat yang lainnya seperti blueberry dan kacang kenari. Campuran semua dan makan secara bersama-sama untuk hasil yang maksimal. Terkait : Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

Lihat juga :  Cara menghilangkan lingkar hitam dibawah mata secara alami

8. Telur

Telur banyak mengandung protein dan biotin, yang merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan rambut yang seha. Kekurangan biotin dikaitkan dengan kerontokan rambut. Biotin adalah vitamin yang sangat umum dimasukkan kedalam suplemen untuk pertumbuhan rambut. Untuk memperoleh asupan biotin, Anda hanya cukup melakukan diet yang seimbang. Selain telur, kacang-kacangan, ubi jalar, gandum, tomat, dan wortel, merupakan sumber biotin. Terkait : Khasiat Manfaat: Telur Bagi kesehatan tubuh

9. Daging

Rambut adalah terbuat dari protein, dan daging tanpa lemak adalah sumber protein yang baik. Sehingga semakin banyak Anda memakannya, maka rambut Anda akan semakin cepat tumbuh dan kuat. kekurangan zat besi juga bisa berkontribusi terhadap kerontokan rambut dan rambut rapuh. Hati sapi sangat tinggi zat besi, merupakan salah satu makanan terbaik untuk rambut. Jika Anda seorang vegetarian, perbanyak makan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, serta pastikan mendapatkan banyak protein melalui kacang-kacangan dan lentil.

10. Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berwarna hijau tua umumnya banyak mengandung vitamin A dan C. Tubuh menggunakan vitamin-vitamin ini untuk menghasilkan sebum, yaitu minyak yang disekresikan oleh folikel rambut yang berguna untuk menjaga helai rambut terhidrasi secara alami, sehingga menjadi sehat dan berkilau. Brokoli, bayam, dan kangkung, semuanya bisa Anda makan untuk tujuan ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *