Makanan sehat yang harus dihindari jika menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan bisa menjadi sebuah perjuangan yang sulit, karena mengubah gaya hidup dan kebiasaan makan adalah pilihan yang menantang. Makan makanan yang sehat dan melakukan olahraga adalah permulaan yang baik bagi rencana penurunan berat badan, namun itu saja mungkin tidak cukup. Banyak makanan kemasan yang dijual mengandung kalori tersembunyi. Makanan yang dilabel “sehat” atau “rendah lemak” dan “rendah gula” , bahkan faktanya bisa sangat tinggi kalori. Anda mungkin saja mengonsumsi makanan yang tidak sehat pada saat mencoba untuk memilih.

Advertisement

Membaca label nutrisi adalah langkah yang tepat untuk memulai membandingkan kesehatan diantara makanan kemasan. Juga jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan ukuran/porsi yang dibagi dalam tabel gizi. Tetaplah waspada terhadap produk makanan dengan label “rendah lemak”, karena mungkin saja ditambahkan gula untuk menjaga cita rasa. Demikian halnya dengan makanan yang dilabel “rendah gula” , karena sangat mungkin menggunakan gula alternatif sebagai penambah rasa manis –  beberapa produk ini cukup kontroversial.

Makanan yang tidak diolah pun juga bisa menjadi sumber kalori yang tersembunyi. Banyak buah-buahan dan sayuran segar juga mengandung tinggi gula alami. Kacang-kacangan yang tinggi karbohidrat, dan bisa menambahkan kalori dengan cepat.

Berikut daftar 13 makanan sehat yang bisa menjadi tidak tepat jika Anda sedang menurunkan berat badan, hindari atau ganti.

1. Pasta Gandum

Mengganti pasta putih yang normal dengan pasta coklat  adalah langkah yang bagus untuk menuju pola makan yang sehat. Namun sayangnya itu juga bisa menjadi penghambat program menurunkan berat badan Anda. Pasta gandum tinggi karbohidrat, dan akan dicerna menjadi gula di dalam tubuh. Hal ini juga mungkin hanya menambah kalori sebanyak yang terdapat pada merk pasta putih kesukaan Anda. Ganti pasta putih Anda dengan spagheti labu sebagai pilihan yang rendah karbohidrat.

2. Roti putih

Roti putih mungkin kelihatan sehat, tetapi Anda bisa tidak mendapatkan vitamin dan mineral. Hal ini karena biji-bijian sebagai bahannya mungkin diproses secara berlebihan, yang bisa menghilangkan nutrisi dan seratnya. Sebaliknya pilihah roti gandum. Roti jenis ini bisa lebih tinggi serat, lebih mengenyangkan, dan lebih bergizi untuk Anda. Roti gandum juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan, sehingga Anda tidak harus makan roti putih.

3. Menu makan malam yang dibekukan

Makan malam dengan makanan yang dibekukan adalah pilihan yang sangat berbahaya jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan. Makanan-makanan seperti ini mungkin rendah lemak atau gula, akan tetapi sisanya adalah lebih banyak sampah. Beberapa makanan beku kesukaan masyarakat umumnya mengandung lebih dari 1000 kalori per-porsi.

Lihat juga :  Penyebab dan pengobatan keringat berlebih(Hyperhidrosis)

4. Makanan ringan

Paket camilan dengan kadar kalori yang tetap adalah cara yang bagus untuk merasakan kenikmatan dengan cara yang terkendali. Sayangnya, kandungan gizi dari produk-produk seperti ini mengerikan. Ini adalah makanan yang tidak sehat, tapi dibungkus dengan cara yang bisa membuat orang berpikir jika itu adalah baik untuk dimakan secara teratur. Ingat makanan ini tidak boleh dikonsumsi setiap hari.

5. Produk minuman berlabel  “sugar free”

Produk makanan bebas gula mungkin saja lebih rendah kalori, akan tetapi bisa mengandung gula pengganti yang tidak sehat. Beberapa studi telah menemukan bahwa tubuh manusia benar-benar bisa memproses gula pengganti seolah-olah itu gula sebenarnya, dan bisa meningkatkan kadar insulin Anda juga. Ada banyak jenis gula pengganti, dan masing-masing membawa efek samping masing-masing.Lakukan pengamatan, dan ketahui apa yang Anda konsumsi.

6. Granola

Granola adalah topping makanan penutup yang lezat, yogurt, dan sereal. Makanan iini biasanya terbuat dari oatmeal, sehingga Anda mungkin menyangka jika produk ini adalah sehat. Sayangnya makanan ini juga dibuat dengan banyak gula dan mentega. Granola adalah makanan yang sangat tinggi kalori karena bahan tambahannya. Jika Anda menginginkan topping yang renyah untuk yoghurt, sereal bekatul merupakan pilihan yang terbaik, karena mengandung serat tinggi dan yang akan membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

7. Buah Tropis

Buah adalah pilihan yang tepa jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, akan tetapi buahpun bisa mengandung kalori tersembunyi. Buah tropis adalah buah yang umumnya tinggi gula. Mangga dan nanas matang memang lezat, akan tetapi harus dimakan dengan moderasi jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan. Ketika membeli buah, carilah varietas buah yang tinggi mengandung serat larut dan tidak larut. Apel merupakan pilihan buah yang tepat bagi Anda karena  rendah kalori dan kaya serat.

8. Selai kacang

Selai kacang sebenarnya banyak mengandung lemak yang sehat, akan tetapi juga dibalut dengan kalori. Satu sendok makan selai kacang bisa memberikan Anda hampir 200 kalori. Jenis populer umumnya juga telah ditambahkan gula. Carilah produk yang alami, artinya tidak menggunakan gula tambahan dengan memeriksa label pada kemasan. Jenis yang alami mungkin memiliki rasa yang kurang, dan mungkin Anda perlu untuk membiasakan diri, namun nilai gizinya jauh lebih baik daripada selai kacang jenis yang manis.

9. Trail Mix

Trail mix adalah camilan favorit jika Anda sedang outbound atau mendaki gunung, namun mungkin bukan pilihan yang terbaik jika Anda tidak aktif secara fisik. Kacang pada trail mix mengandung tinggi kalor. Banyak produk trail mix juga ditambahkan cokelat dan gula-gula yang tidak sehat.

Lihat juga :  Makan banyak gula dan resiko kematian akibat penyakit jantung

10. Es krim rendah lemak

Es krim rendah lemak mungkin bukan berarti kalorinya lebih rendah. Periksa label nutrisi pada kemasan untuk melihat berapa banyak kalori yang ada dalam satu porsi. Banyak jenis produk es krim rendah lemak termasuk tambahan gula yang banyak, beberapa bahkan ada yang lebih banyak dua kali lipat daripada versi yang mengandung lemak tinggi. Jika Anda menurunkan berat badan dan tidak bisa melupakan es krim, cobalah untuk mencampurnya dengan pisang beku.

11. Salad direstoran

Saat Anda menurunkan berat badan, memesan salad direstoran mungkin kelihatan seperti pilihan yang cerdas. Sebenarnya, Anda mungkin makan lebih banyak kalori dari salad, daripada jika Anda makan burger. Salad dressing dibalut dengan kalori yang tak terduga. Topping salad juga bisa mengandung kalori tersembunyi, umumnya dengan buah kering dan kacang-kacangan. Pilihlah salad dengan saus yang rendah kalori, dan mengerti seperti apa topping yang Anda ikutkan.

12. Protein batangan

Protein bar mungkin terlihat seperti pilihan yang sempurna, pada saat Anda di perjalanan dan tidak cukup waktu untuk beristirahat makan siang. Tidak semua protein batangan dibuat sama, beberapa dibuat tidak sehat seperti halnya permen. Pertama, lihatlah kandungan kalori. Jika itu adalah untuk makanan pengganti, maka 350 kalori atau lebih adalah kisaran yang baik. Namun jika itu adalah snack batangan, carilah yang lebih rendah. Kedua, periksa kadar protein. Makanan pengganti harus menyediakan setidaknya 10 gram protein, dan jika hanya 3 gram, Anda mungkin juga hanya akan makan permen.

13. Produk Jus Sayuran dan buah

Dengan kesibukan yang ketat, Anda mungkin merasa kesulitan untuk mendapatkan 5 porsi lebih buah dan sayuran dalam sehari. Jus sayuran mungkin pilihan yang mudah untuk mengisi kekurangan diet sayur atau buah anda. Beberapa jenis produk bahkan laksana seperti makan jus buah sungguhan. Seperti biasanya, jangan lupa memeriksa label pada kemasan jus. Anda bisa minum seluruh kebutuhan garam Anda dalam sehari hanya dengan minum satu porsi jus. Beberapa Jenis jus buah juga bisa ditambahkan gula untuk menutupi rasa asli dari buah atau sayuran yang sesungguhnya. Carilah jus buah yang100% murni, dan diminum dengan moderasi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *