Makan buah beserta kulitnya baik lho bagi kesehatan

Manfaat kulit jerukBeberapa buah kulitnya memiliki rasa yang netral jika dimakan, seperti buah apel, dan Anggur. Ada juga kulit buah yang terasa pahit  karena mengandung zat tannin yang tinggi, seperti pada buah sawo mentah, jeruk, dan pepaya. Ada juga kulit buah yang mudah dikupas ketika ia sudah matang, seperti buah pisang, dan buah manggis. Ada lagi jenis buah yang lain, kulitnya sulit dikupas namun justru menambah rasa enak, seperti buah jambu biji, sawo matang, dan buah kiwi. Beberapa buah yang masak juga lebih enak dan berdaging pada kulitnya. Sementara itu ada kulit buah yang unik, karena mengandung minyak essensial yang memiliki aroma khas, yaitu buah jeruk dan lemon.

Advertisement

Secara umum, beberapa jenis buah kulitnya harus dibuang saat akan dikonsumsi, walaupun itu sebenarnya aman. Namun beberapa kulit buah justru merupakan bagian buah yang paling bernutrisi, yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa kandungan nutrisi dan senyawa bermanfaat pada kulit beberapa buah :

Mengandung Antioksidan tinggi

Kulit beberapa buah-buahan umum seperti yang kita kenal, yaitu buah apel, anggur, jambu biji, mengandung beberapa senyawa antioksidan kuat antara lain antosianin, tannin, katekin, dll. Kulit buah yang berwarna biru atau ungu, kaya akan anthocyanidin glikosida. Sementara buah yang warna kuning mengandung xanthin, karoten dan lutein. Senyawa penting ini hanya terdapat pada bawah lapisan kulit luar.

Mengandung serat tinggi

Kulit buah juga merupakan sumber serat kasar yang tinggi, atau yang juga dikenal dengan NSP (polisakarida non-soluble), seperti hemi selulosa, pektin, tanin, gum , dll. Senyawa ini bermanfaat meningkatkan pencernaan makanan, serta membantu mencegah sembelit dengan cara mengurangi waktu tinggal makanan diusus.

Lihat juga :  Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Menurunkan kolesterol dan mencegah kanker usus

Serat makanan ini akan mengikat senyawa beracun didalam makanan, dan melindungi paparan terhadap selaput lendir lendir sehingga mengurangi risiko kanker usus. Serat juga bermanfaat mengikat garam empedu (yang dihasilkan dari kolesterol) dan mengeluarkannya dari usus, sehingga akhirnya menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL. Kulit buah juga rendah kalori, gula, dan lemak, serta bebas dari kolesterol, sekaligus membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Baca juga : Apakah kolesterol tinggi dan dampaknya bagi kesehatan?

Mengandung vitamin

Kulit beberapa buah-buahan mengandung sebagian besar jenis mineral dan vitamin, terutama pada kulit buah jambu biji dan jeruk. Kulit jeruk adalah bagian yang menyediakan vitamin C lebih tinggi daripada buahnya. Kulit buah jeruk juga merupakan sumber vitamin A, vitamin B kompleks, mineral seperti kalsium, selenium, mangan, seng , dll. Baca juga : Manfaat makan Kulit Jeruk bagi Kesehatan

Boleh saja mengkonsumsi kulit/bersama kulit untuk beberapa jenis buah-buahan yang diperbolehkan, namun harus berhati hati karena beberapa alasan.

  • Beberapa jenis buah biasanya diberikan insektisida untuk melindunginya dari serangga. Kulit buah adalah pelindung buah, dan sisa insektisida ini akan menempel pada kulit buah. Jadi, pastikan mencuci buah dengan baik sebelum dikoinsumsi bersama kulitnya. Namun lebih disarankan untuk memakan buah beserta kulit dari buah yang dibudidayakan secara organik.
  • Kulit buah juga bisa menjadi tempat bagi beberapa jenis serangga untuk meletakkan telurnya. Jadi terutama buah mentah atau segar wajib dipastikan benar-benar bersih sebelum dikonsumsi.
  • Kulit buah telah dikatakan sangat banyak mengandung serat, jadi pada beberapa orang yang sensitif jika kelebihan memakan kulit buah bisa menyebabkan masalah pencernaan, terutama anak-anak.
Lihat juga :  Manfaat Luarbiasa Dark Chocolate bagi kesehatan

Persiapan dan pemanfaatan :

Disarankan untuk mengkonsumsi kulit dari buah-buahan yang masih segar, produk organik, tanpa goresan, tanpa noda, dan tanpa memar. Cuci buah secara menyeluruh kedalam air untuk membersihkan sisa kotoran. Rendam buah selama setengah jam kedalam air garam, kemudian lanjutkan mencucinya dengan air dingin. Hal ini untuk memastikan telur-telur hewan kecil atau serangga yang berada dipermukaan kulit hilang.

Kulit beberapa buah jeruk bisa dimanfaatkan sebagai manisan. Sementara itu kulit buah lemon maupun jeruk keprok bisa dikeringkan dan disimpan.

Keamanan :

Beberapa kulit buah bisa mengandung senyawa beracun yang dapat menyebabkan perut mulas bahkan beberapa efek samping yang lebih serius, sehingga hanya bisa dikonsumsi daging buahnya saja. Misalnya kulit mangga mentah yang mengandung getah, pada beberapa orang yang sensitif bisa menyebabkan alergi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *