Lebih bagus mana, Gizi telur Bebek atau Telur Ayam?

Berbicara masalah telur, tentu akan menyangkut makanan umum yang lezat dan bergizi. Telur adalah termasuk makanan paling bergizi didunia, juga paling direkomendasikan. Mengenai varietas, ada beberapa jenis telur yang paling banyak dikonsumsi, yaitu telur ayam kampung, telur ayam leghorn, telur puyuh, telur kalkun, dan telur bebek. Masing-masing varietas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi mungkin Anda juga perlu membaca:

Advertisement

Dalam artikel ini Kita akan coba berbagi informasi tentang satu hal tentang telur yang juga banyak menjadi pertanyaan dimasyarakat: Lebih baik mana, telur bebek sama telur ayam?. Sudah pasti ada perbedaan masing-masing, terutama dalam hal jumlah kandungan mikro dan makro nutrisinya.

Mana yang lebih unggul, antara telur bebek dan telur ayam:

Lebih bagus mana, Gizi telur Bebek atau Telur Ayam?Sebenarnya telur bebek jauh lebih unggul daripada telur ayam, dengan rasa yang sama namun lebih kaya akan nutrisi. Hal ini kemungkinan juga dipengaruhi oleh makanan bebek, dimana yang cara pemeliharaannya dengan diangon – tentu masih memperoleh makanan organik dan alami. Berikut perbandingan lengkap antara telur bebek VS. Telur ayam:

  • Telur itik mengandung nutrisi dua kali lebih banyak daripada telur ayam, dan memiliki cangkang lebih tebal sehingga lebih awet masa simpannya.
  • Hanya telur bebek yang baik untuk dibuat telur asin, karena selain cagkangnya lebih kuat, juga lebih besar, lebih kenyal, dan lebih enak hasilnya.
  • Telur itik lebih kaya akan Albumin, sehingga lebih pulen dan kering jika untuk membuat kue.
  • Telur Bebek mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3, yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan kulit.
  • Telur Bebek lebih alkali, yaitu bisa membuat kondisi lebih basa. Ini merupakan manfaat yang besar bagi pasien kanker, karena sel-sel kanker tidak bisa berkembang dalam lingkungan alkali. Telur ayam justru  membuat tubuh lebih banyak asam .
  • Orang yang biasa alergi jika makan telur ayam, maka Telur itik tidak akan menimbulkan reaksi alergi bagi mereka.
  • Bebek biasanya diberi makan dengan jalan diangon dan diberi pejantan, sehingga telurnya lebih organik. Sementara telur ayam peternakan bertelur menggunakan obat (tanpa pembuahan), serta kemungkinan juga mengandung antibiotik dan obat-obatan lain. Jadi jelas, jika telur bebek lebih sehat.
  • Telur bebek memiliki perbandingan nutrisi 6x Vitamin D, Vitamin A 2x , dan 2x kandungan kolesterol daripada telur ayam. Vitamin E dalam telur bebek lebih banyak sekitar 75 % dari pada Vitamin E dalam telur ayam. Kabarnya juga telur itik lebih  tinggi vitamin K2, lebih tinggi kalori dan lemak untuk kuantitas berat yang sama. Kuning telur bebek lebih gelap, ini menunjukkan kepadatan nutrisi yang lebih tinggi.
  • 100 gr telur itik menyediakan sekitar 185 KCal energi, dan telur ayam adala149 KCal energi. Jadi jika Anda makan telur bebek, maka akan mendapat keuntungan selisih energi 34KCal.
  • Kedua jenis telur ini memiliki kandungan karbohidrat yang sama, namun kadar protein sedikit lebih tinggi telur itik dibandingkan dengan telur ayam. Dalam hal kandungan mineral keduanya sama yaitu selenium, mangan, seng, tembaga, kalium, natrium, fosfor, kalsium dan zat besi, hanya saja kadarnya lebih tinggi sedikit untuk  telur bebek.
  • Kedua jenis telur ini juga mengandung Vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin A, namun lebih banyak untuk telur bebek .
  • 100 gm telur bebek mengandung sekitar 3,68 gram lemak jenuh, jauh lebih banyak dari telur ayam yang hanya 3,1 gr dalam telur ayam. Sementara itu kandungan lemak tak jenuh tunggal(lemak baik) telur bebek sekitar 50 % lebih banyak dari telur ayam.
  • Profil kandungan asam amino sama untuk kedua telur, akan tetapi telur bebek masih lebih banyak. Asam amino adalah termasuk  treonin, isoleusin, trytophan, leusin, metionin, lisin, sistin, tirosin, fenilalanin, valin, serin, glisin, prolin, asam aspartat, histidin, alanin, dan arginin.
  • Rasa dan tekstur dari kedua telur ini berbeda, dan menurut banyak orang lebih enak untuk telur itik.
Lihat juga :  Makanan yang bermanfaat mendetoksifikasi hati (Liver)

Sekilas kata tentang telur dan kolesterol

Nilai minus telur bebek adalah akan kandungan kolesterolnya yang 2 kali lipat lebih tinggi. Itulah sebabnya, khusus orang dengan riwayat penyakit jantung harus berhati hati mengkonsumsi telur bebek. Orang yang sehat harus membatasinya, atau cukup hanya 1 butir saja sehari. Hal ini mungkin bisa berbeda dari orang ke orang, karena kebutuhan energi dan kalori bisa ditentukan oleh aktifitas setiap individu. Kolesterol dalam telur bebek bisa menjadi sangat dibutuhkan lebih banyak oleh atletik atau pekerja yang banyak mengandalkan fisik. Sementara itu bagi orang yang tak pernah bergerak, atau dengan masalah kegemukan atau diabetmungkin perlu untuk membatasi kalori yang tinggi dari telur bebek.
Perlu diketahui bahwa kolesterol dalam telur bebek bukanlah kolesterol jahat (LDL), akan tetapi lemak tak jenuh tunggal yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, kolesterol buruk yang tertinggi ada pada lemak trans(contohnya nya minyak dalam makanan yang digoreng), dan ini yang wajib diwaspadai oleh siapa saja.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *