Khasiat Teh Ginseng bagi Kesehatan

khasiat manfaat ginsengGinseng merupakan tanaman yang berkhasiat obat yang dulu pernah sangat mahal harganya, yaitu setara dengan sutra dan bahkan di atas harga emas. Bahkan saat ini ginseng masih sangat populer, dan sudah banyak tersedia sebagai obat dalam berbagai bentuk. Bentuk yang populer adalah teh ginseng, yang diyakini banyak mengandung khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan.
Ginseng diyakini berasal di pegunungan Manchuria di China, dan telah dimanfaatkan selama 5000 tahun hingga kini. Orang China kuno menyebut ginseng sebagai “Ren Shen” , atau dalam artian akar manusia. Hal ini mengacu kepada bentuk akar ginseng yang mirip dengan bentuk tubuh manusia akar. Orang Cina berangapan bahwa ginseng adalah tanaman yang luarbiasa, dan dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

Advertisement

Anda bisa membuat teh herbal dari akar tanaman ginseng yang dikatakan memiliki banyak khasiat menyembuhkan dan menciptakan energi. Akar ginseng bisa digunakan sebagai teh dalam bentuk segar maupun kering. Saat ini, teh ginseng adalah minuman herbal yang populer di seluruh dunia yang diyakini bersifat meremajakan kulit .

Khasiat manfaat teh Ginseng bagi kesehatan

Meskipun para pelaku pengobatan alternatif mengklaim bahwa ginseng bisa menyembuhkan banyak penyakit, namun hingga saat ini masih belum ada bukti substansial tentang efektivitas ramuan ini. Meski demikian, banyak orang percaya dengan teh ginseng, dan mengkonsumsinya secara teratur. Sesuai dengan kandungan senyawanya, ada banyak khasiat ginseng bagi kesehatan berikut ini :

  • Ginseng bisa membantu tubuh untuk merangsang produksi protein antibodi, yang membantu untuk menongobati influenza.
  • Bisa membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes .
    Akar ginseng mengandung ginsenosides, yaitu suatu senyawa yang merangsang pelepasan hormon ACTH untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.
  • Ginseng diyakini bisa meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan suasana hati (mood) secara keseluruhan.
  • mengonsumsi rutin teh herbal ini bisa membantu mengatasi kelelahan dan kekurangan energi.
  • Ginseng berpotensi meningkatkan energi pada pasien kanker .
    Teh Ginseng diyakini bisa menekan nafsu makan secara alami. Dengan edmikian bisa membantu menurunkan atau mengelola berat badan.
  • Mengkonsumsi rutin teh herbal ini bermanfaat bagi pencernaan, serta mengurangi stres dan kecemasan.
  • Juga diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, dan sebagai afrodisiak.
  • Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa ginseng merah bisa membantu para pria yang menderita ED. Namun, penelitian lebih lanjut dan uji klinis masih diperlukan.
  • Manfaat teh ginseng lainnya adalah bisa meringankan rasa ketidaknyamanan yang berhubungan dengan menstruasi.
  • Minum teh ginseng rutin diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL .
Lihat juga :  Manfaat Terapi Pijat Untuk Pasien Diabetes

Jenis-jenis Ginseng

Ada dua jenis utama ginseng, yaitu ginseng Asia (Panax ginseng) yang ditemukan di China, Jepang, dan Korea, serta ginseng Amerika (Panax quinquefolius), yang tumbuh terutama di Wisconsin, Minnesota, Georgia, Oklahoma, British Columbia, dan Ontario. Ada jenis ketiga, yang disebut dengan ginseng merah atau ginseng Korea, yang kurang lebih sama dengan ginseng Asia lainnya. Ada jenis lain yang disebut dengan ginseng Siberia, yang sebenarnya bukan merupakan ginseng, tetapi tanaman lain dengan nama latin Eleutherococcus senticosus, yang memiliki khasiat yang mirip. Tanaman ini  mengandung senyawa kimia yang disebut dengan eleutherosides, bukan ginsenosides yang terdapat dalam ginseng umumnya.

Anda bisa membeli akar ginseng utuh atau sudah dalam bentuk bubuk. Anda juga bisa mendapatkan bentuk yang sudah dirajang dan dikeringkan, bahkan teh ginseng berbentuk kantong teh. Kadang-kadang daun tanaman ginseng juga digunakan, namun dianggap tidak memiliki khasiat sekuat akar. Ginseng yang dibudidayakan tersedia di toko dalam bentuk Ginseng merah dan putih. Kesamaannya adalah kedua jenis olahan tersebut berasal dari tanaman ginseng yang sudah berumur sekitar 6 tahun sebelum dipanen. Perbedaannya terletak pada bagaimana cara pemrosesannya. Untuk membuat ginseng putih, akar dikupas dan dijemur dibawah terik matahari hingga kering dan menghasilkan warna putih kekuningan. Untuk membuat ginseng merah, akar ginseng dikupas yang terlebih dahulu dikukus dan dikeringkan. Warna coklat kemerahan ini disebabkan karena proses pengukusan.

Efek Samping

Karena masih belum ada dukungan ilmiah yang kuat, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengkonsumsinya. Ramuan ginseng juga dikatakan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dengan takaran yang sudah ditentukan. Dan efek samping bisa saja terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan. Kemungkinan ginseng bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, obat pengencer darah, diuretik, dan obat-obatan untuk menjaga tekanan darah dan kadar gula darah. Jamu herbal ini harus digunakan di bawah pengawasan oleh seorang praktisi herbal profesional. Wanita hamil dan menyusui, atau yang mengalami masalah endometriosis dan fibroid pada rahim juga tidak boleh mengkonsumsi teh ginseng .

Lihat juga :  Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Teh ginseng menghasilkan perasaan tenang dan santai, dan asupan rutin bisa membantu mengatasi gangguan tidur. Namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena akan menghasilkan efek samping negatif bagi kesehatan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *