Khasiat dan manfaat Sarang burung Walet bagi Kesehatan

khasiat sarang burung waletSudah sejak berabad-abad lalu sarang burung walet di China dianggap sebagai makanan yang lezat dan banyak memiliki khasiat bagi kesehatan, terutama untuk mencegah penuaan, mengobati berbagai penyakit, dan sebagai afrodisiak/pendongkrak gairah. Menurut konsep makanan China, hal ini disebut sebagai “Ying” atau makanan dingin. Dan konon juga ceritanya, sup sarang burung walet pada awalnya adalah hidangan dikalangan keluarga dinasti, sehingga merupakan makanan yang sangat istimewa dan harganya sangat mahal.

Advertisement

Sarang burung walet dibuat dari air liur burung walet itu sendiri, dan pada alam liar biasanya dibuat di suatu tempat yang lembab dan gelap seperti goa-goa di tebing-tebing yang sulit dijangkau manusia. Karena demikian, harga sarang burung yang diyakini berkhasiat tinggi ini dijual dengan harga yang sangat tinggi. Namun karena sekarang sudah banyak dikembangkan, harga sarang burung walet kini sudah turun jauh, berkisar antara 2 juta – 5 juta rupiah perkilogram tergantung kualitas. Untuk jenis sarang burung walet merah harganya masih sangat mahal sekitar, yaitu sekitar 100 jutaan rupiah pada tahun 2010, hal ini karena lebih langka dan lebih tinggi kualitasnya.

Berikut khasiat dan manfaat sarang burung walet untuk menjaga kesehatan dan pengobatan

Kandungan nutrisi

Sarang burung yang terbuat dari bahan organik dari air liur walet ini sebagian besar terdiri dari protein larut dalam air, dimana merupakan jenis yang mudah diserap oleh tubuh manusia. Total kadar protein sekitar 65%, sementara sisanya adalah air 10%, lemak  23,3%), dan karbohidrat 0,8%. Hal ini juga mengandung mineral, dan yang terbanyak adalah kalsium dan zat besi. Total kandungan asam amino dalam sarang burung walet adalah sekitar 6 persen, yang terdiri dari amida, humin, arginin, sistin, histidin, dan lisin. Kemungkinan asam amino ini berasal dari kandungan makanan tertentu yang dimakan oleh burung walet.

Lihat juga :  10 Khasiat dan Manfaat Daun Mangga untuk Pengobatan

Kesehatan reproduksi

Secara tradisional, salah satu manfaat sarang burung walet yang paling diakui adalah menyehatkan sistem reproduksi. Dan ternyata, klaim ini juga dikonfirmasi oleh hasil penelitian dari uji laboratorium yang dirilis Chinese University of Hong Kong tahun 2003. Manfaat ini disebabkan karena sarang burung walet mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang yang sehat untuk sistem reproduksi yang optimal. Pengujian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mendukung atau membantah hasil studi ini.

Berkhasiat untuk pengobatan

Secara tradisional, sarang burung walet diyakini memiliki khasiat untuk memperkuat paru-paru, serta telah digunakan untuk menyembuhkan dan memperkuat ketahanan tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan darah rendah, suhu tubuh tinggi, dan penyakit lainnya. Mengkonsumsi sarang burung juga dianjurkan untuk membantu pengobatan untuk penyakit degeneratif seperti kanker, juga untuk memulihkan kesehatan setelah sakit atau pasca operasi. Penelitian terbaru yang dilakukan di HongKong menyarankan bahwa sarang walet mungkin berguna dalam pengobatan AIDS. Hal ini juga telah diklaim bahwa sarang burung walet mengandung unsur-unsur yang bisa merangsang pertumbuhan sel, yang terutama bermanfaat bagi orang tua yang baru saja pulih dari penyakit.

Khasiat Bagi wanita

Sarang burung walet terutama banyak dicari oleh para wanita, karena terdapat unsur yang bisa membuat kulit menjadi halus dan berseri-seri. Juga disebutkan bahwa bagi wanita yang sedang hamil, bahwa  mengkonsumsi sarang burung akan membuat bayi yang dilahirkan nanti memiliki halus dan mulus.

Mempercepat regenerasi sel

China sudah mengkonsumsi sarang burung selama ratusan tahun, dan sebagian besar orang disana percaya bahwa sarang burung walet terdiri dari beberapa protein dan mineral yang bisa membantu regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh, meremajakan kulit,  dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga telah menemukan bahwa sarang burung walet mengandung faktor pertumbuhan epidermal, sehingga para ahli pengobatan di China sering meresepkan sarang burung kepada orang yang mengalami masalah keterlambatan pertumbuhan tanpa sebab yang jelas.

Lihat juga :  Top 10 Makanan yang dapat menyehatkan kulit

Meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah laboratorium independen juga telah menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandung glikoprotein yang larut dalam air,  yang mempromosikan pembelahan sel yang terdapat dalam sistem kekebalan tubuh. Temuan ini mendukung terhadap kepercayaan yang meyakini bahwa sarang walet bisa mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh. Tidak hanya itu, sarang burung juga memperkuat kerja fungsi tubuh dan memberikan ketahanan terhadap penyakit.

Secara tradisional, sarang walet ini dikatakan paling efektif terutama untuk anak-anak dan orang tua yang suka sakit-sakitan, namun studi Chinese University di HongKong menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat yang mungkin bermanfaat untuk segala usia. Selain berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh, beberapa hasil temuan juga menunjukkan manfaat positif sarang walet bagi metabolisme tubuh.

—————–

Karena khasiat dan manfaat sarang burung walet bagi kesehatan dipercaya sangat tinggi, maka hal ini membuatnya menjadi sebuah lambang kemewahan dan menjadi langka, yang secara otomatis menjadikan sarang burung walet sebagai komoditas yang mahal. Para konsumen sup sarang burung walet juga banyak yang menyatakan keberhasilan mereka dalam hal penyembuhan penyakit, terutama yang berkaitan dengan sistem pernapasan seperti batuk, asma, atau infeksi tenggorokan – yang membuat permintaan pasarnya semakin tinggi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *