Khasiat Manfaat Okra untuk Kesehatan dan Pengobatan Diabetes

Manfaat okra untuk kesehatanOkra akhir-akhir ini semakin populer dan semakin mudah didapatkan di Indonesia. Hal ini banyak dijual di supermarket hingga pasar tradisional, merupakan bahan sayuran yang semakin banyak digemari. Jika Anda adalah salah satu dari orang yang suka membeli Okra, maka Anda tidaklah salah karena buah dari tanaman ini sangatlah bergizi tinggi. Okra sangat tinggi akan kandungan serat pangan, yang sudah lama diakui sebagai zat yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan.

Advertisement

Menurut Wikipedia Indonesia, Okra juga dikenal sebagai bendi dan dalam bahasa inggris juga disebut Ladys Finger dan Gombu. Tanaman ini  awalnya masuk dalam genus Hibiscus, namun saat ini berganti masuk kedalam genus Abelmoschus. Okra banyak ditemukan di daerah beriklim tropis.  Berukuran sebesar cabai hijau yang besar, namun memiliki keliling yang berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong maka dipenampangnya akan terlihat biji-biji kecil yang melingkar. Dan apabila okra direbus atau dimasak maka akan mengeluarkan lendir dari dalamnya. Memiliki rasa yang renyah dengan tektur mirip terung, okra biasa diolah sebagai sayur, campuran salad atau tumis

Selain makanan tinggi serat pangan, Okra juga tinggi akan kandungan beberapa vitamin dan mineral penting terutama Beberapa Vitamin B Kompleks(termasuk niasin, folat, thiamin, piridoksin, asam pantotenat, riboflavin), vitamin C, kalium, dan mineral termasuk mangan, zat besi, magnesium, selenium, fosfor, cooper, dan zinc).

Bahkan, okra juga diakui para ahli kesehatan akan khasiatnya yang bisa membantu pengobatan diabetes, detoksifikasi liver,  mengatasi stres, menurunkan asam lambung, mengatasi sembelit, mengendalikan berat badan, mengatasi rasa lemah letih lesu, dsb.

Khasiat okra untuk pengobatan diabetes

Berikut berbagai manfaat Okra bagi Kesehatan dan Khasiatnya untuk pengobatan Diabetes

Sumber Antioksidan yang Baik

Makanan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mencegah kanker, penyakit jantung,  penuaan dini, dan berbagai kondisi kesehatan lain. Okra banyak mengandung zat antioksidan seperti quercetin, katekin, epikatekin, dan procianidin.

Menyehatkan pencernaan

Okra berserat tinggi, merupakan zat yang banyak disarankan oleh ahli kesehatan agar diasup sebagai diet seimbang yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat penting untuk membantu proses pencernaan dengan cara melancarkan proses buang air besar yang tepat.

Mencegah dan mengendalikan gula darah pada diabetes

Memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membantu dalam pencegahan penyakit diabetes. Meningkatkan asupan serat pangan telah menunjukkan meningkatkan kontrol glikemik yang lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa mencegah diabetes.

Dalam hal pengobatan diabetes, penelitian yang dilakukan masih tahap awal, namun biji okra di Turki sudah dipakai dan terbukti menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Makanan yang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sangat dianjurkan bagi penderita diabetes, karena membantu menurunkan kolesterol. Dalam hal ini Okra adalah makanan yang tinggi antioksidan dan serat. Menurut para ahli di American Health Association, penderita diabetes lebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang  tidak sehat. JIka kadar kolesterol tinggi yang berkombinasi dengan diabetes, maka hasilnya kedepan bagi kesehatan tidak akan baik. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa diet Anda memiliki kadar kolesterol yang sehat.

Mengatasi rasa kelelahan

Jika Anda adalah seorang pekerja keras, maka kemungkinan sudah akrab dengan rasa lelah akibat kesibukan yang padat setiap hari. Untuk meningkatkan percepatan pemulihan dari kelelahan, maka Anda bisa makan Okra.

Mencegah cacat lahir untuk bayi Anda

Folat termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks yang banyak terdapat dalam okra,  bermanfaat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Jadi, okra baik bagi wanita selama masa prakonsepsi atau kehamilan.

Mengendalikan Asma

Asma adalah penyakit alergi pada pernafasan menahun,  juga bisa diobati dengan memasukkan okra kedalam makanan Anda. Orang terdiagnosa  asma sangat disarankan untuk mengkonsumsi okra.

Mencegah Sembelit

Hal ini berkaitan dengan kandungan serat tinggi pada okra, yang membantu penyerapan air yang tepat dalam usus sehingga kotoran lebih lembek dan mudah dikeluarkan sehingga mencegah sembelit.

Mencegah Kanker Usus Besar

Banyak ahli mengatakan bahwa semua penyakit dimulai dari usus besar. Dengan menambahkan okra sebagai bagian dari dieta Anda maka akan mencegah kanker usus besar dan sebagian besar penyakit terkait lainnya .

Mencegah kegemukan

Sering makan Okra baik dalam bentuk mentah ataupun dimasak, Anda akan terhindar dari masalah kelebihan berat badan. Namun tentu saja perlu dibarengi dengan olahraga cukup dan konsumsi makanan dengan diet  seimbang.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Kandungan serat yang tinggi dari sayuran ini akan membantu menghambat penyerapan kolesterol diusus, sehingga pada akhirnya akan mencegah penyakit jantung dan penyakit yang terkait kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan faktor yang paling dominan memicu obesitas dan penyakit jantung.

Okra rendah glikemiks

Jika Anda memiliki diabetes, maka dokter akan menyarankan kepada Anda untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Okra adalah salah satu makanan yang mengandung indeks GI 20 dan sesuai dengan standar medis, indeks glikemik okra dianggap sangat rendah.

Bermanfaat bagi Kecantikan

Serat tinggi dalam okra berkontribusi bagi pencernaan yang sehat. Kondisi pencernaan yang sehat akan tercermin pada kulit yang sehat dan berseri. Vitamin C sudah terkenal ampuh dalam membantu menjaga kulit  yang selalu tampak awet muda. Vitamin C membantu memperbaiki jaringan tubuh sehingga akhirnya akan membuat  kulit Anda lebih muda dan juga membuatnya terlihat lebih sehat.
Berbagai nutrisi yang ditemukan alam okra juga membantu mencegah pigmentasi kulit, yang berguna untuk meremajakan dan memperbaiki kerusakan kulit.

Penggunaan Okra untuk pengobatan khususnya Diabetes :

Cara yang baik dan mudah untuk memanfaatkan okra untuk mengendalikan diabetes adalah dengan menggnakan air dan okra. Cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Ambil dua buah okra dan potong ujungnya. Setelah itu akan keluar lendir okra yang lengket, namun jangan mencucinya.
  2. Ambil segelas air putih penuh dan masukkan okra  ke dalamnya dan tutup. Lakukan ini pada saat malam hari.
  3. Pada pagi harinya minum air rendaman okra tersebut.
  4. Anda perlu minum air okra setiap hari di pagi hari untuk mencegah kenakan kadar gula darah Anda.

Air rendaman okra ini lebih baik daripada jika dimasak untuk membantu penyembuhan diabetes. Namun tidak masalah juga memasak okra sebagai sayuran atau tumis, namun okra mentah yang direndam dengan air lebih cepat menurunkan kenaikan kadar gula darah.

Kenapa cara ini bisa membantu menurunkan gula darah?

Serat larut yang terdapat  dalam okra membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Hal ini mengurangi beban glikemik glukosa dalam darah, yang jika tidak diturunkan akan mengganggu fungsi tubuh dalam memproses gula dengan benar yang menyebabkan diabetes.

Serat larut ini juga membantu menurunkan kolesterol dengan jalan menarik asam empedu yang berperan meningkatkan  kadar kolesterol. Hal ini akan memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan asam  dan mencegah penyerapan kembali.

Cara lain untuk menggunakan okra untuk pengobatan dalah dengan jalan memarut kulit okra kemudian menelannya. Mengenai berapa banyak, sesendok okra parut sudah cukup; namun harus dimakan pada saat itu juga setelah selesai memarutnya.

Penggunaan bubuk biji okra juga sudah banyak digunakan untuk penyembuhan tradisional dan terlihat manfaatnya. Namun dalam membuatnya mungkin sedikit repot sehingga membeli obat herbal bubuk biji okra adalah cara yang mudah.

Baca juga : Bolehkah penderita diabetes makan Buah Semangka?

Keamanan

Jika Anda sudah menggunakan obat dalam mengendalikan gula darah karena diabetes, mungkin penggunaan okra secara bersamaan dengan obat diabetes tertentu  tidak dianjurkan. Dengan demikian sebaiknya di konsultasikan dengan Dokter Anda jika Anda berencana untuk menggunakan okra selain pengobatan medis.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *