Khasiat Manfaat Kunyit

manfaat kunyitKunyit adalah tanaman rempah terkenal yang satu keluarga dengan jahe, dan juga telah banyak dikenal akan khasiat pengobatannya terhadap beragam penyakit. Sebagai rempah, kunyit pada umumnya juga dimanfaatkan untuk keperluan kuliner, hingga bahan pembuat warna kuning alami pada makanan.

Advertisement

Kunyit mengandung banyak sekali senyawa dan nutrisi yang berkhasiat menyehatkan badan. Yang paling menjadi perhatian khusus adalah senyawa kurkumin, yang membuat warna kuning pada rimpang kunyit. Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan antiiflamasi kuat yang ditemukan dalam kunyit. Menurut hasil pengamatan seorang peneliti kunyit, kurkumin ini juga efektif sebagai zat antikanker.

Khasiat Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan herbal murah yang terkenal mengandung nutrisi nabati. Serta kekuatan antioksidan-nya yang merupakan salah satu yang paling tinggi dari rempah herbal lainnya. Berikut beberapa kandungan nutrisi dan khasiat kunyit bagi kesehatan:

Anti inflamasi kuat

Dari sekian banyak rempah, yang membedakan dari kunyit adalah sifat anti radangnya yang kuat. Oleh karena itu, kunyit sangat efektif untuk mengobati penyakit akibat peradangan , seperti: arthritis, infeksi, alergi, asma, eksim, psoriasis,  radang gusi, kolitis ulserativ, dan multiple sclerosis. Selain itu kunyit juga dinyatakan baik untuk mencegah demensia alzhaimer, kanker, menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes .

Kunyit juga  mengandung minyak esensial berkhasiat seperti termeron , curlone, curcumene, cineol , dan p – cymene .

Sifat Antioksidan

Curcumin , adalah senyawa poli – fenolik , yang merupakan pigmen pembentuk warna kuning pada kunyit . Studiyang dilakukan pada hewan menunjukkan curcumin mungkin memiliki sifat anti – tumor, antioksidan , antirematik, antiamiloid, antiiskemik, dan sifat anti – inflamasi .

Ramuan kunyit tidak mengandung kolesterol, namun kaya akan zat antioksidan dan serat, yang akan membantu untuk mengendalikan LDL(bad colesterol) dalam darah.

Lihat juga :  Khasiat Bawang putih

Mengandung vitamin B kompleks

Kunyit adalah sumber yang sangat banyak vitamin penting dari B kompleks, seperti piridoksin ( vitamin B6 ) , kolin, niasin, riboflavin, piridoksin, dll .100 g kunyit menyediakan 1,80 mg,  atau 138 % dari tingkat kebutuhan tubuh harian yang disarankan. Pyridoxine bermanfaat untujk pengobatan homcystinuria, dan anemia sideroblastic. Sementara Niasin akan membantu mencegah dermatitis.

Mengandung vitamin C

Kunyit segar mengandung vitamin C yang cukup baik, yaitu 100 akar mengandung sekitar 23,9 mg vitamin C .Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan juga merupakan  anti-oksidan alami kuat , yang membantu tubuh meningkatkan kekebalan terhadap agen penyebab infeksi, dan  menangkal efek radikal bebas.

Mengandung mineral tinggi

Kunyit juga mengandung mineral yang cukup tinggi, seperti kalsium, zat besi, kalium, mangan, tembaga, seng , dan magnesium. Kalium adalah salah satu komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah . Mangan digunakan oleh tubuh sebagai cofaktor enzim antioksidan, superoksida dismutase. Sementara Zat Besi adalah kofaktor penting untuk enzim sitokrom oksidase pada metabolisme tingkat sel, dan diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

Cara memperoleh khasiat kunyit

Untuk mendapatkan khasiat manfaat dari kunyit, seseorang tak cukup hanya menggunakannya sebagai bumbu masak sehari-hari. Untuk mengobati peradangan, disarankan menggunakan suplemen khusus kunyit. Atau bisa mengekstrak secara langsung kunyit segar (bisa diblender dengan air matang, lalu diperas airnya), sekitar 300 gr yang diminum dalam 3 kali sehari. Agar ramuan kunyit terasa lebih nikmat dan tambah berkhasiat, boleh ditambahkan dengan madu alam asli dan murni.

Rutin mengkonsumsi ramuan kunyit, juga akan menjauhkan tubuh kita diri dari anemia, neuritis, gangguan memori dan menawarkan perlindungan terhadap kanker, penyakit menular, tekanan darah tinggi dan stroke.

Lihat juga :  Cara memanfaatkan Kunyit untuk menyembuhkan diabetes

Keamanan

Kunyit bisa bebas dimasukkan kedalam diet sehari-hari kita, karena belum diketahui tentang adanya senyawa racun atau alergen walau dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *