Khasiat Manfaat Daun Sirsak

Khasiat manfaat daun sirsakSirsak adalah buah tropis yang asalnya dikatakan dari hutan didaerah Amerika Selatan, Afrika hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Setiap bagian dari pohon sirsak(terutama pada bagian daunnya), diyakini memiliki khasiat obat. Buah sirsak sendiri memiliki rasa yang cukup lezat, dengan kombinasi rasa asam dan manis. Buah sirsak yang mudah tumbuh dan berbuah ini pada awalnya kurang begitu mendapat perhatian, dan umumnya dibiarkan tumbuh dan berbuah begitu saja. Namun baru-baru ini sirsak telah banyak mendapatkan perhatian dan terkenal, karena temuan akan kandungan zat bersifat anti sel kanker alami.

Advertisement

Terlepas dari sifat anti-kankernya, buah sirsak juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Daun Sirsak adalah bagian yang paling berkhasiat dari pohon ini, karena mengandung senyawa Acetoginin yaitu bulatacin, asimisin dan squamosin. Acetoginin bertindak sebagai anti – hama, dengan demikian juga sering digunakan untuk membasmi serangga . Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute telah membuktikan bahwa daun sirsak efektif dapat menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, juga dapat digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit lain .

Khasiat daun sirsak

Daun sirsak juga kaya akan beberapa senyawa nutrisi, termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan B dan lainnya. Daun sirsak juga memiliki sifat obat yang sangat baik , sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk beberapa produk herbal. Berikut khasiat Manfaat  daun sirsak :

Pengobatan Kanker :

Daun sirsak diyakini dapat menghambat perkembangan sel kanker, dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi. Selain mahal, kemoterapi biasanya juga mengakibatkan beberapa efek samping . Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif yang 10000 kali lebih kuat dari kemoterapi untuk melawan sel-sel kanker. Berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker p*yud*ra dapat diobati dengan daun sirsak. Untuk digunakan dalam pengobatan, 10 lembar daun sirsak dapat dididihkan dengan 3 gelas air, hingga tersisa hanya satu cangkir air. Kemudian saring dan dinginkan, lalu minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk menentukan perbaikan kondisi.

Lihat juga :  Khasiat manfaat Buah Delima

Pengobatan Asam Urat :

Mengkonsumsi daun sirsak juga dapat membantu untuk mengobati asam urat. Bahkan, banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat. Ambil 6 sampai 10 lembar daun sirsak yang tua, namun masih berwarna hijau dan cuci bersih. Rebus daun sirsak dengan 2 gelas air hingga air rebusannya tersisa satu cangkir . Ramuan ini harus diminum sebanyak dua kali sehari,  yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat maksimal.

Pengobatan sakit punggung :

Nyeri punggung seringkali terjadi terutama saat berolahraga atau beraktifitas fisik berat lainnya. Menggunakan obat-obatan kimia untuk mengobatai sakit punggung dapat menyebabkan efek samping . Daun Sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit punggung tanpa efek samping negatif.Rebus 20 lembar daun sirsak kedalam 5 gelas air sampai hanyatersisa 3 gelas . Minum ¾ cangkir ramuan ini hanya sekali dalam sehari.

Pengobatan Eksim dan Rematik :

Penyakit rematik dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun Sirsak adalah salah satu pengobatan alami untuk nyeri akibat artritis. Untuk keperluan ini, daun sirsak bisa digiling sampai menjadi halus, lalu dibalurkan  pada area tubuh yang nyeri akibat arthritis atau ecok dua kali sehari secara teratur.

Pengobatan Diabetes :

Batas kadar gula darah yang normal berkisar antara 70 mg sampai 120 mg . Nutrisi dalam daun sirsak juga diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Dengan demikian, ekstrak daun sirsak juga dapat digunakan sebagai salah satu solusi alami untuk diabetes .

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi :

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh . Rebus 4/5 daun sirsak dengan 4 gelas air sampai satu cangkir air tetap dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat .

Lihat juga :  Khasiat Manfaat rutin minum teh Hijau setiap hari

Pengobatan Bisul :

Bisul bisa terjadi pada semua bagian tubuh , dan jika terjadi di kulit wajah tentu dapat mengganggu kesehatan kulit dan penampilan. Daun sirsak adalah salah satu solusi obat alami untuk menyembuhkan bisul. Anda bisa mengambil beberapa daun sirsak yang masih muda, lembutkan dan tempatkannya pada bagian tubuh yang terkena bisul.

 Mengusir Kutu rambut:

Daun sirsak juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit. Jadi, menerapkan air rebusan daun sirsak pada rambut Anda dapat membantu untuk menyingkirkan kutu.

Manfaat lain:

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, daun sirsak juga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat obatnya Juga bisa dimanfaatkan sebagai obat anti – kejang, mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Penyakit karena peradangan dan kaki bengkak juga dapat diobati dengan daun sirsak. Tak hanya itu, daun sirsak juga dapat membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi daun sirsak secara teratur dapat membantu untuk meningkatkan stamina, dan membantu pemulihan dari sakit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *