Khasiat Manfaat daun pepaya

hasiat manfaat daun pepayaMenurut wikipedia, pepaya (papaya Carica L.) awalnya berasal dari meksiko bagian selatan dan utara Amerika Serikat, dan kini tumbuh menyebar diwilayah tropis untuk diambil buahnya. Papaya adalah buah yang segar dan manis, ketika ia sudah matang. Namun  buah pepaya mentah juga biasa dimasak untuk sayur, sementara daun pepaya muda juga banyak dimakan sebagai sayur. Tak hanya itu, bagian akar, pepaya muda, kulit pepaya, daun pepaya juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit. Ada banyak jenis kultivar pepaya, dan masing masing dapat memiliki tekstur, aroma, ukuran, rasa, bahkan daun yang berbeda. Beberapa jenis kultivar pepaya yang ada misalnya, pepaya bangkok, pepaya thailand, pepaya meksiko dll. Dan umumnya perbedaan ini berdasarkan darimana ia berasal/dibudidayakan.

Advertisement

Pepaya adalah salah satu buah yang bergizi tinggi, dan paling banyak pepaya mengandung vitamin A. Sementara itu juga buah pepaya juga mengandung senyawa papain dan betakaroten. Seperti apa kandungan gizi serta khasiat manfaat buah pepaya bagi kesehatan?, baca artikelnya disini.

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa daun pepaya bisa digunakan dalam hal pengobatan alami tradisional. Bagaimana caranya, dan untuk pengobatan penyakit apa saja daun pepaya?, berikut marilah kita bahas.

Cara mendapatkan manfaat pengobatan daun pepaya

Cara untuk mengolah daun pepaya untuk digunakan dalam pengobatan yang paling efektif adalah diekstrak atau dijus.  Baru-baru ini dikatakan bahwa ekstrak daun pepaya telah terkenal karena sifat obat dan, dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit,  seperti demam berdarah dan beberapa jenis kanker .

Cara Membuat jus/ ekstrak Daun Pepaya

Ambil beberapa lembar daun pepaya, kemudian dicuci lalu dikeringkan setengah kering (layu). Potong-potong dan rendam dengan air sekitar 2 liter air didalam panci.
Rebus air dan daun pepaya, dan didihkan tanpa ditutup sampai air rebusan berkurang setengah nya.

Sekarang saring cairan, dan simpan ke dalam wadah botol. Bisa juga didinginkan dan disimpan selama 3 sampai 4 hari. Namun jus daun pepaya segar masih lebih baik .

Atau bisa juga jus dibuat dengan cara menghancurkan daun pepaya dengan diblender dengan air matang. Kemudian saring untuk menghilangkan ampas daunnya.

Catatan: Jika untuk diminum, jus daun pepaya ini bisa dikombinasikan dengan jus buah, karena jus daun pepaya ini cukup pahit rasanya.

Khasiat daun Pepaya

 

Menyembuhkan demam berdarah

Sejauh ini tidak ada obat yang spesifik untuk penyakit demam berdaerah dengue. Hanya obat Penghilang rasa sakit seperti Aspirin dan Ibuprofen yang bisa diberikan, dan ada efek samping tersendiri. Jus daun Pepaya adalah obat tradisional yang dapat menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa,  jus daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapin yang dapat meningkatkan trombosit . Gejala demam berdarah adalah menurunnya tingkat trombosit secara drastis dalam darah, sehingga jus daun pepaya akan membantu untuk meningkatkannya kembali. Perusahaan farmasi juga sudah menggunakan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter juga merekomendasikan bagi penderita agar minum 20 sampai 25 ml jus ini, sebanyak  dua kali sehari selama seminggu agar cepat memperoleh hasil.

Lihat juga :  Jenis-jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan

Malaria

Daun pepaya juga telah ditemukan memiliki sifat anti malaria. Dengan demikian, jus daun pepaya juga sering digunakan di beberapa belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

Antikanker

Sifat anti kanker terbesar dari pepaya terkonsentrasi pada ekstrak daunnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology , jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker, seperti kanker leher rahim, kanker payud*ra, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan demikian, ekstrak daun pepaya juga sering direkomendasikan dibeberapa negara sebagai bagian dari kemoterapi . Dengan mengatur sel- T, ekstrak daun pepaya akan meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap kanker.

Mengandung nutrisi penting

Daun pepaya mengandung nutrisi penting seperti vitamin A , B1 , C ,  E , kalori , protein , karbohidrat , kalsium, fosfor , zat besi dan air . Jus daun memiliki enzim penting yang disebut dengan papain, yaitu  yang membantu   pencernaan dengan cara memecah protein secara alami.

Menghambat mikroorganisme penyebab tifus

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif,  termasuk senyawa karpain yang dapat menghambat mikroorganisme seperti jamur , cacing, parasit , bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini sering digunakan dalam obat-obatan herbal untuk menghilangkan cacing usus,  karena juga mengandung tanin yang dapat melindungi usus dari infeksi pada lapisan dinding usus. Dengan cara ini cacing tidak akan dapat bertahan didalam usus kita, yang secara efektif juga menekan penyebab tifus .

Melawan virus

Manfaat lain yang tak kalah menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu pada umumnya. Ini adalah cara alami untuk meregenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan berkhasiat, termasuk vitamin A , C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Membantu membakar lemak

Ingin bebas dari lemak dan memiliki tubuh sehat dan langsing?,,, Jus  daun pepaya yang direbus dengan irisan buah jeruk dapat membantu untuk membakar lemak. tentunya tak hanya dengan minum jus berkhasiat ini, Anda juga perlu olahraga untuk membakar kalori dan lemak yang menumpuk.

Lihat juga :  Manfaat Aromaterapi bagi Kesehatan

Nyeri Haid

Nyeri selam haid adalah hal yang umum dialami. Anda tak perlu repot untuk menangani masalah haid. Jus daun Pepaya efektif untuk mengurangi rasa nyeri haid. Untuk tujuan ini , ambil 1 lembar daun pepaya, tambahkan campuran asam dan garam kedalam segelas air dan didihkan . Minum ramuan ini setelah dalam keadaan dingin.

Kesehatan kulit

Bukan hanya berkhasiat dalam hal menyembuhkan penyakit, jus daun pepaya juga sangat bagus untuk perawatan kulit. Anda bisa menambahkan jus pepaya sebagai bagian dari produk perawatan kulit dan wajah agar sehat dan bercahaya. Selain buah pepaya, jus daun pepaya bermanfaat bagi kulit dengan cara berikut .

  • Jus daun Pepaya memiliki kandungan tinggi vitamin A dan C, jika  dibandingkan dengan buah lain yang juga  dapat meningkatkan kesehatan kulit .
  • Dapat Bertindak sebagai agen pembersih kulit. Hal ini bisa dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang dapat menghambat mikroorganisme dan toksin, sehingga akan memberikan kulit yang cerah untuk Anda. Selain itu juga akan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit lain seperti jerawat, bintik-bintik dan noda hitam.
  • Efektif dalam membantu mengobati eksim. Anda dapat menerapkan jus pada daerah yang terkena penyakit ini setelah dibersihkan .
  • Jus daun pepaya segar membantu penyembuhan luka .
  • Geta dari ujung daun pepaya dapat melembutkan kulit yang mengeras atau jagung / kutil di kaki.

Menyehatkan rambut

Karena banyaknya vitamin , mineral dan enzim dalam ekstrak daun pepaya, seringkali ia juga digunakan dalam beberapa formula perawatan rambut, seperti shampoo dan kondisioner. Hal ini untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat batang rambut dan mencegah masalah seperti botak, rambut rontok , ketombe dll. Jus daun Pepaya memiliki beberapa manfaat sebagai berikut untuk rambut:

  • Jus daun pepaya sering digunakan oleh salon untuk perawatan rambut. Ketika digunakan sebagai kondisioner bersama dengan bahan lain(seperti santan dan madu), maka akan membuat rambut kusam menjadi berkilau. Hal ini termasuk memulihkan rambut yang mati dan melembutkan rambut yang kasar dan sulit diatur .
  • Ekstrak daun pepaya terutama juga digunakan sebagai bahan untuk shampoo anti ketombe, yang bertujuan untuk mengontrol dan mencegah ketombe. Hal ini karena adanya senyawa karpain , yang ia efektif untuk menghilangkan kotoran dan minyak, serta kimia pada rambut tanpa efek samping.

Perhatian

Meskipun jus daun pepaya sangat berkhasiat dan memberikan bermanfaat bagi kesehatan , namun harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, jus ekstrak ini tidak boleh dikonsumsi bersama dengan stimulator tiroid atau Co – enzim Q10.

Advertisement

One thought on “Khasiat Manfaat daun pepaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *