Khasiat Manfaat Buah Sirsak

Khasiat Manfaat buah sirsakDaging buah sirsak sangat berserat, namun memiliki tekstur lembut. Rasanya yang asam manis membuatnya sering digunakan kedalam minuman, es krim dan makanan manis lainnya. Kulit buah sirsak yang berwarna hijau berduri lunak tak dapat dimakan, namun bagian dagingnya yang putih cukup bergizi. Sedangkan Biji buah sirsak sangat keras, dan tidak bisa dimakan termasuk karena mengandun racun .

Advertisement

Buah sirsak juga dikenal memiliki manfaat menyembuhkan berbagai  penyakit, karena diketahui mengandung senyawa alami tertentu yang berkhasiat obat. Baru-baru ini sirsak menjadi populer karena ditemukan fakta dapat mematikan sel kanker hingga 10000 kali,  lebih efektif dibandingkan obat kemoterapi juga tanpa efek samping . Selain buah, daun , akar, kulit dan biji pohon sirsak telah dimasukkan dalam obat tradisional selama berabad-abad . Ekstrak sirsak yang memiliki nilai terapeutik kini sudah tersedia di toko-toko dalam berbagai merk produk. Baca Juga: Khasiat daun sirsak

Kandungan Nutrisi buah sirsak

Sirsak mengandung vitamin C yang tinggi, serta beberapa vitamin B seperti thiamin , riboflavin , dan niasin. Sirsak juga mengandung mineral seperti kalsium , fosfor dan sedikit zat besi. Buah sirsak terdiri dari 67,5 % daging lembut, kulit  20 % , biji  8,5% dan 4 % nya adalah inti buah. Nilai kandungan gizi seperti dijelaskan berikut:

 

  • Karbohidrat : Setelah kandungan air, sirsak juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat dalam buah ini adalah dalam bentuk gula, seperti glukosa dan fruktosa yang sebesar 81,9-93,6 % dari kadar gula total .
  • Lemak: Buah sirsak baik untuk kesehatan, karena mengandung lemak sangat sedikit . 100 gram buah sirsak hanya menyediakan 0,3 gram lemak .
  • Vitamin C : Vitamin C adalah yang paling dominan dari semua vitamin yang ada dalam buah sirsak . 100 gram daging buah menyediakan sekitar 20 mg vitamin ini. Kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan per orang  adalah 60 mg,  yang dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak sebanyak 300 gram.
  • Serat : Buah sirsak kaya akan serat, mengandung 3,3 gram per 100 gram daging. Hal ini setara dengan 13 % dari kebutuhan total harian yang direkomendasikan . Serat sangat bagus untuk pencernaan dan detoksifikasi .
  • Mineral : Mineral yang paling dominan adalah fosfor dan kalsium. 100 gram buah sirsak memberikan masing-masing, 27 mg dan 14 mg fosfor dan kalsium. Sirsak memiliki kandungan sodium yang rendah, memberikan 14 mg per 100 gram, namun  tinggi kalium yang 278 mg per 100 gram . Rasio kalium yang tinggi dan  natrium rendah sangat berkhasiat untuk mencegah hipertensi atau darah tinggi.
Lihat juga :  Kandungan Nutrisi Blueberry dan Manfaatnya

Karena berlimpah vitamin dan mineral , sirsak menawarkan beberapa khasiat manfaat bagi kesehatan. Bahkan buah ini sering direkomendasikan oleh praktisi pengobatan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Khasiat dan manfaat buah sirsak bagi kesehatan

Mencegah Osteoporosis :

Buah sirsak mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan membantu untuk mencegah osteoporosis .

Meningkatkan Energi:

Sirsak memiliki kandungan tinggi fruktos , atau gula sederhana ( monosachharide ) . Sehingga sirsak bisa menjadi sumber karbohidrat alami yang baik , yang akan membuat Anda tetap segar dan berenergi . Buah ini juga akan meningkatkan daya tahan tubuh juga karena kandungan vitamin C nya yang tinggi .

Bermanfaat untuk Jantung dan Mencegah Kerusakan saraf :

Vitamin B1 yang ada dalam sirsak berkhasiat mempercepat metabolisme , sirkulasi darah dan mencegah gangguan saraf .Juga mengandung vitamin B2 yang penting untuk produksi energi bagi tubuh, penyimpanan lemak , berfungsinya sistem saraf dan pemeliharaan otot jantung .

Pengobatan Wasir dan  Diare pada bayi :

Sirsak efektif dapat menyembuhkan wasir. Untuk tujuan ini, peras buah sirsak untuk diambil airnya, setidaknya 1 cangkir dan minum dua kali dalam sehari  pagi dan sore. Untuk menagnai kasus diare pada bayi , 2-3 sendok makan air sirsak dapat diberikan kepada bayi .

Meredakan Sembelit :

Karena buah ini kaya akan serat larut dan tidak larut, maka dapat mengurangi sembelit dengan cara memfasilitasi proses makanan yang lebih mudah dalam usus.

Diuretik alami :

Daging buah ini hampir 84 % air yang dapat bertindak sebagai diuretik alami untuk mengobati edema atau retensi air .

Memudahkan Tidur :

Buah sirsak mengandung bahan kimia yang disebut tryptophan, yaitu yang mempromosikan kantuk dan relaksasi. Dengan demikian, bermanfaat bagi penderita insomnia. Daun sirsak sering digunakan untuk  aromaterapi dan infus untuk tidur. Buah sirsak juga membantu dalam mengontrol tekanan darah dan hipertensi .

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih :

Karena kadar airnya yang tinggi , sirsak efektif dalam mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih ( ISK ), uretritis dan hematuria . Jus buah sirsak dapat diminum dalam kasus uretritis, hematuria dan penyakit hati.

Membunuh Parasit dalam Tubuh :

Sirsak sarat dengan nutrisi yang penting untuk pengembangan bagi tubuh secara keseluruhan. Nutrisi seperti asam amino, asam askorbat, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, tiamin, riboflavin, dan serat dapat menghambat parasit di dalam tubuh .

Lihat juga :  Buah dan sayuran yang paling tinggi mengandung Vitamin C

Manfaat Vitamin C :

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C  tinggi, yang merupakan antioksidan yang sangat baik . Hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan .

Melawan Radikal Bebas :

Asam askorbat dalam buah sirsak akan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh, dimana yang berperan penting untuk memerangi radikal bebas .

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh :

Buah sirsak mengandung zat seperti acetogenins , anncatacin , annocatalin , annonacin , annohexocin , annomuricin , anomurine , anonol , asam gentistic , asam linoleat dan muricarpentocin yang memungkinkan tubuh kita untuk tetap fit dan meningkatkan kekebalan terhadap berbagai macam penyakit .

Pengobatan Hipertensi :

Sirsak yang memiliki rasio tinggi kalium ( 278mg/100g ) dan rendah natrium ( 14mg/100 g ) , sehingga bermanfaat bagi  penderita hipertensi .

Pestisida yang efektif :

Biji Sirsak merupakan pestisida alami yang efektif . Hancukan biji sirsak  dan dapat diterapkan dikepala untuk menyingkirkan kutu.

Menyembuhkan Luka :

Daging buah sirsak dapat diterapkan sebagai tapal pada luka,  atau daerah luka setidaknya dalam 3 hari . Hal ini tidak hanya akan mempercepat proses penyembuhan, tetapi juga akan mencegah infeksi bakteri . Sedangkan Rebusan daun sirsak berkhasiat untuk mengobati peradangan dan kaki bengkak .

Anti – penuaan :

Seperti yang dinyatakan sebelumnya , sirsak merupakan sumber yang kaya akan vitamin C , yang dapat meningkatkan jumlah asupan antioksidan . Antioksidan penting untuk memerangi dampak radikal bebas yang menjadi penyebab cepatnya penuaan pada kulit . Dengan menghilangkan radikal bebas, secara tak langsung akan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Manfaat bagi Rambut

Rambut yang sehat merupakan indikasi daari tubuh yang sehat. Folikel rambut juga memerlukan pasokan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perawatan. Defisiensi vitamin dan mineral tertentu dapat menyebabkan masalah pada, rambut seperti rontok, ketombe, botak , beruban lebih cepat. Kesimpulannya, kandungan gizi pada buah sirsak sangat menguntungkan untuk kesehatan rambut .

Khasiat Lainnya :

Buah sirsak juga kaya akan senyawa fitokimia . Hal ini berasal rasa asam nya , seperti asam malat , asam sitrat , dan asam isositrat . Juga kaya senyawa lemak yang disebut sebagai senyawa acetogenins, terutama annonacin lain seperti kuinolon, annopentocins serta dua alkaloid, yaitu coreximine dan retikulin . Acetogenins memiliki potensi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa tertentu juga bersifat antivirus dan antiparasit yang dapat menekan peradangan .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *