Khasiat Manfaat buah manggis

Khasiat manfaat Kulit ManggisBuah manggis atau yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana, adalah pohon yang tumbuh diwilayah tropis. Pohon manggis diyakini sebagai pohon asli dari Indonesia, namun kini juga banyak tumbuh di beberapa negara kawasan Asia Tenggara seperti Singapura , Malaysia, Thailand , dan Vietnam, dan juga di beberapa wilayah Afrika . Buah manggis yang berwarna Ungu ini sering dikatakan sebagai buah eksotis Indonesia, bahkan dibilang juga sebagai ratunya buah tropis.

Advertisement

Buah manggis terdiri dari tiga bagian utama: kulit keras yang berwarna ungu , daging berwarna putih yang dapat dimakan, serta biji yang terbungkus daging. Biji buah rasanya sangat pahit , sementara dagingnya memiliki aroma dan tekstur yang lembut dengan rasa asam manis . Kulit terluar atau kulit buah manggis (pericarp) agak keras , namun dapat dibuka dengan mudah .

Sementara jika biji manggis rasanya pahit dan tak bisa dimakan, namun kulit buah manggis yang keras ini sekarang banyak dijual sebagai produk ekstraksi yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam kanker. Hal ini menurut penelitian, bahwa jus ekstrak kulit buah manggis mengandung senyawa xanthone yang dipercaya sebagai antioksidan yang berkhasiat. (untuk kahsiat kulit manggis, kita akan bahas diartikel selanjutnya)

Kandungan Gizi buah Manggis:

Buah manggis juga menguntungkan karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Selain sebagai buah yang lezat , manggis adalah termasuk sumber yang kaya serat dan karbohidrat. Kandungan tinggi yang ada dalam buah tropis ini adalah vitamin A,  vitamin C, zat besi, kalsium dan kalium. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang cukup tinggi, diantaranya seperti thiamin , niacin dan asam folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Satu cangkir buah manggis sajian kalengan menyediakan 143 kalori . Buah manggis juga terkenal paling banyak memiliki sumber xanthones(terutama kulitnya) , dari pada xanthone dari sumber lainnya .

Khasiat dan Manfaat buah Manggis bagi kesehatan:

Buah Manggis sebenarnya telah lama dimanfaatkan untuk obat tradisional di berbagai negara Asia. Dalam sejarah bahkan dikatakan, buah eksotis ini pernah dibawa sepanjang jalan di seluruh dunia sehingga bisa dicicipi oleh Ratu Victoria . Manfaat buah manggis untuk kesehatan sudah dikenal sejak abad ke-18,  dan telah terbukti bukan hanya mitos . Buah manggis adalah gudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga memiliki beragam khasiat manfaat berikut ini:

1 .Antioksidan :

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa Manggis mengandung  senyawa polifenol alami yang dikenal dengan xanthones . Ada dua jenis xanthones yang terdapat dalam buah ini – yaitu alpha dan gamma. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa khasiat, seperti anti – inflamasi, serta obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular . Senyawa Antioksidan ini memiliki sifat dasar untuk meregenerasi sel yang telah rusak oleh radikal bebas , sehingga efeknya dapat memperlambat penuaan, menangkal berbagai penyakit degeneratif serta kerusakan fisik dan mental .

Lihat juga :  Inilah khasiat Buah Nanas yang jarang diketahui orang

2 . Rendah Kalori : Diet menurunkan berat badan

Buah manggis sangat rendah kalori ( 63 kalori per 100 g ), serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Dan hebatnya , manggis juga kaya akan serat  ( 100 g menyediakan sekitar 13 % dari nilai kebutuhan harian disarankan) . Sehingga buah ini juga sangat penting bagi individu yang peduli dengan berat badan berlebih .

3 . Vitamin C :

Manggis kaya akan vitamin C , mengandung sekitar 12 % dari total kebutuhan harian disarankan per 100g buah. Menjadi air yang kuat anti oksidan larut . Vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus penyebab flu dan demam akan menyingkir dari tubuh kita. Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan perlawanan terhadap penyakit.

Vitamin C dalam buah manggis juga efektif terhadap katarakn, yaitu dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata .1000mg dosis Vitamin C per hari dikatakan efektif untuk membatasi katarak dan meningkatkan penglihatan .

4. Folat

Folat yang juga ditemukan dalam buah manggis memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan perkembangan janin. Sehingga buah manggis juga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan, dan sekaligus akan melindungi bayi dari cacat tabung syaraf.

5 . Melancarkan  aliran darah :

Bantu Manggis juga mempromosikan pembentukan sel darah merah, sehingga berkhasiat untuk mencegah anemia. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk meningkatkan aliran darah dengan jalan membantu pelebaran pembuluh darah. Hal ini yang akan membantu melindungi kita dari berbagai penyakit seperti aterosklerosis , kolesterol , jantung , darah tinggi dan nyeri dada yang parah .

6 . Mengurangi Kolesterol :

Diet kaya manggis akan sangat membantu mengurangi tingkat kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga dapat membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida, untuk kerja organ hati manusia yang tepat .

7 . Tuberkulosis :

Buah manggis juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, serta sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian dapat membuat tindakan penghambatan terhadap bakteri berbahaya, dan  efektif untuk pasien yang menderita TBC .

8 . Kanker :

Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis dapat membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit kardiovaskular. Seperti dikakan sebelumnya, manggis adalah sumber  kaya akan  antioksidan kuat xhantone alami, yang dapat membantu melawan kanker.

Lihat juga :  Manfaat Pisang yang luarbiasa bagi Kesehatan

9 . Tekanan darah :

Manggis mengandung jumlah mineral yang tinggi , seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium dalam manggis akan memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung korone, r karena merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan mengontrol detak jantung dan tekanan darah .

10 . Anti – inflamasi :

Manggis mengandung sifat anti – inflamasi, sehingga sangat berkhasiat bagi orang yang sakit linu akibat radang. Mengkonsumsi manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu untuk meringankan rasa sakit akibat peradangan.

11 . Alzheimer :

Manggis sangat efektif untuk mencegah dan menghambat penyakit Alzheimer. Penyakit ini disertai dengan gejala seperti bingung dan kesulitan dalam mengingat sesuatu . Biasanya didertita oleh para kaum manula, dan umumnya sangat mengganggu pasien dan orang disekitarnya.

Khasiat manggis untuk kecantikan dan Kulit :

Jerawat :Manggis memiliki sifat antibakteri dan senyawa antimikroba alami, yang sangat efektif  dapat mengobati berbagai masalah umum pada kulit seperti Jerawat , noda hitam kulit , kulit berminyak dan kulit kering.
Perbaikan sel :Senyawa xanthon  dalam kulit manggis adalah yang tertinggi, ini juga dapat memperbaiki dan melindungi sel dalam tubuh. Dengan demikian, kulit akan selalu terjaga kesehatannya untuk menjaga penampilan segar dan awet muda.
Berat badan : Manggis akan membantu untuk mencegah kenaikan berat badan, yaitu dengan cara membantu membakar lemak . Xanthones dalam kulit manggis juga membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga rendahnya kandungan lemak dan kalori manggis
Penyakit gusi :Manggis juga dapat bertindak melawan penyakit gusi yang dikenal sebagai periodontitis. Gel manggis dapat membantu untuk menyembuhkan masalah pada gusi .
Menstruasi :Manggis bisa berkhasiat mengurangi gejala PMS(sindrom selama menstruasi),  seperti pusing , perubahan mood , hipertensi , dll.  Ramuan akar manggis telah lama diyakini dapat mengatur menstruasi .
Anti – Penuaan :Penuaan muncul karena oksidasi .Antioksidan seperti katekin ( antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau membantu untuk memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkonsumsi manggis untuk terlihat lebih muda .
Meningkatkan energi : Buah ini juga dapat membuat kita merasa segar dan berenergi sepanjang hari. Nutrisi yang terdapat akan membantu  terlihat lebih segar dan awet muda, dan memberikan dorongan energi .
Infeksi virus  : Xanthone dalam manggis memiliki kemampuan alami untuk menyerang infeksi jamur dan virus. Sehingga juga membantu untuk menyingkirkan karsinogen tertentu yang menyerang kulit Anda .

Peringatan:

Jus kulit manggis bisa membuat kulit akan terasa lebih kencang , namun bagi Ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi nya. Hal ini mungkin bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *