Khasiat manfaat Buah Delima

manfaat buah delima bagi kesehatanTak seperti pohon buah-buahan lainnya, pohon buah delima terlihat lebih jarang terlihat ditanam orang dihalaman atau pekarangan rumah orang. Hal ini seperti membuktikan jika pohon buah delima adalah tanaman buah yang langka. Namun sebenarnya dibeberapa negara, buah delima telah banyak dibudidayakan secara komersial. Ini membuktikan jika orang disana mengetahui akan khasiat buah delima bagi kesehatan, sehingga permintaan dipasar cukup tinggi.

Advertisement

Delima merupakan salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan untuk makanan, jus , penambah rasa, serta pewarna, dan seringkali dianggap sebagai salah satu buah super.

Sekilas tentang buah delima

Pohon delima tumbuh dengan ketinggian sekitar 5 meter, pohon kecil dengan memiliki buah dengan bentuk mirip jambu yang cukup besar. Kulit buah berwarna merah terang , ungu , atau kuning oranye tergantung dari jenis kultivar. Setiap buah bisa berukuran sekitar 6-10 cm, dengan berat sekitar 200 gram. Kulit luarnya sangat kuat dan memiliki tekstur yang agak kasar. Bagian dalam buah delima adalah dipisahkan oleh membran tipis dan kenyal, dan berisi dengan butiran kecil-kecil berwarna merah muda yang rasanya manis serta lembut . Didalam butiran merah muda ini adalah biji buah delima.

Kandungan Nutrisi buah delima

Buah delima mengandung relatif tinggi kalori, yaitu menyediakan 83 kalori dari 100g buah. Hal ini sedikit lebih banyak dari kalori apel . Buah ini tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh . Kandungan vitamin tertinggi dari buah delima adalah dari kelompok vitamin B kompleks, antara lain, Folat  38 µg, Niacin 0.293 mg, Pantothenic acid 0.135 mg, Pyridoxine 0.075 mg, Riboflavin 0.053, dan Thiamin. Vitamin lainnya seperti Vitamin A, C, E, dan vitamin K. Buah delima juga mengandung kalium dalam jumlah yang sangat baik, yaitu 236mg. Dan baiknya lagi, buah delima tidak mengandung natrium yang buruk bagi kesehatan. Dalam hal nutrisi mineral, buah delima cukup baik menyediakan Kalsium 10 mg, tembaga 0.158 mg, zat besi 0.30 mg, Magnesium 12 mg , Mangan 0.119 mg, Phosphor 36 mg, Selenium 0.5 µg, dan Zinc 0.35 mg.

Lihat juga :  Manfaat jeruk Lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Dengan demikian, buah delima adalah buah yang sarat akan nutrisi, dan tentunya akan membawa khasiat yang baik bagi kesehatan kita.

Khasiat manfaat buah delima untuk kesehatan

Manfaat serat

Buah delima juga sumber yang kaya serat larut dan tidak larut , yaitu memberikan sekitar 4 g per 100 g ( sekitar 12% dari kebutuhan harian disarankan ). Serat tentunya sangat membantu proses pencernaan yang lebih baik, sehingga buang air besar menjadi lancar. Buah delima disarankan oleh ahli gizi dalam diet menurunkaan berat badan, serta program mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Rrutin makan buah-buahan dalam diet akan meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi  darah, dan menawarkan perlindungan tubuh terhadap kanker .

Kekuatan antioksidan

Senyawa antioksidan kuat, yaitu ellagitannin tertentu seperti Granatin B Punicalagin banyak ditemukan dalam jus delima . Studi telah menunjukkan bahwa senyawa punicalagin dan tanin efektif dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, dengan jalan membersihkan efek radikal bebas berbahaya dari tubuh manusia .

Kekuatan antioksidan total dalam buah delima diukur dengan kapasitas penyerapan radikal oksigen ( ORAC ), yaitu 2.341 umol TE/100 g .

Sumber vitamin C

Vitamin C adalah senyawa nutrisi yang sekaligus bermanfaat sebagai zat antioksidan. Buah ini menyediakan sekitar 17 % vitamin C dari kebutuhan harian yang disarankan per 100 gramnya. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi.

Melawan kanker prostat

Mengkonsumsi buah delima secara rutin juga telah ditemukan efektif untuk melawan kanker prostat, benign prostatic hyperplasia ( BPH ), diabetes, dan limfoma .

Manfaat vitamin penting

Buah delima adalah sumber terbaik dari beberapa bagian dari vitamin B kompleks penting, seperti asam pantotenat ( vitamin B – 5 ), folat  piridoksin dan vitamin K , dan mineral seperti kalsium , tembaga , kalium , dan mangan. Semua vitamin diatas sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari, karena merupakan vitamin larut air yang tak akan disimpan tubuh sebagai cadangan.Vitamin B umumnya penting untuk jaringan otot dan syaraf otak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *