Khasiat Manfaat Buah Apel

manfaat apel bagi kesehatanBuah apel memiliki ciri khas rasa yang Lezat dan renyah saat dimakan, dan inilah yang membuat orang jarang bosan makan buah apel. Disisi lain, apel juga mengandung nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh kita. Jadi, tak ada alasan untuk menolak buah yang dikatakan sebagai buah yang memilki peringkat teratas sebagai buah super.  Buah apel sangat kaya akan nutrisi nabati, yang benar-benar sangat diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Terutama Antioksidan tinggi dalam apel, yang memiliki sifat pencegahan terhadap penyakit dan dapat membuat awet muda.

Advertisement

Kandungan nutrisi buah Apel

  • Meskipun manis, Buah Apel termasuk buah rendah kalori, 100 g buah apel segar hanya menyediakan 50 kalori. Apel juga tidak mengandung lemak jenuh maupun kolesterol . Namun buah apel kaya akan kandungan serat , dimana yang dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL(bad cholesterol) dalam usus . Serat juga bertindak sebagai pelindung selaput lendir usus dari bahan beracun yang ikut bersama makanan penyebab kanker usus besar .
  • Apel kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol.  Senyawa flavonoid  dalam buah apel seperti quercetin, epikatekin, dan procyanidin B2 . Secara keseluruhan , senyawa antioksidan ini bermanfaat untuk melindungi tubuh daridampak  buruk dari radikal bebas .
  • Buah apel juga mengandung vitamin -C dan beta-karoten yang cukup tinggi. Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang kuat. Vitamin C akan membantu tubuh untuk  mengembangkan sistem kekebalan terhadap agen infeksi, radikal bebas penyebab inflamasi.
  • Buah apel tinggi vitamin B – kompleks, seperti riboflavin, thiamin, dan piridoksin ( vitamin B – 6 ). Vitamin B berguna untuk membantu enzim dalam proses metabolisme, serta banyak fungsi penting lain dalam tubuh .
  • Mineral dalam buah apel seperti kalium, fosfor , dan kalsium . Kalium merupakan unsur penting yang membantu untuk menjaga detak jantung dan tekanan darah yang normal. Kalium adalah lawan dari natrium, yaitu yang akan menangkal semua efek buruk natrium termasuk tekanan darah tinggi.

Khasiat manfaat Apel bagi kesehatan tubuh Kita

Menjaga kesehatan gigi

Apel memang tidak bisa menggantikan sikat gigi, namun menggigit dan mengunyah buah apel akan merangsang produksi air liur dalam mulut, sehingga akan mengurangi kerusakan gigi dengan cara menurunkan tingkat bakteri .

Lihat juga :  Minum lemon dan air hangat dipagi hari

Mencegah Alzheimer

Studi terbaru menunjukkan bahwa minum jus apel bisa mencegah Alzheimer , dan dapat melawan efek penuaan pada otak.

Mencegah Parkinson

Menurut penelitian, orang yang makan – makanan tinggi serat termasuk apel terlindungi dari resiko parkinson. Parkinson adalah penyakit yang dikarenakan adanya kerusakan sel saraf yang memproduksi dopamin di otak. Para ilmuwan menghubungkan fakta ini juga terkait dengan kekuatan antioksidan.

Mencegah segala macam kanker

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research , menyetujui jika mengkonsumsi buah apel yang kaya flavonol bisa mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa yang ditemukan dalam apel, seperti triterpenoid yang memiliki aktivitas anti pertumbuhan sel kanker di hati , usus besar dan p*yud*ra . Sementara itu, National Cancer Institute di AS merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal .

Mengurangi risiko diabetes

Wanita yang makan setidaknya satu buah apel dalam sehari , memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil mengembangkan diabetes tipe 2 , dibandingkan mereka yang tidak makan apel. Apel mengandung serat larut , yang artinya kunci untuk menjaga gula darah stabil .

Mengurangi kolesterol

Serat larut ditemukan dalam apel akan mengikat lemak didalam usus, yang artinya dapat menurunkan kadar kolesterol.

Kesehatan jantung

Penelitian lain juga telah mengaitkan asupan serat larut tinggi dengan perlambatan penumpukan plak kolesterol di arteri. Senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel juga akan mencegah kolesterol menumpuk di dinding arteri. Ketika plak mengumpul di dalam arteri, tentu akan menghambat aliran darah ke jantung, yang akan menyebabkan penyakit jantung koroner .

Mencegah batu empedu

Batu empedu bisa terbentuk karena tingginya kolesterol di dalam empedu, sehingga cairan bisa mengeras . Untuk mencegah batu empedu , dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol . Umumnya ini dialami oleh orang dengan obesitas.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Madu

 Mengalahkan diare dan sembelit

Lagi-lagi serat yang memiliki peran ini, yaitu membantu proses pencernaan dengan lebih mudah. Degan demikian, susah BAB atau sembelit bisa jauh-jauh jika banyak makan buah berserat tinggi termasuk apel.

Irritable bowel syndrome adalah gejala yang ditandai dengan sembelit, diare, sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini,  dokter menyarankan untuk menjauhi susu dan makanan berlemak namun menambah tinggi asupan serat dalam diet Anda .

Mencegah wasir

Wasir adalah urat yang bengkak di saluran anal dan bisa terasa sangat menyakitkan. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan d*b*r . Terlalu sering mengalami sembelit juga bisa menyebabkan wasir semakin parah, dan serat tinggi dalam apel pada akhirnya akan membantu meringankan wasir karena mencegah sembelit .

Mengendalikan berat badan

Banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan , di antaranya adalah penyakit jantung, stroke , tekanan darah tinggi , diabetes tipe 2 dan sleep apnea. Untuk mengelola berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya serat . Apel jelas termasuk didalamnya, karena mengandung tinggi jenis serat penting.

Mendetoksifikasi hati Anda

Tanpa kita sadari, kita sebenarnya terus-menerus mengkonsumsi racun, apakah itu dari minuman atau makanan. Dan untuk itu, organ hati yang bertanggung jawab untuk membersihkan racun daridalam  tubuh Anda . Cara detoksifikasi yang terbaik adalah yang alami, dan itu bisa dengan mudah dilakukan dengan makan buah seperti apel.

Meningkatkan sistem kekebalan Anda

Apel merah mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan quercetin. Studi  menunjukkan bahwa kuersetin akan membantu untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama ketika sedang stres .

Mencegah katarak

Studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang yang diet kaya buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya mengembangkan katarak .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *