Khasiat Lada Hitam

Khasiat lada hitamLada hitam dikenal sebagai rempah atau bumbu yang sangat kuat pada aroma banyak masakan. Apakah beda antara lada hitam dan lada putih, serta kandungan senyawa yang ada didalamnya?, untuk mengetahuinya Kami telah membahasnya disini.

Advertisement

Lada sudah lama digunakan juga sebagai bahan untuk pembuatan obat tradisional. Terutama lada hitam, selain penguat aroma masakan, beberapa manfaat lada hitam untuk kesehatan serta khasiat untuk pengobatan kita bahas disini.

Berikut Khasiat dan manfaat lada hitam bagi kesehatan

Membantu mencegah kanker :

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan Cancer Center , lada hitam ditemukan dapat mencegah perkembangan sel kanker pay*dara .  Hal ini dikatakan karena kandungan piperin yang ditemukan pada lada hitam memainkan peran penting dalam mencegah kanker. Lebih lanjut dikatakan jika lada hitam dikombinasikan dengan kunyit, maka sifat antikankernya yang semakin tinggi .

Terlepas dari piperine, lada hitam juga mengandung antioksidan dari Vitamin C , Vitamin A , flavonoid , karoten dan lainnya yang membantu tubuh menghilangkan radikal bebas berbahaya dan akan melindungi tubuh dari kanker. Penelitian lain mengungkapkan kemanjuran lada hitam yang menghambat perkembangan sela kanker kulit dan kanker usus besar. Menambahkan bubuk merica pada makanan akan lebih baik untuk menuai khasiatnya, daripada menuangkan saat memasak makanan.

Membantu efektifitas pencernaan :

Piperin dari lada hitam akan membuat pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini akan memberikan sinyal yang merangsang perut untuk memproduksi asam hydrochloric lebih banyak. Asam ini sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lain didalam perut, yang jika kurang tercerna dapat menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan asam. Kelebihan asam klorida akan disekresikan, membantu untuk mencegah beberapa kondisi pencernaan tersebut.

Untuk membantu pencernaan, tambahkan satu sendok makan ( tergantung jumlah porsi) bubuk lada hitam saat memasak. Selain akan memnambah lezat rasa hidangan, hal ini juga akan menjaga perut Anda tetap sehat .

Lihat juga :  Khasiat manfaat Makan Cabe Rawit Bagi Kesehatan

Membantu menurunkan berat badan :

Lada hitam membantu asimilasi ( ekstraksi semua nutrisi ) makanan yang tepat. Selain itu , lapisan luarnya yang berisi fitonutrien kuat akan merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga merangsang tubuh untuk berkeringat, serta buang air kecil, dimana ini merupakan cara yang bagus untuk menyingkirkan kelebihan air dan toksin dalam tubuh. Semua kegiatan ini secara kolektif dapat membantu menurunkan berat badan . Untuk menurunkan berat badan dengan efektif, taburi makanan Anda dengan bubuk lada hitam diatasnya. Namun jangan makan terlalu banyak , karena juga dapat menyebabkan efek samping yang tak diinginkan.

Meredakan gas :

Lada juga dikenal akan sifat karminatif nya ( zat yang dapat mencegah pembentukan gas ). Lada hitam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perut kembung dan nyeri kolik. Tambahkan merica pada makanan Anda,  akan membantu meringankan perut kembung .

Dapat mencerahkan kulit :

Apa hubungannya lada dengan kulit?,,,,,selain dapat membantu keringat dan mengeluarkan semua racun dari kulit Anda , lada hitam juga bertindak sebagai exfoliant yang baik. Lada hitam yang dilembutkan dan ditambahkan ke scrub wajah dapat membantu mengelupaskan kulit mati, merangsang sirkulasi dan membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit . Sifat Antibakteri dan anti inflamasi juga membantu menjaga kulit terhindar dari infeksi kulit seperti bisul dan jerawat .

Mengatasi ketombe :

Karena antibakteri dan anti inflamasi yang besar pada lada hitam, ia juga berkhasiat untuk menyingkirkan ketombe. Campurkan satu sendok teh lada hitam yang dilembutkan ke dalam secangkir dadih. Aduk rata dan oleskan pada kulit kepala. Kemudian biarkan dulu sekitar setengah jam. Bilas rambut Anda dengan baik, dan Jangan gunakan sampo pada tahap ini, namun hari berikutnya Cuci rambut Anda dengan sampo. Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak merica, karena dapat menyebabkan kulit kepala panas .

Lihat juga :  15 Manfaat Biji Kopi Hijau Bagi kesehatan

Mengatasi hidung tersumbat dan meredakan batuk :

Karena sifat antibakterinya, lada hitam adalah obat alami yang sangat efektif untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Rasa hangat dan pedas lada hitam juga membantu melonggarkan dahak dan merlonggarkan hidung tersumbat . Coba taburkan lada hitam pada sup panas. Ini akan segera melonggarkan dahak dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

Membantu orang dengan anoreksia :

Lada hitam banyak dikenal dapat meningkatkan kerja pencernaan dan merangsang selera makan. Karena khasiat ini, maka lada hitam juga baik sebagai obat alami untuk penderita anoreksia (tidak berselera makan),  dengan jalan membantu meningkatkan nafsu makan. Menambahkan sedikit merica pada makanan penderita, akan menjauhkan gejala anoreksia .

Membantu tubuh menggunakan nutrisi lebih efisien :

Lada hitam diketahui memiliki sifat yang membantu meningkatkan bioavailabilitas . Ini berarti lada hitam juga membantu pengiriman yang tepat dan penyerapan nutrisi makanan lebih baik. Manfaat ini juga dapat membantu obat agar bekerja lebih efisien .

Anti-depresan alami :

The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, serta membantu mengalahkan depresi. Ditemukan juga bahwa lada hitam yang dimakan secara teratur akan membantu fungsi otak dengan lebih baik. Menambahkan lada hitam pada makanan sehari-hari, atau dimakan sebagai bumbu pada salad atau dalam bentuk apapun dapat membantu membuat lebih pintar dan tak mudah depresi.

Jadi, merupakan suatu keuntungan bagi kesehatan Anda, jika Anda menyukai aroma lada hitam yang kuat pada makanan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *