Khasiat Ramuan Kunyit Madu Bagi Kesehatan

Khasiat kunyit maduKunyit dan madu adalah ramuan sederhana yang telah dipergunakan secara turun-temurun dari nenek moyang kita  untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh setelah sakit. Hal ini tidak mengherankan, karena temuan modern telah membuktikan khasiat dan manfaat dari rimpang kunyit dan madu tawon murni. Pada intinya, kedua bahan ini memang memiliki kemampuan utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan anti peradangan. Dengan demikian, minuman kunyit dan madu sudah diakui sangat baik bagi kesehatan terutama untuk mencegah penyakit, infeksi, dan memulihkan vitalitas.

Advertisement

Khasiat ramuan Kunyit Madu

Untuk mengetahui khasiat ramuan tradisional ini, mari kita lihat apa manfaat masing-masing kunyit dan madu bagi kesehatan tubuh kita :

Kunyit

Kunyit sangat terkenal akan kandungan kurkumin, yaitu zat yang membuatnya berwarna kuning cerah. Kurkumin ini banyak memiliki manfaat terutama antioksidan, anti inflamasi, anti penuaan, anti kuman, dll. Dengan demikian, kunyit baik bagi tubuh untuk mencegah radikal bebas, sakit perut, kanker, demam, penyembuhan luka, kekebalan tubuh, kesehatan kulit, jantung, pencernaan, mendetoksifikasi liver, dsb. Jadi Anda tak perlu sangsi lagi dengan khasiat salah satu suplemen alami warisan nenek moyang kita ini.

Madu

Madu adalah nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah didalam sarangnya, untuk keperluan persediaan makanan bagi seluruh koloninya. Hanya 1 sendok madu membutuhkan nektar dari belasan ribu bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Gula dari madu akan terurai menjadi zat yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri, dan pada jaman dahulu telah digunakan untuk mengobati luka, luka bakar dan masalah kulit. Selain kadar gula(sekitar 75 persen) dan air, madu juga mengandung sejumlah kalsium, zat besi, magnesium, potasium, sodium, sulfur, fosfor dan protein. Secara tradisional madu telah digunakan sebagai “obat kuat” atau meningkatkan vitalitas, mengobati Anemia, masalah ginjal dan sirkulasi darah. Madu juga memiliki efek menenangkan yang terkenal. Sebaiknya menggunakan madu mentah atau murni, karena masih mengandung sifat anti bakteri yang kuat, serta lebih tinggi mineral, enzim dan antioksidan kuat.

Lihat juga :  Cara memanfaatkan Kunyit untuk menyembuhkan diabetes

Jadi secara keseluruhan, ramuan kunyit madu bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit, virus flu dan bakteri penyebab penyakit. Tak hanya bagus bagi orang yang ingin mengembalikan stamina dan mempercepat pemulihan dari sakit, ramuan ini juga baik untuk suplemen kesehatan alami yang akan membuat penampilin kita awet muda karena sifat anti penuaan dan antioksidan dari kedua bahan ini.

 Cara membuat ramuan kesehatan kunyit madu

Bahan:

  • 1/4 cangkir madu mentah
  • 1 sendok teh lemon
  • 2 sendok teh bubuk kunyit
  • Cuka sari apel mentah 2 sendok makan
  • sejumput lada hitam (untuk mengaktifkan kurkumin)
  • Campur kunyit dan lada hitam kedalam mangkuk kecil. Kemudian tambahkan madu, lemon dan cuka sari apel. Kocok atau aduk hingga rata dengan sendok.
  • Simpan dalam wadah kedap udara didalam lemari es hingga satu minggu.

* Catatan : Cuka sari apel organik bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, keseimbangan pH tubuh, perawatan kulit dan rambut. Bisa ditambahkan atau tidak.

Cara mengkonsumsi:

  • Sebagai minuman hangat, campurkan 1 sendok makan dengan 12 – 16 ons air hangat dan diminum.
  • Sebagai topping, 2 sendok teh untuk roti gandum
  • Kedalam smoothie atau jus, tambahkan 1 sendok makan

Perhatian :

Kunyit pada umumnya tida mengandung toksin dan memiliki efek samping, namun bagi beberapa orang bisa menyebabkan sakit perut, mual dan pusing. Jadi sebaiknya tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi kunyit.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *