Khasiat jahe merah

Khasiat jahe merahJahe merah merupakan salah satu dari 3 kultivar jahe yang ada, yaitu jahe putih, jahe kuning dan jahe merah. Ketiganya memiliki nama ilmiah yang hampir sama, yang diawali dengan Zingiber officinale. Namun jenis jahe yang paling diakui khasiat obatnya adalah jahe merah, dan jahe putih paling umum digunakan dalam hal bumbu memasak. Sementara jahe putih kurang begitu diminati, karena rasa pedasnya yang sangat rendah dari ketiga saudaranya tersebut.

Advertisement

Sebenarnya kandungan senyawa dari ketiga jenis jahe tadi sama, hanya saja konsentrasinya yang berbeda. Itulah mungkin yang membedakan, kenapa jahe putih kurang memiliki rasa pedas daripada kedua saudaranya yang lain.

Khasiat dan manfaat jahe merah bagi kesehatan

Jahe Merah memiliki ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan jenis lain, selain itu ia berwarna kemerahan pada daun, batang tanaman, serta rimpangnya. Dalam hal penggunaan untuk obat tradisional, jahe merah dipilih karena paling tinggi konsentrasi properti kesehatannya yang ditandai dengan rasa yang lebih pedas dan pahit. Jahe merah mengandung minyak atsiri, yang terdiri dari zingeberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogool. Bahan-bahan lain yang terdapat, adalah minyak damar, pati, asam organik, asam malat aksolat dan gingerin. Berikut khasiat dan manfaat jahe merah bagi kesehatan:

Menyehatkan perut

Jahe merah juga digunakan dalam pengobatan tradisional Cina . Dikatakan bahwa jahe merah berkhasiat menyehatkan limpa, perut / lambung dan ginjal dan juga diklasifikasikan sebagai aphrodisiac.

Masalah pencernaan dan masuk angin

Jahe memiliki efek yang menghangatkan dan melembutkan perut, juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung , masuk angin, keracunan makanan,  dan mengatasi sembelit atau sebagai pencahar alami.

Menyembuhkan gejala influenza

Jahe merah juga dapat meningkatkan nafsu makan, peluruh keringat, serta mencegah influenza dan mengobati  gejala.

Lihat juga :  Cara Penggunaan dan Manfaat Kunyit untuk wajah dan kulit

Meningkatkan Fitalitas dan stamina

Jika Anda membutuhkan atau memulihkan tamina, teh jahe merah hangat dapat diminum habis bekerja berat seharian. Bahkan jahe merah diyakini dapat meningkatkan fitalitas khusus pria dimalam hari. Jahe merah juga membantu mengatasi kelemahan pada pria, mungkin terkait dengan khasiat melancarkan peredaran darah dan menghangatkan tubuh.

Membantu asma dan bronkitis

Jahe Merah bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan (bronchitis ) , sakit punggung, meredakan asma, sakit kepala dan nyeri otot.

Kemungkinan rasa hangat pada jahe karena adanya kandungan minyak esensial inilah, yang menyebabkan rasa lega pada penderita asma . Selain itu , jahe merah pada dasarnya mengandung zat yang Bronko splasmolitika (agen pereda saluran napas ) .Kemungkinan efek karena antihistamin pada jahe yang dapat meredakan asma.

Khasiat lain

Beberapa khasiat menyembuhkan jahe merah yang banyak disebutkan antara lainnya, Migren, sakit kepala, memperlancar sirkulasi darah, kembung , rematik, amandel, ED,  dan pegal linu. Dikatakan juga bahwa jahe merah bisa berkhasiat sebagai pendongkrak vitalitas pria alami, merangsang produksi ASI, mendorong produksi getah bening, menjaga kekebalan tubuh, dan memperkuat daya tahan sp*rma . Elemen farnesal yang terkandung dalam jahe merah ini juga mampu mencegah proses penuaan dini karena merangsang regenerasi sel kulit .

Karena telah diketahui akan banyaknya khasiat jahe merah, sekarang sudah banyak beredar produk yang mengandung ekstrak jahe merah, baik dalam bentuk bubuk instan, permen , dan sebagainya. Jadi sekarang ada dua pilihan, membuat sendiri teh jahe secara alami, atau secara instan dengan membeli bubuk ekstrak jahe merah.

Perhatian

Bagi penderita sakit maag, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum seduhan jahe merah. Hal ini karena gingerol pada jahe mungkin dapat mengiritasi dan panas pada lambung.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *