Khasiat daun sirih merah

Khasiat sirih merahTelah kita ketahui bahwa daun sirih ada 3 jenis yang ada, yaitu sirih merah, sirih hijau, dan sirih hitam. Namun yang paling banyak digunakan untuk menjaga kesehatan adalah sirih merah dan sirih hijau. Untuk khasiat sirih hijau, kita telah membahas dalam artikel ini.

Advertisement

Sirih merah adalah jenis tanaman sirih yang lebih sulit ditemui daripada sirih hijau. Sirih merah pada umumnya banyak ditanam sebagai tanaman hias, atau tumbuh di perkebunan toga. Awalnya sirih merah ini tumbuh merambat liar di hutan-hutan. Karena diketahui berkhasiat tinggi, maka tanaman ini ditanam oleh masyarakat pedesaan sebagai tanaman untuk obat.

Beberapa senyawa yang terkandung dalam daun sirih merah adalah minyak atsiri , zat tanin, polevenolad, alkolid dan kavikol. Senyawa flavonoid dan polivenol juga ditemukan dalam daun sirih merah adalah senyawa yang dapat mencegah kanker, juga bersifat antiseptik , antiflamasi , antioksidan , dan juga antideabetik.

Manfaat daun sirih merah

Karena sifatnya yang antiseptik, maka daun sirih merah ini memiliki kegunaan terbaiknya adalah mengatasi masalah yang berkaitan dengan bakteri dan jamur. Berikut beberapa khasiat dan kegunaan daun sirih merah:

Mengencangkan organ kewanitaan

Paling banyak daun sirih digunakan untuk mencuci organ intim kewanitaan, dan biasanya para wanita jaman dulu menggunakannya setelah mereka melahirkan. Daun sirih dapat menyebabkan organ intim menjadi kencang kembali setelah melahirkan, serta dapat mengatasi kekeringan genital.

Mengatasi bau organ kewanitaan

Bagi wanita yang telah menginjak usia tiga puluhan, masalahnya kekeringan organ intim sudah jarang terjadi lagi. Namun basah pada organ yang seringkali terjadi dan dapat menyebabkan gatal-gatal  dan bau. Jika wanita mengalami hal demikian, rebus beberapa lembar daun sirih merah dan menggunakan aur rebusannnya untuk cebok(mencuci organ intim).

Lihat juga :  10 Manfaat makan buah alpukat bagi kesehatan

Mengatasi Keputihan

Khasiat daun sirih merah yang paling umum dirasakan adalah mengurangi masalah  keputihan, seperti bau tak sedap, serta menjaga kebersihan organ kewanitaan. Hal ini karena salah satu sifat daun sirih merah yang antiseptik. Caranya, didihkan 7-10 lembar daun sirih merah, kemudian gunakan air rebusan tadi untuk membilas organ kewanitaan.

Menghilangkan bau badan

Ambil 2 atau 3 lembar daun sirih, didihkan dengan air 1/2 gelas, kemudian tambahkan gula secukupnya. Setelah hangat minum air rebusan daun sirih.

Menghilangkan bau mulut

Ambil daun sirih merah yang sudah dicuci bersih, kemudian kunyah, tahan beberapa menit di mulut kemudian keluarkan. Lakukan ini 2 atau 3 kali dalam sehari.

Bisa juga dengan cara merebus 5 atau 6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga dingin, dan gunakan sebagai obat kumur setiap pagi dan sore.

Obat diabetes

Selain sebagai antiseptik, sirih merah juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Minum air rebusan daun sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah ke tingkat normal.

Menghambat pertumbuhan sel Kanker

Daun sirih merah mengandung Senyawa alkoloid, yang  memiliki fungsi yang sama dengan senyawa flavonoid dan polifenol . Yaitu juga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *