Khasiat daun sirih hijau

Khasiat daun sirih hijauDaun sirih dalam tradisi budaya Indonesia sudah tak asing lagi. Daun sirih sebagai bahan utama dari kebiasaan yang disebut “nyirih”, sudah terjadi sejak berabad-abad lalu. Yang jelas, orang yang memiliki kebiasaan nyirih ternyata memiliki gigi dan gusi yang tetap sehat walaupun mereka sudah tua. Kenapa bisa demikian?, hal ini karena khasiat daun sirih yang ditemukan belakangan ini adalah berkhasiat sebagai zat antiseptik. Dengan efeknya yang demikian, maka bakteri perusak gigi tak akan betah dimulut orang yang gemar nyirih.

Advertisement

Selain itu, sejak dulu para wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan, mengesatkan dan mengencangkan organ intim, serta menghilangkan bau tak sedap kewanitaan. Hal ini juga tak lepas dari sifat antiseptik atau anti mikroba pada daun sirih.

Khasiat daun sirih yang berhubungan dengan sifat antiseptiknya lainnya adalah, memperkuat gigi, mengatasi bau badan dan mulut, gatal, mimisan, korengan, keputihan dan sebagai afrodisiak.

Sekilas tentang sirih

Daun sirih yang dikenal ada 3 jenis, yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Namun yang paling banyak dikenal dan digunakan dimasyarakat adalah daun sirih merah dan hijau, yang bisa dibedakan hanya dengan melihat warna daunnya. Daun sirih pada umumnya banyak ditemui ditanam dipekarangan orang yang hidup dipedesaan, dimana mereka masih banyak menggunakan obat dari bahan alami termasuk sirih serta untuk keperluan nyirih. Namun setelah khasiat sirih diketahui secara ilmiah, kini daun sirih sudah banyak dijadikan sebagai bahan untuk sabun kesehatan, obat kebersihan kewanitaan, minyak sirih dll.

Khasiat daun sirih Hijau

Sirih merah maupun sirih hijau sama-sama memiliki khasiat masing-masing. Dan khusus pada artikel ini, kita hanya akan membahas khasiat dari daun sirih hijau. Dan mengenai khasiat sirih merah, ada artikel tersendiri, baca disini.

Lihat juga :  Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Menurut literatur, daun sirih hijau mengandung banyak senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa kandungannya meliputi minyak esensial, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpen, dan gula. Itulah banyak zat yang membuat daun sirih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun sirih hijau bagi kesehatan:

Mampu mengobati sakit gigi, gusi bengkak/berdarah, bau mulut dan sariawan.

Caranya sangat mudah, kunyah daun sirih hijau, atau berkumur dengan air rebusan daun sirih. Maka Sakit gigi maupun gusi bengkak atau sariawan secara bertahap akan hilang. Ketika berkumur dengan rebusan sirih hijau, bau mulut tak sedap juga akan hilang.

Daun sirih hijau menyembuhkan keputihan.

Ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus dengan aur secukupnya. Air rebusan bisa diminum, dan sisanya untuk mencuci organ kewanitaan.

Membantu mengatasi masalah menstruasi

Minum air rebusan daun sirih juga dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Maengobati luka bakar.

Caranya ambil daun sirih hijau, panaskan hingga layu, lalu tempelkan pada luka bakar. Mungkin karena sifat antiseptiknya, sehingga kuman penyebab infeksi tak akan menyentuh luka sehingga cepat sembuh.

Mimisan

Jika terjadi pendarahan hidung  (mimisan), gulungan daun sirih hijau yang disumbatkan di hidung dapat menghentikan pendarahan mimisan.

Meringankan gatal-gatal pada kulit.

Caranya bagian tubuh yang gatal diolesi dengan tumbukan daun sirih hijau, pasti akan mereda atau bahkan hilang sama sekali.

 Antioksidan

Daun sirih juga mengandung zat antioksidan, yang dapat menghilangkan efek radikal bebas berbahaya dari tubuh.

Mengatasi Sembelit

Daun sirih adalah bersifat diuretik, sehingga juga dapat membantu mengobati sembelit.

Lihat juga :  Khasiat daun dan minyak peppermint bagi Kesehatan

Mengurangi peradangan alami

Radang seperti karena akibat jerawat, arthritis dll dapat diatasi dengan cara menempelkan daun sirih hijau yang sudah tumbuk.

Masalah pernafasan dan batuk

Rebusan air daun sirih bisa menjadi obat rumah untuk mengobati batuk. Daun sirih juga berkhasiat untuk orang yang menderita masalah pernapasan seperti asma.

Mengontrol diabetes

Daun sirih memiliki sifat antidiabetes, yang membuatnya menjadi obat rumah yang sangat baik untuk mengontrol diabetes .

Menyembuhkan Luka

Menerapkan daun sirih paste pada luka menyembuhkan dalam waktu 3-4 hari . Hal ini juga mengurangi rasa sakit dan peradangan .

Sakit punggung

Memijat punggung dengan daun sirih yang dicampur dengan minyak akan membvantu untuk melawan nyeri punggung bagian bawah .

Menyehatkan syaraf

Jus daun sirih yang dicampur dengan madu adalah tonik alami yang digunakan untuk mengobati nyeri saraf, kelelahan saraf dan kelemahan.

Jerawat dan bekas luka

Daun sirih yang dibalurkan baik untuk perawatan kulit. Ini akan menghentikan jerawat dan dapat membersihkan bekas luka dari kulit secara alami.

Nah, jangan membiarkan taman bunga Anda kosong. Tanamilah dengan daun sirih yang memiliki banyak khasiat ini. Jika sewaktu-waktu mengalami beberapa masalah kesehatan yang telah disebutkan diatas, Anda hanya tinggal mengambil daun sirih hijau dihalaman Anda.

Advertisement

One thought on “Khasiat daun sirih hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *