Khasiat dan Manfaat Minyak bunga Melati

Khasiat manfaat minyak melatiMinyak Atsiri bunga melati atau minyak Jasmine diekstraksi dari bunga melati yang memiliki berbagai nama ilmiah, diantaranya Jasminum Grandiflora (Royal Jasmine) dan Jasminum officinale (Common Jasmine). Kedua minyak ekstraksi tersebut adalah yang paling banyak tersedia.

Advertisement

Kandungan senyawa utamanya terdiri dari Asam benzoat, benzaldehida, Benzyl asetat, Benzyl Alcohol, Indole, Benzyl Benzoat, Cis – 3 – heksenil Benzoat, Cis – jasmone, Ceosol, Eugenol, Farnesol, Geraniol, linalool, metil anthranilate, P – kresol, nerol, gamma Terpineol, Nerolidol, Isohytol, dan fitol.

Baca juga: Khasiat Minyak Mawar bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Minyak Atsiri bunga melati

Melati adalah bunga yang sangat terkenal, bunganya hanya mekar dimalam hari dan memiliki aroma yang kuat dan wangi. Selain menawarkan aroma yang harum, minyak bunga melati juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikaitkan dengan sifat-sifatnya sebagai antidepresan, antiseptik, afrodisiak, antispasmodic, cicatrisant, nifas, rahim, ekspektoran, penenang, dll. Berikut beberapa khasiat minyak bunga melati:

Antidepresan :

Aroma minyak atsiri melati memiliki efek yang menyenangkan dan membangkitkan semangat pada pikiran dan aktif terhadap depresi. Efek aromatik minyak melati merangsang pelepasan hormon tertentu dalam tubuh, termasuk serotonin, yang mendorong energi dan peningkatan mood.

Antiseptik :

Minyak melati juga merupakan disinfektan atau antiseptik yang sangat baik. Hal ini karena kandungan benzaldehida, Asam benzoat dan Benzyl Benzoat, yang memiliki sifat antikuman, bakterisida, fungisida dan antivirus yang sangat efektif. Ketika oleskan secara topikal pada luka, hal ini akan mencegah terjadinya infeksi dan tetanus. Hal ini juga dapat diaplikasikan secara internal dengan cara dihirup, dan diketahui bisa mengurangi infeksi pada sistem pernapasan dan dapat meringankan pilek dan batuk.

Membantu masalah pernafasan :

Minyak atsiri melati sangat baik untuk mengobati kejang dan relaksasi. Hal ini bisa cepat meredakan batuk, kram, hidung tersumbat, asma, sesak napas dan bahkan kolera spasmodik. Selain itu juga meredakan kram usus dan nyeri akibat kejang di bagian tubuh bagian lain. Kejang adalah kondisi yang bisa berbahaya, dan bahkan bisa mematikan, sehingga setiap zat yang bisa meringankan kondisi serius ini sangat membantu.

Lihat juga :  Manfaat dan penggunaan Minyak Cengkeh

Aphrodisiac :

Sifat afrodisiak dari minyak melati adalah membuat Anda merasa romantis atau cinta. Minyak ini akan membawa orang kedalam suasana hati yang baik untuk cinta dan juga meningkatkan li bi do. Semprotkanlah minyak melati didalam ruangan Anda dimalam-malam yang menyenangkan bersama pasangan. Hal ini juga bisa membantu menyembuhkan masalah-masalah yang berhubungan dengan keharmonisan pasangan. Dampak minyak melati akan memicu hormon dan reaksi kimia dalam tubuh, sehingga gairah Anda akan tercipta dengan cepat.

Memudarkan bekas luka :

Apakah Anda bermasalah dengan tanda bekas luka atau bintik-bintik bekas bisul, jerawat, atau luka lainnya?. Cobalah minyak melati, karena sifat cicatrisant-nya bisa membantu memudarkan tanda bekas luka atau jerawat. Hal ini juga dapat membantu Anda menghilangkan celah-celah lemak yang sering terjadi pada ibu hamil .

Ekspektoran :

Sifat Ekspektoran minyak melati bisa membantu masalah batuk atau demam, sehingga Anda bisa tertidur dengan pulas. Hal ini karena minyak ini membantu mengeluarkan dahak pada saluran pernapasan. Selain itu juga membantu menghilangkan dengkuran, dengan cara membersihkan  hidung tersumbat dan saluran pernapasan.

Memudahkan tidur :

Kombinasi dari sifat minyak melati menjadikannya sebagai alat yang ideal untuk membuat tidur kita menjadi pulas dan lama. Hal ini karena sifat ekspektoran, penenang, dan antispasmodic yang tergabung menjadi satu, dan menciptakan situasi nyaman yang membuat Anda tertidur nyenyak sepanjang malam.

Membantu mengatasi berbagai masalah haid :

Sifat senyawa ini maksudnya bisa membantu wanita yang menderita masalah haid tidak teratur, terhambat, sakit menstruasi, atau menopause sebelum waktunya. Senyawa emmenagogue minyak melati akan membantu mengatur siklus menstruasi, dan membuatnya menjadi lancar dan tanpa sakit. Hal ini juga membantu mengatasi masalah lain yang terkait dengan menstruasi, seperti kelelahan, gangguan mual, dan perubahan suasana hati. Mengatur periode haid juga merupakan cara yang baik untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh Anda, yang dapat membantu menjaga sejumlah besar fungsi tubuh lain yang terjadi secara alami dan dengan cara yang sehat.

Lihat juga :  Menggunakan Minyak Zaitun untuk Pengobatan

Kesehatan Kulit :

Minyak Jasmine juga telah lama dihubungkan dengan perawatan kulit, khususnya dalam hal merawat kulit kering, rapuh, atau dehidrasi. Namun karena tidak memiliki efek nonsensitisasi tertentu, maka bisa tidak menyenangkan jika digunakan pada kulit pecah-pecah atau luka yang terbuka, karena dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Namun itu masih sering digunakan untuk pengobatan eksim dan dermatitis.

Merangsang sekresi air susu ibu (ASI) :

Minyak esensial melati bisa meningkatkan sekresi susu, sehingga sangat baik untuk ibu yang menyusui. Senyawa ini juga membantu melindungi wanita dari tumor atau kanker payud*ra.

Membantu wanita yang dalam masa nifas :

Minyak melati juga bisa memfasilitasi dan memudahkan proses melahirkan dan mengurangi nyeri persalinan. Manfaat ini bisa sangat bermanfaat bagi ibu pasca persalinan yang normal, karena proses pemulihan setelah melahirkan lebih cepat dan mengurangi sakit. Selain itu juga dapat memperkuat kontraksi, sehingga bisa mempersingkat waktu melahirkan. Banyak wanita yang menderita depresi post partum, dan minyak esensial melati akan membantu karena memiliki sifat antidepresan.

Menenangkan:

Minyak melati bersifat menenangkan tubuh, pikiran, dan jiwa, juga menciptakan emosi yang positif dan konstruktif. Hal ini tentu bisa membantu mengurangi kecemasan, stres, jengkel, marah dan depresi. Meskipun penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan, sifat obat penenang dan anti inflamasi minyak melati mungkin bisa memberikan manfaat kesehatan, mengurangi rasa sakit yang terkait arthritis dan gout.

Kesehatan rahim :

Minyak ini juga baik bagi kesehatan rahim, karena mempromosikan sekresi hormon tertentu yang menunjang berfungsinya organ dengan baik. Hal ini juga akan membantu melindungi rahim dari tumor, terutama setelah menopause dengan cara membatasi estrogen.

Perhatian :

Wanita hamil sebaiknya menghindari menggunakan minyak melati karena bisa merangsang kontraksi rahim. Karena bisa memberikan perasaan yang sangat santai dan menenangkan, maka hindari penggunaan berlebihan. Orang yang alergi terhadap minyak melati juga harus menghindari penggunaannya.

Minyak Atsiri melati bisa menyatu dengan baik jika digabungkan dengan minyak Bergamot, minyak cendana, minyak mawar, dan minyak atsiri jeruk.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *