Khasiat dan Manfaat Kangkung

khasiat kangkungKangkung?, siapa sih yang tidak mengenalnya?.. Orang-orang umumnya menganggap kangkung sebagai makanan yang bisa membuat mengantuk. Benarkah demikian?, lalu apakah ada manfaat lain kangkung bagi kesehatan?

Advertisement

Kangkung sebenarnya sudah dikenal di banyak penjuru dunia dengan berbagai macam sebutan, diantaranya Kangkong (Thailand), Kangkung(Vietnam dan Indonesia), Kankun, Water spinach (Inggris), Weng Cai (China) Water morning glory, River spinach, Water convolvulus, Swamp cabbage, Chinese spinach, dll. Kangkung termasuk dalam keluarga kangkung-kangkungan Convolvulaceae, yang merupakan tanaman yang tumbuhnya sangat cepat dan mudah hidup. Ia memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica, merupakan tanaman tropis yang media hidupnya di air dan tanah lembab. Kangkung juga mudah tumbuh subur didaerah subtropis, namun seringkali banyak ditemukan didaerah Aia tenggara. Di Indonesia khususnya atau di Asia tenggara pada umumnya, kangkung adalah makanan yang populer, dan banyak ditemukan disebagian besar masakan. Daun dan batang ujung kangkung yang masih muda bisa dimakan mentah sebagai salad, atau masak sebagai sayuran dan tumis.

Kangkung mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin A, B, C, fosfor, zat besi, serat, selenium, asam amino, dan kalsium.

Khasiat dan manfaat sayur kangkung bagi kesehatan :

Mengatasi insomnia

Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Anti toksin dan Mencegah sembelit :

Kangkung memiliki sifat antiracun, sehingga bermanfaat untuk meringankan sakit bisul, hingga perawatan kulit. Hal ini juga meringankan sembelit, karena kangkung juga tinggi mengandung serat.

Lihat juga :  Kandungan Gizi yang terdapat pada Sayuran

Mengandung zat besi

Pada umumnya orang mengenal bayam untuk menambah asupan zat besi secara alami. Namun jika Anda mengkonsumsi kangkung, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Sayuran air ini menawarkan Anda zat besi sekitar 2,5mg per 100 gramnya, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.

Anti diabetes melitus

Kangkung yang diekstrak ternyata merupakan bantuan yang baik untuk diabetes melitus. Hal ini karena zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.

Kekebalan tubuh terhadap virus flu biasa

Kangkung ternyata sangat banyak mengandung vitamin C, sehingga merupakan penangkal serangan influenza yang sangat baik. Bahkan diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan.

Menyehatkan penglihatan

Kangkung juga sangat tinggi vitamin A, yaitu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata kita.Vitamin A adalah antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata kita. Jika tak ingin menderita katarak, atau degenerasi manula, serta gangguan kesehatan mata lainnya, perbanyak konsumsi vitamin A alami, termasuk dari sumber kangkung.

Anti parasit usus

Kangkung yang dikonsumsi mentah dapat Kangkung bila dimakan mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis.

Ibu hamil dan menyusui :

Kangkung dianggap aman jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Dan sebenarnya di India kangkung juga digunakan untuk mengobati diabetes selama kehamilan.

Kesehatan hati atau liver

Menurut penelitian, kangkung dikatakan bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhada modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.

Khasiat untuk obat

  1. Kangkung sebagai obat tapal untuk mengatasi penyakit kulit seperti kurap, kudis, dll
  2. Kangkung sebagai bantuan untuk keracunan, yang membantu memuntahkan kembali pada orang yang keracunan.
  3. Jus kangkung yang dicampur dengan air untuk mengompres demam.
  4. Rebusan air Kangkung bisa untuk mengobati sembelit.
  5. Kangkung  bisa untuk mengobati cacingan
  6. Untuk mengobati penyakit kuning dan masalah liver.
  7. Daun kangkung bisa untuk membantu mengobati diabetes pada wanita hamil.
  8. Kangkung juga digunakan sebagai obat  untuk membantu relaksasi dan tidur.
Lihat juga :  Manfaat petai bagi kesehatan

Demikian khasiat serta manfaat kangkung bagi kesehatan kita. Namun bagi penderita asam urat, sebaiknya tidak banyak atau sering mengkonsumsi kangkung.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *