Khasiat Bawang putih

khasiat bawang putihBawang putih selama ini banyak dikenal sebagai bahan untuk membuat rasa sedap pada masakan. Namun ketahuilah, bahwa sebenarnya bawang putih adalah bahan ramuan yang berkhasiat bagi kesehatan.Selama bertahun-tahun, bawang putih telah banyak digunakan sebagai obat untuk mencegah atau mengobati berbagai macam penyakit.

Advertisement

Bawang putih pada umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah. Termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, serangan jantung , dan pengerasan arteri  ( aterosklerosis ) . Beberapa khasiat dan manfaat bawang putih tersebut telah didukung secara ilmiah. Bawang putih pada dasarnya efektif untuk memperlambat perkembangan aterosklerosis, dan dampak sederhananya adalah dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Apa yang menyebabkan khasiat pada bawang putih?

Bawang putih mengandung senyawa kimia yang disebut dengan nama allicin. Inilah sepertinya yang membuat bawang putih mampu bekerja untuk mengatasi kondisi tertentu seperti tersebut diatas. Allicin adalah zat yang juga membuat bau menyengat pada bawang putih. Sayangnya, bau ini pada umumnya juga membuat orang tak suka menggunakan bawang putih. Namun masih banyak cara untuk mengkonsumsi bawang putih demi kesehatan, tanpa harus terganggu oleh baunya. Salah satunya adalah dalam bentuk suplemen. Atau bisa menggunakan cara alami yang lebih baik, yaitu dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu, kemudian menelannya bersama makanan atau nasi.

Khasiat Bawang putih

Pencegahan kanker

Beberapa orang meyakini bahwa bawang putih berkhasiat untuk mencegah kanker usus besar, kanker kolorektal, kanker perut , kanker pay*d*ra , kanker prostat , dan kanker paru-paru . Bahkan juga digunakan untuk membantu mengobati kanker prostat dan kanker kandung kemih .

Pengobatan berbagai penyakit

Bawang putih juga telah dicoba untuk mengobati pembesaran prostat ( benign prostatic hyperplasia , BPH ) , diabetes, osteoarthritis , alergi rinitis , diare, tekanan darah tinggi pada akhir kehamilan ( pre – eklampsia ) , demam dan flu. Juga digunakan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah gigitan kutu, dan mencegah dan mengobati infeksi bakteri dan jamur .

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Merica

Khasiat bawang putih lainnya  termasuk dapat pengobatan batuk,sakit kepala, sakit perut, sinus, asam urat, rematik , wasir ,asma, bronkitis, sesak napas, tekanan darah rendah, gula darah rendah, gula darah tinggi, dan gigitan ular. Juga dapat digunakan untuk memerangi stres dan kelelahan, serta untuk menjaga fungsi hati yang sehat .

Mengobati infeksi Jamur

Beberapa orang menerapkan minyak bawang putih pada kulit untuk mengobati infeksi akibat jamur, kutil, dan bisul. Ada beberapa bukti yang mendukung penggunaan topikal(oles) bawang putih untuk infeksi jamur,  seperti kurap, gatal , dan kaki bengkak, tetapi efektivitas bawang putih terhadap kutil dan bisul masih belum pasti .

Efek anti bakteri

Sementara itu, beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa bawang putih mungkin bisa berperan sebagai aditif makanan untuk mencegah keracunan makanan. Ada beberapa bukti bahwa bawang putih segar dapat mematikan bakteri jenis merugikan tertentu, seperti E. coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella enteritidis di laboratorium .

Produk bawang putih

Ada banyak macam produk terkait bawang putih yang dijual untuk tujuan pengobatan . Jumlah kadar allicin , atau bahan aktif yang merupakan sumber bau khas bawang putih , tergantung pada metode pengolahan. Senyawa Allicin ini tidak stabil, dan dapat berubah menjadi senyawa kimia yang berbeda dengan cepat. Beberapa cara pengolahan bawang putih yang menjadikan bawang putih tidak berbau, mungkin mengandung sangat sedikit allicin. Pilihan penggunaan secara alami(segar) mungkin akan lebih baik, karena senyawa alicin yang ada masih utuh.

Efek samping bawang putih

Bawang putih dapat membuat darah menjadi lebih encer, itulah mungkin salah satunya baik untuk mengatasi darah tinggi. Namun, jika Anda akan menghadapi prosedur bedah sebaiknya tidak mengkonsumsinya, hal ini karena dapat menyebabkan perdarahan lebih banyak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *