Khasiat Bawang Dayak untuk Pengobatan

khasiat bawang dayakBawang Dayak, mungkin hanya sebagian saja orang yang sudah pernah mendengar dan mengetahui akan manfaatnya bagi kesehatan. Lalu apa sih Bawang Dayak tersebut?… Bawang Dayak atau dengan sebutan lain Bawang Sabrang, tak banyak literatur kompeten yang membahasnya secara lengkap. Menurut Wikipedia Indonesia Bawang dayak adalah salah satu kultivar bawang yang berasal dari Amerika, yang tumbuh baik didaerah pegunungan di sekitar ketinggian 600–1500 m dpl.

Advertisement

Bawang Dayak memiliki nama ilmiah Eleutherine bulbosa, yang berasal dari famili Iridaceae dari genus Eleutherin. Tanaman ini menyukai lahan terbuka yang memiliki kelembaban tinggi dan berhumus tebal, dan biasanya tumbuh liar dihutan. Bawang  Dayak memiliki bunga berkelopak lima yang bewarna putih dan hanya akan tumbuh pada saat gelap, dengan daun yang beralur mirip dengan daun anggrek tanah. Namun umbi bawang dayak sangat mirip dengan umbi bawang merah, begitu juga dengan warnanya.

Khasiat Bawang Dayak untuk Pengobatan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang dayak ini banyak mengandung senyawa-senyawa aktif seperti Alkaloid, Saponin, Triterfenoid, Steroid, Glikosida, Tanin, Fenolik dan Flavonoid, yang semuanya telah diakui memiliki sifat antioksidan dan umum sebagai bahan pembuatan obat.

Dengan demikian tak heran bahwa bawang dayak banyak digunakan sebagai obat herbal, yang diyakini dapat mengobati penyakit berat seperti kanker dan penyakit jantung koroner, serta bisa meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, tanaman ini juga diyakini bisa mengobati penyakit lain seperti :

Mengobati sembelit

Secara alami, masyarakat dayak kalimantan sudah memanfaatkan khasiat bawang sabrang untuk mengatasi berbagai keluhan kondisi perut seperti disentri dan sembelit.

Diabetes

Jika dikonnsumsi,  ekstrak dari bawang dayak bisa membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes.

Lihat juga :  Khasiat Teh Ginseng bagi Kesehatan

Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang banyak disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, seperti diet yang tidak sehat dan aktifitas fisik yang buruk. Nah, antioksidan yang tinggi dari bawang dayak ini bisa membantu menurunkan hipertensi ringan, jika di sertai dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik seperti diet sehat dan berolahraga teratur.

Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang organ hati. Pada hepatitis C, jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kanker hati atau sirosis yang bisa berakhir dengan gagal hati. Nah karena bawang dayak tinggi mengandung antioksidan, maka seseorang yang menggunakan herbal ini bisa terhindar dari virus hepatitis yang sangat menular ini. Namun bagi orang yang menderita penyakit kuning akibat hepatitis juga perlu untuk tetap mendapat penanganan secara medis.

Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi yang umumnya menyerang paru, dan sangat menular yang disebabkan oleh infeksi berbagai bakteri micobakteria. Karena terinfeksi oleh kuman, maka seseorang perlu untuk memiliki pertahanan tubuh yang kuat agar TBC bisa pulih secepatnya. Selain harus mengonsumsi obat TBC secara rutin dan sangat teratur, untuk meingkatkan kekebalan tubuh orang bisa mengiringinya dengan mengonsumsi suplemen seperti bawang dayak.

Asam urat dan radang prostat dan ambeien

Asam urat yang sudah parah bisa menyebabkan gout athritis, yaitu radang sendi menyakitkan akibat manifestasi asam urat yang berbentuk kristal dalam persendian. Bawang dayak menunjukkan sifat anti radang, sehingga mungkin dapat membantu meredakan sakit akibat radang sendi, atau peradangan lain termasuk radang prostat dan ambeien.

Peluruh lemak, dan kolesterol tinggi.

Khasiat alamiah karena zat aktif yang terkandung dalam bawang dayak termasuk bisa membantu meluruhkan timbunan lemak pada tubuh kita. Hal ini juga termasuk dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit arteri dan jantung koroner.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Anti bakteri dan mikroba

Bawang dayak memiliki kandungan zat bioaktif  yang bersifat anti bakteri, antivirus, dan mikroba sehingga kita tidak mudah terkena berbagai infeksi baik itu oleh bakteri, virus, atau jamur yang setiap hari mengintai kita. Tak hanya itu, antioksidan dari bawang dayak juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dampak radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Cara mengonsumsi

Selain mengonsumsi bawang dayak dalam bentuk ekstrak yang dikapsulkan, Anda juga bisa mengonsumsi dalam bentuk segar dengan cara mengambil  6 siung bawang dayak yang sudah dicuci dan di potong -potong kecil kemudian direbus dengan 2 gelas air; sisakan satu gelas dan diminum setelah dingin.

Demikian khasiat dan manfaat bawang dayak atau bawang sabrang untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang khasanah tanaman herbal di Indonesia.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *