Apakah Makan Kentang bisa Menggantikan Nasi?

manfaat kentang rebusSupaya mendapatkan gizi yang lengkap, seseorang harus mendapatkan karbohidrat, protein, dan vitamin plus mineral setiap hari dari makanan. Protein untuk membangun otot dan jaringan tubuh, vitamin untuk fungsi organ dan menjaga kesehatan, sementara karbohidrat sebagai sumber energi. Sebagai makanan pokok, nasi memang cocok sebagai sumber karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari.  Apakah hanya nasi sebagai sumber karbohidrat satu-satunya yang baik?… Tidak juga, karena masih ada roti, dan makanan alami lain yaitu kentang. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks, yaitu yang bersifat lama dicerna sehingga mengenyangkan lebih. Sementara itu karbohidrat sederhana, adalah jenis karbohidrat yang bersifat lebih cepat dicerna, sehingga kita akan lebih cepat merasa lapar kembali. Selain roti, kentang dan nasi merupakan golongan sumber karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber karbohidrat yang lebih sehat. Beberapa orang beranggapan jika lebih baik mengganti nasi dengan kentang, yang bertujuan untuk diet tertentu terutama menurunkan berat badan. Apakah benar seperti itu?… Baca lebih banyak untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Advertisement

Kentang dan Nasi

Dari segi Gizi

Beras dan kentang adalah sumber karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi yang paling disenangi oleh tubuh kita. Nasi putih yang diperkaya mengandung beberapa vitamin B kompleks yaitu thiamin, niacin, asam folat, dan zat besi, sementara itu beras merah ada tambahan serat. Kentang secara alami mengandung vitamin C dan kalium, sementara itu ubi jalar juga mengandung beta karoten pro vitamin A. Kentang menyediakan serat didalam kulitnya .

Apakah makan karbohidrat dari kentang bisa membuat gemuk?

Satu mangkuk nasi putih akan memberikan tubuh kita sekitar 200 kalori, yaitu yang setara dengan 4 buah kentang rebus berukuran sebesar telur ayam. Makan kentang maupun nasi tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk. Yang bisa membuat gemuk itu adalah cara memasak yang menambahkan kalori ekstra.

Lihat juga :  10 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Satu porsi kecil kentang yang digoreng menyediakan sekitar 230 kalori. Apalagi kentang yang dibalut dengan mentega, margarin, atau krim yang banyak kalori. Demikian juga halnya dengan nasi goreng atau nasi jenis lain yang dimasak dengan tambahan kalori. Jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, maka Anda bisa mendapatkan kelebihan kalori. Jika energi ini tidak dipergunakan dalam berbagai aktifitas fisik, maka kelebihan energi ini selanjutnya akan dikonversi dan disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Cara sehat memasak nasi maupun kentang

Metode sehat memasak kentang dan nasi adalah seperti merebus, mengukus, memanggang, oven microwave, atau rice cooker. Baca juga : Manfaat Kentang Rebus Bagi kesehatan

Jika ingin memakan kentang tumbuk yang sehat, Anda bisa mengganti lemak (krim,mentega, margarin) dengan susu skim atau susu rendah lemak. Cara ini akan membuat tekstur kentang yang lembut, serta menambahkan kalsium lebih banyak.

Nasi dan kentang, keduanya adalah sumber karbohidrat kompleks yang disukai tubuh. Keduanya bisa menjadi bagus atau tidak bagi kesehatan tergantung dengan metode persiapannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *