Kebiasaan sehat menurunkan resiko penyakit jantung pada perempuan

Tips Cara menurunkan berat badan tanpa dietStudi terbaru menunjukkan bahwa hingga 3/4 resiko serangan jantung pada wanita muda bisa dicegah jika mau mengikuti sejumlah praktik gaya hidup sehat. Penelitian yang melibatkan hampir 70.000 wanita selama dua dekade mendokumentasikan semua kasus penyakit jantung dan kematian yang terjadi pada peserta selama masa studi, dan setiap dua tahun peneliti  melihat 6 aspek gaya hidup pada perempuan : mer*kok, konsumsi alk*hol, indeks massa tubuh(BMI), aktivitas fisik, kebiasaan menonton TV, dan kualitas diet. Kata seorang peneliti di Indiana University School of Public Health-Bloomington, mereka melakukan studi ini untuk mencari tahu kontribusi apa dalam kasus penyakit jantung yang bisa dikaitkan dengan kebiasaan yang tidak sehat. Baca juga : Makanan untuk Jantung agar Sehat

Advertisement

Ada 6 langkah penerapan gaya hidup sehat yang signifikan mengurangi resiko penyakit jantung pada perempuan

Secara umum risiko orang meninggal akibat penyakit jantung di AS telah menurun selama beberapa dekade. Tapi wanita usia 35-44 belum menunjukkan penurunan yang sama seperti pda kelompok lain, dan peneliti berpikir bahwa perbedaan ini bisa dijelaskan oleh pilihan gaya hidup.

Kebiasaan yang sehat itu menurut peneliti

Pada awal penelitian, para wanita peserta yang berusia rata-rata 37 tahun, serta orang-orang yang mengembangkan penyakit jantung selama masa studi melakukannya rata-rata pada usia 50. Para peneliti mendefinisikan untuk menjadi sehat perlu melakukan 6 kebiasaan, yaitu tidak mer*kok, mengkonsumsi tidak lebih dari satu minuman beralk*hol setiap hari, memiliki BMI normal (18,5 – 24,9), berolahraga minimal sebanyak 2,5 jam setiap minggu, membatasi menonton TV hingga 7 jam seminggu, dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan sayuran dan biji-bijian, serta mengurangi daging merah, biji-biiian olahan, dan mengurangi gula.

Lihat juga :  Mencegah batu ginjal dengan minum air kelapa

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang menerapkan kebiasaan yang sehat dalam enam aspek gaya hidup diatas memiliki risiko 92% lebih rendah terkena serangan jantung, dan 66%  lebih rendah resiko mengembangkan faktor resiko untuk penyakit jantung – seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi – jika dibandingkan dengan wanita yang menjalani 6 langkah kebiasaan tidak sehat.

Peneliti mengungkapkan bahwa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 3/4 dari kasus serangan jantung pada wanita dalam rentang usia ini, dan hampir setengah dari semua faktor risiko yang ada pada peserta bisa dicegah jika mereka sudah menjalani gaya hidup sehat.

Faktor untuk resiko penyakit jantung

Menjalani gaya hidup sehat dengan cara makan sehat dan berolahraga lebih sering direkomendasikan pertamakali untuk orang-orang dengan gula darah tinggi, kolesterol tinggi atau faktor risiko lain terhadap penyakit jantung. Sejalan dengan saran tersebut, ketika para peneliti memeriksa wanita yang sudah mengembangkan faktor risiko untuk penyakit jantung (bukan yang benar-benar memiliki serangan jantung), mereka menemukan bahwa wanita yang mengikuti setidaknya empat langkah gaya hidup sehat lebih rendah risiko mengembangkan penyakit jantung secara nyata, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan bagian rekomendasi dari kebiasaan yang sehat.

Wanita harus mulai mengikuti langkah pelaksanaan gaya hidup ini sejak awal, terutama jika sudah mengambil obat untuk faktor risiko seperti hipertensi atau kolesterol tinggi,. Ini adalah cara paling mudah untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *