Kebiasaan makan yang boleh dan tidak selama kehamilan

Selama kehamilan, sudah pasti seorang ibu membutuhkan asupan gizi yang lebih baik untuk menjaga kondisinya sendiri serta janin yang dikandungnya. Makanan sehat dengan gizi lengkap juga akan menunjang kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janin yang sehat. Adalah mitos yang masih banyak berkembang dikalangan masyarakat yang mengatakan bahwa, ibu hamil harus makan lebih banyak karena dia harus memberi makan untuk 2 orang. Terlalu banyak makan terutama kalori tinggi bisa membuat sang ibu menjadi kegemukan selama hamil, juga bisa menyebabkan janin tumbuh lebih besar yang bisa menyulitkan kelahiran normal. Kegemukan bagi ibu selama hamil juga bisa menyebabkan masalah tersendiri, termasuk menyebabkan masalah obesitas pasca melahirkan.

Advertisement

Baca juga : Akibat jika Ibu hamil kurang mendapat asupan gizi

Nah apa saja diet yang boleh dan tidak bagi wanita selama hamil?

Cukup asupan kalori

Setiap wanita hamil perlu mengerti bahwa sebenarnya dia tidak makan untuk memenuhi kebutuhan dua orang. Mereka hanya membutuhkan asupan kalori sekitar 300 kalori lebih seperti pada diet normal.

Dapatkan kalori sehat dari berbagai makanan

Wanita hamil perlu memperoleh kalori yang dibutuhkan dari semua kelompok makanan, dan bukan hanya dari lemak. Makanan cepat saji seperti burger, mie instan, kue-kue, gorengan, lebih banyak memberikan kalori, bahkan tak ada nilai gizi.

Makan banyak sayuran hijau.

Sayuran hijau adalah sumber zat besi yang baik, dan sangat dibutuhkan untuk membantu sel-sel darah merah bisa membawa oksigen dengan lebih baik. Lebih banyak oksigen dalam darah berarti nutrisi bisa didistribusikan dengan baik dan lancar ke berbagai bagian tubuh, sehingga kesehatan menjadi lebih baik bagi ibu dan janin yang dikandung. Baca juga : Kandungan Gizi yang terdapat pada Sayuran

Lihat juga :  TOP 12 Makanan Sehat Agar Bisa Hamil Bayi laki-laki

Buah ara kering

Sertakan buah ara kering dalam diet Anda untuk memenuhi keinginan makanan manis Anda. Selain untuk mencegah sembelit, buah ara kering juga merupakan sumber kalsium yang baik.

Mendapatkan asupan asam folat

Taburkan biji wijen pada salad, karena mengandung asam folat yang sangat penting untuk sintesis DNA yang tepat pada perumbuhan janin, dan meningkatkan kesehatan ibu hamil. Baca juga : Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

Makan protein berkualitas baik.

Protein bisa dipadu dengan sayuran hijau. Makanan sumber protein misalnya tahu, tempe, kacang-kacangan, daging, ayam, dan susu.

Minum jus sehat buatan sendiri

Diantara waktu makan bisa membuat sendiri  jus sayuran atau buah segar untuk tambahan yang sehat bagi diet Anda, bukannya memilih cemilan tinggi kalori yang tidak sehat.

Tidak perlu minum terlalu banyak susu.

Banyak kesalahpahaman diantara ibu-ibu yang mengatakan bahwa semakin banyak minum susu maka semakin baik.

Makan makanan sehat pada saat tepat

Tidak semua ibu memiliki ngidam selama kehamilan. Mengidam biasanya terjadi ketika makanan tidak seimbang, dan setelah ibu hamil mulai makan-makanan sehat pada saat yang tepat, rasa ngidam biasanya akan menurun.  Buah dan sayuran yang mengandung asam folat tinggi

Untuk Morning sickness

Banyak wanita yang mengalami gejala morning sickness pada tiga bulan pertama kehamilan. Untuk mengalahkan kondisi ini, ibu hamil bisa mencoba makan roti panggang atau minum jahe untuk membantu meredakan rasa mual; hal ini seringkali bisa membantu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *