Karbohidrat penting untuk kesehatan, pilih jenis yang Sehat

Roti yang sehatKarbohidrat adalah bagian dari diet yang sehat seimbang, yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Namun beberapa orang mungkin menghindari karbohidrat hanya sekedar untuk menurunkan berat badan. Apakah itu sehat?… Baca lebih banyak artikel ini untuk memperoleh informasinya!

Advertisement

Yang paling penting adalah memilih jenis karbohidrat sehat untuk dikonsumsi, karena beberapa makanan sumber lebih sehat daripada yang lain. Jumlah karbohidrat dalam makanan (tinggi atau rendah) tak begitu penting jika dibandingkan dengan jenis karbohidrat yang ada dalam makanan. Sebagai contoh karbohidrat sehat, yaitu yang berasal dari biji-bijian seperti gandum, rye, barley, beras merah, dan quinoa. Hal ini adalah pilihan yang lebih baik daripada karbohidrat yang berasal dari roti putih atau kentang goreng. Beras merah misalnya, lebih baik daripada beras putih karena dikemas dengan serat dan nutrisi lainnya seperti vitamin B. Sementara itu roti putih adalah karbohidrat sederhana, yaitu jenis yang lebih cepat dicerna tanpa keunggulan serat, yang membuat Anda cepat lapar kembali dan bahkan cepat menaikkan tingkat gula darah.

Banyak orang yang kurang paham tentang karbohidrat, namun yang perlu diingat bahwa lebih penting untuk mengkonsumsi dari makanan sehat, daripada mengikuti diet ketat yang membatasi atau menghitung jumlah asupan karbohidrat.

Baca juga : Top Makanan Mengandung Karbohidrat Tinggi

Apakah karbohidrat?

Karbohidrat ditemukan dalam banyak makanan, baik makanan yang sehat  maupun yang tidak sehat ; roti, kacang-kacangan, susu, jagung, kentang, kue-kue, spagheti, minuman ringan, jagung, dan masih banyak lagi. Hal ini juga hadir dalam bermacam bentuk, dan yang paling umum dan paling banyak adalah gula, serat, dan pati.

Makanan tinggi karbohidrat merupakan bagian yang penting dari diet yang sehat. Karbohidrat berguna untuk memberikan glukosa pada tubuh, yang akan dirubah menjadi energi untuk digunakan untuk menunjang berbagai fungsi tubuh dan aktivitas fisik. Namun kualitas karbohidrat adalah yang terpenting; dan beberapa jenis makanan kaya akan karbohidrat yang lebih baik daripada yang lain.

Lihat juga :  Nutrisi penting untuk Kulit yang Sehat dan awet muda

Sumber karbohidrat sehat yang diolah secara minimal, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan-mempromosikan kesehatan yang baik; dengan serta memberikan vitamin, mineral, serat, dan sejumlah fitonutrisi penting. Sementara itu sumber karbohidrat dari golongan yang kurang sehat termasuk roti putih, kue-kue, soda, dan makanan olahan atau makanan halus lainnya. Item makanan ini mengandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna, yang efeknya bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat, mengganggu program diet penurunan berat badan, bahkan mempromosikan penyakit diabetes dan bahkan penyakit jantung.

Isilah sebagian besar piring Anda dengan karbohidrat yang sehat – dengan sayuran dan buah-buahan yang memenuhi sekitar hampir setengah dari piring Anda. Sementara itu biji-bijian mengisi sekitar seperempat dari piring Anda.

Beberapa tips untuk menambah karbohidrat yang sehat untuk diet Anda yang bisa Anda coba :

1. Mulailah dengan biji-bijian.

Sereal panas atau sereal dingin yang berbahan dari gandum dan rendah gula. Pilih sereal yang setidaknya menyediakan 4 gram serat, serta dengan gula yang kurang dari 8 gram per porsi.

2. Roti gandum untuk makan siang atau camilan.

Bingung menemukan roti gandum? Carilah roti yang berbahan utama gandum, gandum murni, atau roti gandum lebih baik yang dibuat hanya dengan gandum. Cari tahu juga info  ini : Cara memilih Roti yang baik bagi Kesehatan

3. Jangan hanya roti

Roti Gandum pun juga seringkali dibuat dengan tepung halus, dan semua produk roti juga seringkali mengandung tinggi sodium. Jangan hanya melulu memilih roti, cobalah yang lain misalnya gandum dalam bentuk salad, beras merah atau quinoa. Baca juga : Yang terbaik apakah Beras merah atau Beras Putih?

4. Pilih buah segar utuh, bukan jus.

Satu buah jeruk menyediakan dua kali lebih banyak serat, dan lebih sedikit gula dari pada jus jeruk. Jus buah biasanya hanya sedikit unsur buah atau seratnya, dan juga ditambah dengan gula. Baca juga : Apakah Jus buah Kemasan itu Baik bagi Kesehatan?

Lihat juga :  Telur tinggi Kolesterol, berapa banyak kita makan?

5. Ganti keripik kentang

Daripada makan camilan keripik kentang – yang telah diketahui meningkatkan berat badan -, lebih baik memilih kacang sebagai sumber karbohidrat kompleks yang lambat dicerna dan lebih sehat. Kacang dan kacang-kacangan lain seperti buncis juga menawarkan protein yang sehat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *