Kandungan nutrisi serta Manfaat buah Pepaya bagi kesehatan

Kandungan nutrisi serta Manfaat buah Pepaya bagi kesehatanPepaya seringkali dikatakan sebagai buah makanan rakyat. Hal ini mungkin karena buah pepaya harganya murah, namun memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan lengkap.  Banyak ahli gizi yang berpendapat bahwa buah pepaya ini adalah makanan terbaik yang dapat membantu detoksifikasi tubuh. Nah, apalagi alasan yang membuat kita enggan untuk makan pepaya yang manis dan lezat ini?…

Advertisement

Kandungan nutrisi buah pepaya

Pepaya rendah mengandung lemak dan 0 kolesterol, namun kaya dengan beragam nutrisi yang sangat dubutuhkan oleh tubuh setiap hari. Pepaya mengandung Carbohydrates (9.81g), serta serat 1.80 g atau 4.5% dari total kebutuhan harian disarankan.

Pepaya mengandung beberapa vitamin b kompleks dalam jumlah yang baik, seperti folat, Niacin, Pantothenic acid, Pyridoxine, Riboflavin , serta Thiamin. Vitamin penting lain yang bisa diperoleh dari pepaya adalah Vitamin A , Vitamin C , Vitamin E , dan Vitamin K . Pepaya juga mengandung elektrolit dengan jumlah yang cukup baik, yaitu kalium serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, pospor, dan zinc,. Fitonutrisi penting yang ditemukan dalam pepaya yaitu betakaroten (276 µg) , Beta Crypto-xanthin (761 µg) dan Lutein-zeaxanthin (75 µg).

Papain

Pepaya ditemukan mengandung senyawa kimia yang disebut Papain. Papain ini  biasanya digunakan tubuh untuk membantu pencernaan, tepatnya dapat mempromosikan pencernaan protein lengkap. Papain lebih menguntungkan karena ia bekerja di berbagai tingkat pH, sementara enzim pencernaan yang diproduksi oleh tubuh memerlukan tingkat keasaman tertentu agar bisa membantu.

Khasiat dan manfaat buah pepaya

Mencegah hipertensi .

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam pepaya berguna untuk mengontrol natrium, yang pada akhirnya memiliki salah satu manfaat bagi kesehatan untuk membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kewaspadaan mental .

Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A pada buah pepaya akan membantu untuk meningkatkan penglihatan. Mengkonsumsi 3 atau lebih porsi buah pepaya per hari dapat menjaga penglihatan tetap normal, serta menurunkan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa tua.

Lihat juga :  Makanlah Buah ini untuk Mengatasi Insomnia Anda!

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Hal ini karena adanya Beta-karoten dalam buah pepaya. Bata karoten dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, serta meningkatkan dari sistem kekebalan tubuh .

Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya akan membantu untuk mencegah tubuh dari infeksi, pilek dan flu.

Pencegahan penyakit jantung.

Hal ini karena pepaya kaya nutrisi dan mineral Seperti yang telah disebutkan diatas, yang akan mencegah oksidasi kolesterol, yang membantu untuk mencegah penyebab serangan jantung atau stroke.

Membantu menyembuhkan luka luar

Daging buah pepaya yang matang dapat diterapkan secara langsung pada luka untuk membantu mempercepat penyembuhannya .

Gangguan pernafasan

Jika seseorang menderita batuk, bronkitis dan sesak napa , maka makan buah pepaya akan dapat membantu. Hal ini karena pepaya mengandung lateks yang bermanfaat untuk memberikan bantuan terhadap gangguan pernapasan .

Diabetes

Meskipun Pepaya memiliki rasa yang manis, namun pepaya termasuk buah-buahan yang juga baik untuk penderita diabetes .

Mencegah kanker usus.

Serat pepaya memiliki kemampuan untuk mengikat racun dan mengeluarkannya dari usus besar. Dengan demikian, suka makan buah pepaya akan menjaga usus besar yang sehat, sehingga mengurangi resiko terjadinya kanker usus.

Sembelit

Karena kandungan serat dalam buah pepaya, makan buah lezat yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai pencahar alami. Jika suka mengkonsumsi buah pepaya, maka kecil kemungkinan kita akan mengalami sulit BAB.

Kecantikan

Pepaya baik untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga wanita akan tampil lebih cantik dengan kulit yang segar jika rajin makan pepaya. Pepaya adalah sumber yang baik dari vitamin A dan Papain, sehingga buah ini akan membantu untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, pepaya rendah sodium, sehingga hanya sedikit menyebabkan retensi air. Dengan kata lain, hal ini akan membantu menjaga kulit terhindar dari dehidrasi.

Lihat juga :  Buah sayuran untuk kesehatan mata

Kesehatan rambut

Menurut ahli perawatan rambut, untuk memperoleh manfaat pepaya bagi kesehatan rambut dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi buah pepaya secara teratur. Hal ini juga bisa dilakukan dengan penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung pepaya sebagai bahan utamanya.  Manfaat pepaya untuk kesehatan rambut adalah:

  • Kaya nutrisi dalam buah pepaya dapat membantu mencegah kebotakan, karena akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut .
  • Pepaya juga baik untuk mengendalikan ketombe .
  • Pepaya yang kaya mineral, vitamin dan enzim juga membantu menghilangkan kotoran yang berupa minyak dan kimia dari rambut dengan cara yang sangat aman.
  • Ekstrak daun pepaya dapat digunakan sebagai kondisioner,  untuk membuat rambut kusam menjadi berkilau dan mudah diatur.
Advertisement

One thought on “Kandungan nutrisi serta Manfaat buah Pepaya bagi kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *