Kandungan nutrisi dan manfaat ikan Bandeng untuk kesehatan

kandungan nutrisi bandengTahukah Anda manfaat ikan bandeng bagi kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang luarbiasa?. Bandeng adalah jenis ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Asia tenggara, dan sudah sangat populer sebagai masakan bergizi untuk keluarga Indonesia. Rasanya yang gurih, dan bisa dimasak enak untuk berbagai macam jenis sajian kuliner. Bandeng presto, Bali bandeng, bandeng asap, adalah beberapa diantaranya yang bayak disukai masyarakat.

Advertisement

Bandeng dalam kehidupannya dialam, aslinya banyak berkembang di samudera hindia dan samudera pasifik, hidup berkelompok disekitar tepi pulau dan daerah karang. Ikan bandeng yang masih muda biasanya hidup selama 2-3 minggu di laut lepas, dan kemudian akan pindah kedaerah rawa -rawa hutan mangrove dengan air payau. Ikan yang bayak duri halus ini akan kembali lagi ke laut, ketika sudah siap bereproduksi dan mulai berkembang biak lagi. Dengan demikian, hampir mirip dengan siklus kehidupan ikan salmon, bahkan banyak yang mengatakan jika gizi ikan bandeng tidak kalah dengan ikan salmon yang fenomenal dalam hal kesehatan dan gengsi tersebut. Benarkah?… Ketahui lebih banyak tentang ikan bandeng dan kandungan gizinya. Bandeng juga mengandung tinggi mineral, vitamin, dan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan, sama halnya dengan salmon atau jenis ikan lain.

Ikan bandeng juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan, bahkan kecerdasan otak anak. Ikan yang juga disebut dengan “Milkfish” ini lebih disukai karena tidak terlalu amis, lezat, tidak asin seperti ikan lainnya, dan tidak mudah rusak saat dimasak. Kelemahan utama dari ikan bandeng adalah durinya yang sangat banyak,  dan kadang-kadang ada yang bau seperti tanah. Yang berbau tanah biasanya bandeng yang dibudidayakan di tambak, dan tidak jika dibudidayakan daerah aliran yang airnya mengalir.

Lihat juga :  Manfaat biji Sorgum bagi kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan bandeng bagi kesehatan

Bandeng merupakan sumber protein hewani yang tinggi, menyediakan vitamin B kompleks, dan selenium, tetapi juga banyak mengandung lemak, lemak jenuh, kolesterol dan kalori. Berikut ringkasan kandungan gizinya :

Makronutrisi

Ikan bandeng sebanyak 3 ons yang dimasak dengan panas kering mengandung 162 kalori, 22,4 g protein, 7,3 g lemak, 2,9 g lemak jenuh, 78 mg sodium, dan 57 mg kolesterol. Protein adalah kandungan makronutrisi tertinggi, yaitu sekitar 55 persen dari kalori dan lemak 45 persen.

Kandungan vitamin

Porsi yang sama, bandeng menyediakan 116% vitamin B, yaitu 12, 44% niacin , 24% vitamin B6,  dan 15 persen asam pantotenat. Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan untuk orang dewasa untuk seri ng mengkonsumsinya. Keempat vitamin jenis vitamin yang disebutkan diatas adalah dari anggota vitamin B kompleks, yaitu jenis vitamin larut dalam air, yang berperan penting untuk metabolisme, fungsi sistem saraf pusat, kesehatan kulit, dan DNA, hormon dan pembentukan sel darah merah. Bandeng juga mengandung jejak riboflavin, asam folat, dan vitamin A. Namun ikan bandeng ini  tidak banyak mengandung vitamin C, D, E, dan vitamin K.

Kandungan mineral

3 ons jumlah sajian ikan bandeng menawarkan sebesar 25% fosfor dan selenium, yang harus dikondsumsi oleh orang dewasa setiap hari. Fosfor adalah mineral penting yang menjadi bagian integral dari oksigenasi sel darah merah, sementara itu selenium sangat penting untuk kelenjar tiroid dan fungsi kekebalan tubuh. Bandeng juga mengandung jejak mineral penting lain yaitu kalsium, zat besi, kalium dan seng.

Perlu dipertimbangkan

Satu porsi bandeng mengandung sekitar 20% lemak jenuh, 19 % kolesterol, dan 9% dari total lemak, dan MayoClinic.com menyarankan bagi orang dewasa untuk membatasi konsumsinya setiap hari. Meskipun bandeng mengandung lebih banyak lemak, namun yang 60%nya adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, termasuk asam lemak omega-3, yang terkait dengan penurunan kadar trigliserida darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan gejala atrithis.

Lihat juga :  Top 23 Makanan yang banyak mengandung vitamin E

Saran mengolah bandeng

Untuk menurunkan kadar lemak dan kalori, metode memasak yang dibutuhkan adalah menggoreng dengan sedikit minyak, termasuk mengukus dan memanggang.

Peringatan

Bandeng adalah jenis ikan yang sama seperti semua ikan pada umumnya, merupakan tambahan yang bagus untuk setiap diet. Namun hanya mengkonsumsi  ikan saja setiap hari bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral. JIka Anda merencanakan diet menurunkan berat badan, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *