Kandungan Nutrisi Blueberry dan Manfaatnya

Kandungan blueberryBlueberry banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, dan terutama sangat dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Jenis antioksidan kuat dalam blueberry yang diketahui adalah dari jenis Anthocyanidins – polifenolik, yaitu yang mempengaruhi warna ungu, hitam, dan merah pada buah-buahan dan sayuran. Nutrisi lain yang juga ditemukan dalam buah kecil berwarna keunguan ini adalah vitamin A, C, E, mangan, dan serat. Buah lain yang masih dalam golongan dengan blueberry adalah cranberry dan blackberry. Pada tahun 1999, kelompok ilmuwan dari NIH mendukung sebuah penelitian yang menunjukan bahwa blueberry efektif mengurangi efek penuaan dalam jaringan syaraf.

Advertisement

Blueberry adalah buah dari tanaman semak, yang memiliki nama latin Vaccinium dari keluarga tanaman Ericaceae. Tanaman ini masih terbagi lagi menjadi 2 jenis lagi, yaitu blueberry semak rendah dan semak tinggi. Blueberry semak tinggi, rata-rata bisa tumbuh dengan tinggi 10-12 meter, dengan batang yang banyak bercabang . Sementara jenis yang kedua, blueberry semak pendek, memiliki ketinggian tanaman sekitar 1-2 meter. Kedua jenis species ini bisa tumbuh ditanah berpasir, asam, dan lebih bagus tumbuh ditanah yang terbuka.

Manfaat blueberry bagi kesehatan

Mencegah penuaan dini

Antioksidan dalam blueberry akan mencegah efek penuaan dini, serta melindungi tubuh Anda dari penyakit seperti kanker dan jantung kronis. Antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan sel dengan jalan menetralisir radikal bebas, dan membantu menjaga tubuh dari banyak penyakit. Buah ini juga bisa mencegah peradangan, yang dikenal sebagai penyebab penyakit terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan penyusutan otak. Termasuk didalamnya yang membatu untuk manfaat ini adalah kandungan serat dan vitamin E.

Menyehatkan Otak

Blueberry merupakan makanan otak alami, serta bisa membantu mengembalikan kehilangan memori jangka pendek, serta kondisi lain yang terkait dengan penuaan. Antioksidan juga membantu kemampuan motorik.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Buah Apel

Menjaga kondisi Penglihatan

Blueberry juga vitamin A dengan kadar yang cukup baik, dengan demikian bisa mencegah kebutaan karena usia tua. Menurut litertur, pada PD 2, Angkatan Udara Inggris disuruh untuk makan buah ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari sehingga bisa cepat menyesuaikan mata dengan kegelapan.

Mencegah Kanker

Selain kandungan anthocyanidin, blueberry juga mengandung antioksidan lain seperti antocyianin, resveratrol, flavonol dan tanin, yang membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi yang dilakukan dilaboratorium telah menemukan manfaat blueberry, yang salah satunya adalah bisa mencegah kanker usus besar dan kanker ovarium hingga 50%. Buah ini terutama bagus dimasukkan untuk diet seorang wanita, yaitu untuk mencegah kanker ovarium yang hanya terjadi pada wanita.

Diabetes

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa asam klorogenat yang terdapat dalam buah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar glukosa dalam darah, sehingga bagus untuk memanajemen diabetes mellitus tipe 2.

Manfaat kandungan vitamin B

Blueberry juga mengandung kelompok vitamin penting yaitu vitamin B kompleks, yang terdiri dari niacin, pyridoxine, folat dan asam pantotenat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Manfaat kandungan  mineral

Dalam hal mineral, blueberry menyediakan jumlah yang cukup baik dari kalium, mangan, tembaga, zat besi dan zinc. Kalium merupakan unsur penting dari sel dan cairan tubuh,  yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan dipergunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, dan Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

Semangkuk blueberry bisa memberikan tubuh kita hampir lima kali lebih banyak manfaat kesehatan daripada semangkuk apel. Mengkonsumsi banyak makanan yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang berwarna, adalah cara yang sehat untuk memanajemen berat badan, mengendalikan diabetes, serta mencegah kanker. Blueberry tinggi akan kandungan antioksidan namun rendah kalori, sehingga merupakan pilihan yang bagusi untuk hidup yang lebih sehat. Blueberry bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, setelah dicuci bersih. Bisa untuk salad, es krim, dsb. Jika habis diambil dari lemari pendingin, lebih enak jika dibiarkan dulu sebentar agar memiliki suhu ruangan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *