Khasiat Pare / Peria bagi Kesehatan

 khasiat pare / peria bagi kesehatanPare atau yang juga memiliki sebutan peria dibeberapa daerah adalah sayuran yang dikenal memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit dari pare tersebut bahkan menjadi ciri khas tersendiri yang banyak digemari orang. Namun tahukah Anda jika dibalik rasa pahit dari pare tersebut ternyata menyimpan segudang khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita?.. Meskipun peria memiliki rasa sangat pahit, akan tetapi menyimpan antioksidan dan beberapa vitamin esensial.

Advertisement

Khasiat buah peria / Pare bagi kesehatan serta kandungan gizinya :

Manfaat pare bagi kesehatan bisa dikaitkan dengan nilai gizinya. Sayur ini memiliki berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga dan fosfor.

Kandungan nutrisi Pare

Kalori: Peria menyediakan kalori yang cukup rendah, yaitu satu porsi 100 gram menyediakan hanya 17 kalori.
Vitamin C : Merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yaitu 84 mg untuk setiap porsi 100gr. Hal ini setara dengan 140 % dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).
Folat : 100 gram buah segar menyediakan 72 ug asam folat, atau setara dengan 18 % AKG.
Vitamin B : Buah sayur pahit ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6.

Mineral: Peria banyak mengandung kalium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, serta mengandung kalsium.

Pare dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, seperti dibuat jus pare, acar, atau memasukkannya kedalam resep masakan.

 Berikut ini khasiat peria untuk kesehatan, kulit dan rambut :

1 . Gangguan Pernapasan : Pare segar adalah obat yang sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma, flu, batuk, dll.
2 . Tonik liver : Minum satu gelas jus pare setiap hari untuk menyembuhkan masalah pada liver.
3 . Sistem kekebalan tubuh : Rebus daun pare atau buahnya ke dalam air dan minum setiap hari untuk melawan infeksi. Hal ini juga membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh Anda.
4 . jerawat: Mengkonsumsi pare bisa membantu untuk menyingkirkan jerawat, noda dan infeksi kulit luar. Pare juga berkhasioat untuk mengobati masalah terkait gangguan darah(darah kotor) seperti  bisul, kudis, gatal-gatal, psoriasis, dan penyakit jamur lainnya. Antioksidan dari pare juga berkhasiat untuk anti penuaan. Minumlah Jus pare yang dicampur dengan lemon saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan,  atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
5 . diabetes : Khasiat penting jus pare adalah bisa untuk mengatasi diabetes tipe 2. Hal ini telah lama menjadi bagian dari pengobatan Cina dan India kuno, dan kini sudah dibuktikan oleh penelitian terbaru. Diabetes tipe 2 disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah akibat produksi insulin yang tidak cukup memadai atau karena resistensi insulin. Untuk kasus kedua, sel-sel tidak dapat menyerap gula karena ketidakefektifan dari insulin yang diproduksi. Penyerapan gula terjadi karena aktivasi AMP(activated protein kinase) dalam sel, dan pare akan mengaktifkan kinase ini sehingga penyerapan gula akan meningkat. Dengan demikian pare berkhasiat membantu mengendalikan diabetes. Jus untuk penderita diabetes : mentimun, apel hijau, pare, seledri, ½ capsicum hijau (paprika). Pare mengandung bahan kimia tertentu yang mirip seperti insulin, yang membantu untuk mengurangi kadar gula darah.
6 . Sembelit : Pare membantu pencernaan karena mengandung jumlah serat yang cukup. Dengan demikian limbah bisa dibuang dari tubuh dengan lancar, sehingga akan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan atau masalah sembelit .
7 . Ginjal dan kandung kemih : Pare membantu menjaga ginjal dan kandung kemih tetap sehat. Hal ini juga berkhasiat membantu menyembuhkan batu ginjal.
8 . Penyakit jantung : Pare sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena pare bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat dinding arteri. Dengan demikian sering makan pare akan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Peria diketahui dapat menurunkan kadar gula darah, yang juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung.
9 . Kanker : Peria bisa mencegah perkembangan sel kanker.
10 . Metabolisme : Pare mengandung beberapa vitamin B, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6. Semuanya merupakan vitamin esensial yang berguna untuk metablolisme dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Baca juga Manfaat vitamin B kompleks

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Buah Sirsak

Khasiat untuk Kulit  :

Penampilan kulit Anda sangat ditentukan oleh apa yang Anda makan. Dengan kata lain, mendapatkan nutrisi yang tepat merupakan syarat untuk memiliki kulit sehat dan bebas kerusakan. Pare adalah pembersih darah alami, yang membantu meningkatkan penampilan kulit Anda. Hal ini akan memberikan manfaat berikut untuk kulit Anda :
11 . Mencegah Masalah Kulit : Konsumsi rutin peria membantu menjaga kulit menjadi bersinar dan bebas dari noda. Hal ini juga membantu untuk mencegah jerawat berkat sifatnya yang membersihkan darah.
12 . Infeksi Kulit: Pare berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit atau infeksi kulit seperti, eksim, dan psoriasis. Mengkonsumsi jus pare secara teratur akan membantu untuk meningkatkan pemulihan untuk kondisi psoriasis dan infeksi jamur lainnya.
13 . Anti- penuaan : Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Dengan menghilangkan radikal bebas berbahaya, maka otomatis membantu untuk mencegah kulit keriput dengan cara memperlambat proses penuaan. Hal ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.
14 . Penyembuhan luka: Peria membantu mengontrol aliran dan pembekuan darah, sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat, serta lebih lanjut akan mencegah infeksi.

Khasiat untuk Rambut

Selain bermanfaat bagi kulit dan kesehatan, jus peria juga efektif mengobati masalah rambut. Hal ini bermanfaat untuk rambut Anda dengan cara berikut :
15 . Rambut berkilau: Untuk rambut agar berkilau alami, Anda bisa mencampur secangkir jus pare segar dengan yoghurt dan oleskan pada rambut Anda. Cuci setelah beberapa lama, dan ini akan membuat rambut Anda menjadi berkilau dan indah .
16 . ketombe : Ketombe adalah masalah umum yang sebagian besar disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan polusi. Untuk menangkal ketombe, Anda bisa mempersiapkan jus peria dan jinten. Penggunaan rutin akan menyingkirkan ketombe dari rambut Anda dalam waktu satu bulan .
17 . Rambut pecah-pecah: Anda dapat mengoleskan jus pare untuk rambut pecah-pecah, dan kemudian sisir dengan lembut. Hal ini harus dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.
18 . Kulit kepala Kering dan gatal  : Untuk mengatasi kulit kepala kering, ambil sepotong buah pare segar, kemudian gosok dan pijat kulit kepala Anda dengan gerakan melingkar. Kemudian bilas rambut dengan air jernih. Untuk mengatasi rasa gatal-gatal, Anda bisa mempersiapkannya campuran jus peria dan alpukat atau pisang, kemudian menerapkannya pada kulit kepala Anda. Ini harus dilakukan setidaknya sebanyak seminggu sekali.
19 . Rambut Rontok : Jus pare juga bisa membantu untuk mengurangi rambut rontok secara alami . Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur jus pare dengan sedikit gula, dan menerapkan pasta ini pada rambut Anda .
20 . Rambut Kasar : Jika Anda memiliki rambut kasar dan kusut, Anda bisa menuangkan secangkir jus peria dan rendam rambut selama 10 sampai 15 menit sebelum dibilas. Hal ini akan membantu untuk memberikan tekstur rambut menjadi lembut dan mengkilap.
21 . Rambut beruban : Buah pahit ini juga dapat mengobati rambut yang beruban prematur. Anda dapat menerapkan jus peria pada helai rambut Anda. Lakukan hal ini setiap sepuluh hari sekali untuk mengurangi pertumbuhan uban.
22 . Rambut Berminyak : Peningkatan asupan makanan berminyak bisa menyebabkan akumulasi kelebihan minyak pada rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang berminyak, maka Anda terlebih dahulu harus membatasi konsumsi makanan yang berminyak. Anda bisa menerapkan campuran jus labu pahit dan cuka sari apel untuk menghilangkan kelebihan minyak pada  rambut Anda.

Lihat juga :  Apakah Jus buah Kemasan itu Baik bagi Kesehatan?

Perhatian :

  • Cuci  menyeluruh dengan air mengalir.
  • Pilih buah segar, cerah, dan berwarna hijau tua untuk hasil terbaik .
  • Jangan mengkonsumsi lebih dari 2 buah peria dalam sehari
  • Simpan di tempat sejuk dan kering, dan gelap. Umumnya akan tetap segar jika disimpan dalam lemari es selama satu minggu .
  • Rendam dengan garam untuk mengurangi rasa pahit .
  • Wanita hamil harus berhati-hati mengkonsumsi sayuran ini. Senyawa  pencahar dari pare dapat menyebabkan kontraksi prematur, perdarahan, bahkan keguguran. Berkonsultasilah dengan dokter Anda.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *