Kandungan gizi, manfaat, dan efek samping telur itik asin

Kandungan gizi, manfaat, dan efek samping telur itik asinTelur asin hanya bisa dibuat dari telur bebek, hal ini karena kulit telur serta kualitasnya yang lebih baik daripada telur  ayam. Telur bebek lebih memiliki tekstur yang lebih kenyal, lebih lezat, serta bisa menyerap garam lebih baik. Telur asin ini sudah sangat umum tersedia ditoko, karena begitu banyak yang menyukainya terutama karena efektif untuk pengganjal perut dan lezat. jika Anda ingin menambahkan beberapa variasi untuk sarapan Anda, atau hanya ingin sesuatu yang sedikit berbeda untuk makan siang cobalah telur asin. Telur asin atau telur bebek ukurannya lebih besar, serta lebih tinggi kalorinya hingga 50% daripada telur ayam, serta mengandung beberapa nutrisi penting.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa Telur itik sangat tinggi kolesterol. Walaupun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kolesterol dari telur tidak berpengaruh banyak terhadap darah, namun walau bagaimanapun lebih baik mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Hal ini terutama bagi orang yang sebelumnya diketahui memiliki kolesterol tinggi.

Manfaat telur bebek asin bagi kesehatan

Manfaat makronutrisi

Kandungan kalori telur bebek berasal dari protein, lemak dan karbohidrat. Protein dari telur adalah jenis protein yang berkualitas tinggi, dan setiap butir telur bebek mengandung 9 gram protein. Sementara itu ia juga mengandung 9,6 gram lemak serta 1 gram karbohidrat . Semua nutrisi ini baik untuk menghasilkan energi bagi tubuh, lebih mengenyangkan, dan mendukung seluruh kesehatan tubuh seperti otot, kulit, rambut dll.

Manfaat Vitamin

Telur itik lebih meningkatkan asupan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B 12 . Vitamin A bermanfaat untuk mempromosikan pengembangan sel baru demi menjaga jaringan tubuh yang sehat dan juga menjaga kesehatan penglihatan yang baik. Sebutir telur bebek mengandung sekitar 472 IU vitamin A, atau sudah memenuhi seperlima dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita, dan 16% untuk pria. Vitamin B12 berguna untuk kesehatan saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Setiap butir telur bebek menawarkan sekitar 3,8 mikrogram vitamin B12, dan jumlah ini melebihi asupan yang direkomendasikan. Didukung pula oleh sejumlah kecil beberapa dari vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin E.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat: Telur Bagi kesehatan tubuh

Cari tahu juga tentang makanan mengandung tinggi vitamin B12

Manfaat Mineral

Telur itik juga menawarkan gizi dari unsur mineral, yaitu selenium dan zat besi. Selenium berguna untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, serta membantu tubuh untuk membuat hormon di kelenjar tiroid. Zat besi bermanfaat untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen dan membantu tubuh untuk memproduksi energi. Setiap butir telur bebek mengandung 2,7 miligram zat besi, yang memenuhi 34 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dan 15 persen untuk wanita. Sementara itu telur itik menawarkan 25,5 mikrogram selenium, atau memenuhi 46 persen dari kebutuhan harian. Mineral lain yang juga ditemukan, namun dalam jumlah kecil adalah seng, fosfor dan kalsium.

Efek samping

Kolesterol tinggi: Kandungan kolesterol telur bebek jauh lebih tinggi dari telur ayam, demi kebaikan sebaiknya mengkonsumsi dengan batasan. Setiap telur mengandung 619 miligram kolesterol, dimana ini dua kali lipat melebihi dari batasan asupan harian yang direkomendasikan. Dan batasan ini lebih dari tiga kali lipat bagi penderita masalah jantung dan kolesterol. Beberapa penelitian memang menunjukkan jika kolesterol dari makanan tak akan berpengaruh banyak, namun mengkonsumsi apapun secara berlebihan tentu tak baik akibatnya. Kolesterol tinggi bisa berpengaruh negatif terhadap kesehatan, terlebih bagi penderita penyakit jantung atau yang kondisi terkait arteri. Anda cukup sehat dengan hanya makan satu butir telur bebek sehari, dan sebaiknya menyandingkannya dengan makanan lain yang bebas kolesterol, seperti sayuran, buah-buahan atau makanan yang tinggi serat. Jika Anda sensitif dengan kolesterol tinggi, Anda mungkin harus berhati-hati atau berkonsultasi dengan dokter.

Tinggi natrium: Sementara itu, telur bebek yang diasinkan (telur asin) kebanyakan juga sangat asin, sehingga perlu waspada bagi penderita darah tinggi. Garam adalah sangat tinggi natrium, dimana asupan yang berlebihan bisa berakibat tidak baik bagi tekanan darah.

Lihat juga :  Makanan untuk Jantung agar Sehat

Waspadai telur bebek palsu: Pastikan telurasin yang Anda peroleh adalah asli, karena yang palsu bisa dibuat dengan melibatkan bahan kimia berbahaya seperti pewarna, formalin, dll untuk menghindari efek samping yang tak terduga.

Advertisement

2 thoughts on “Kandungan gizi, manfaat, dan efek samping telur itik asin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *