Kandungan Gizi dan manfaat Telur ikan/Kaviar bagi kesehatan

Manfaat telur ikan - kaviarKaviar adalah makanan yang dihasilkan dari telur ikan roe, yang banyak hidup diperairan laut Kaspia antara Iran dan Russia. Walaupun demikian, telur ikan kaviar ini sudah tersedia dipasaran seluruh dunia – dan dikenal ada3 varietas utama, yaitu beluga, osetra, dan Sevruga. Kaviar memiliki tekstur yang lembut, dan laksana mentega jika berada didalam mulut. Kaviar ini biasa dihidangkan sebagai apetizzer atau garnis yang indah diberbagai rumah makan. Kandungan gizi yang paling tinggi dari telur ikan kaviar ini termasuk, selenium, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, folat, Vitamin B12, vitamin D, dan juga mengandung asam lemak omega 3.

Advertisement

Kandungan nutrisi kaviar per 115gr(1cangkir)

NutrisiProtein = 3,9 gTotal Lemak = 2.9g
Lemak Jenuh = 0,6 g
Lemak tak jenuh tunggal =  0,7 g
Lemak tak jenuh ganda = 1,2 g
Total Kalori = 169 KJOmega 3 = 1.086 mg
Omega 6 = 13 mg

Karbohidrat = 0,6 g

VitaminVitamin A = 145 IU
Alfa Retinol = 43,4 mcg
Vitamin = E 0,3 mg
Riboflavin = 0,1 mcg
Vitamin B6 = 0,1 mcg
Folat = 8 mcg
Vitamin K = 0,1 mcg
Folat = 8 mcg
Vitamin D = 37.1 IU
Asam pantotenat = 0,6 mg
Kolin = 78,6 mg
Vitamin B12 = 3,2 mcg
MineralKalsium = 44 mg
Zat Besi = 1,9 mg
Magnesium = 48 mg
Fosfor = 57 mg
Kalium = 29 mg
Seng = 0,2 mg
Sodium = 240 mg
Selenium = 10,5 mcg

Manfaat kaviar(telur ikan)bagi kesehatan)

Bagus untuk kesehatan mata

Kaviar merupakan sumber dari vitamin A yang sangat baik , yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata, termasuk kulit, pertumbuhan, dan perkembangan tulang.

Mendukung Fungsi tubuh yang sehat

Kandungan yang tinggi kalium dan magnesium dalam kaviar bermanfaat bagi tubuh untuk membantu proses mengatur fungsi jantung, menjaga tekanan darah yang sehat, dan proses tubuh lainnya. Asam lemak Omega 3 dalam Kaviar juga membantu menurunkan risiko kanker pay*dara, kanker usus besar, dan kanker prostat, juga memberikan perlidunganb terhadap serangan jantung dan stroke. Omega 3 juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otak, sehingga bisa mencegah penyakit pikun atau alzheimer yang tak bisa disembuhkan.

Manfaat Vitamin D

Pancaran sinar matahari yang sehat bisa merangsang tubuh untuk membuat vitamin D. Namun Vitamin D juga bisa ditemukan dalam makanan termasuk dalam telur ikan kaviar,  yang diketahui dengan kadar yang cukup tinggi. Vitamin ini bermanfaat penting bagi tubuh, yaitu membantu tubuh untuk membentuk gigi dan tulang – dengan demikian bisa mencegah gigi berlubang dan tulang keropos. Kegunaan sebenarnya dari vitamin D adalah membantu tubuh untuk metabolisme mineral tertentu seperti fosfor dan kalsium, sehingga bisa digunakan untuk membentuk tulang dan gigi. Vitamin D juga bermanfaat untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh kita dari virus.

Menambah hemoglobin

Kaviar banyak dianjurkan untuk dikonsumsi pasien yang baru pulih dari operasi dan kemoterapi, karena merupakan sumber hemoglobin yang sangat baik. Hal ini karena kaviar bisa membantu tubuh dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah. Hemoglobin adalah unsur dalam sel darah merah , sehingga oksigen lebih mudah diedarkan ke seluruh tubuh.

Perhatian :

  • Jangan terlalu banyak atau sering mengkonsumsi kaviar
  • Tidak makan kaviar dengan bahan yang terbuat dari perak, karena bisa merubah rasanya.
  • Kaviar mengandung tinggi sodium, sehingga orang diet rendah sodium, atau orang yang menderita tekanan darah tinggi mungkin harus menghindari makan telur ikan/kaviar.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *