Kandungan Gizi dan Manfaat Hati Ayam bagi Kesehatan

Manfaat hati ayamOrgan Hati Ayam sudah lama dikenal sebagai makanan yang tinggi mengandung berbagai nutrisi penting, bahkan seringkali ahli kesehatan menyarankan untuk menjadikannya sebagai bagian dari diet sehat anak anak.Tingginya protein, berbagai mineral(fosfor dan zat besi), lemak, dan vitamin (B12, A, C, Niacin), jelas sangat dibutuhkan terutama bagi pertumbuhan Anak.
Namun kini menjadi kurang populer, karena hati yang tidak terlalu tinggi lemak ini ternyata sangat tinggi kolesterol. Meskipun demikian hati masih merupakan makanan yang sehat, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Akan tetapi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus menghindari mengkonsumsi hati ayam.

Advertisement

Berikut kandungan gizi hati ayam serta beberapa manfaatnya bagi kesehatan :

Tinggi Makronutrisi:

Satu porsi 3 ons hati ayam matang mengandung 130 kalori, 21 gram protein,  5 gram lemak termasuk 2 gram lemak jenuh. Bagi orang yang mengkonsumsi 2.000 kalori per hari, lemak – termasuk lemak jenuh – yang terdapat dalam hati ayam hanya mewakili sekitar 8 persen dari jumlah harian yang disarankan. Namun kandungan lemak jenuh bisa mempengaruhi kadar kolesterol bisa melebihi dari yang diharapkan dari diet Anda. Satu porsi hati ayam mengandung 535 miligram kolesterol, yang jauh lebih tinggi dari batas kolesterol yang direkomendasikan per hari – yaitu antara 200 dan 300 miligram.

Sebagai makanan yang tinggi protein, hati ayam akan membantu membangun dan memperkuat kulit, rambut, dan jaringan tubuh lain. Nutrisi ini juga membantu meningkatkan energi, dan merupakan pilihan populer bagi orang dengan diet rendah karbohidrat dan tinggi protein.

Mengandung tinggi Vitamin:

Hati ayam sangat tinggi mengandung Vitamin A, hanya satu porsi hati ayam dimasak menyediakan 280 persen dari nilai total Angka Kecukupan Gizi(AKG) harian Anda dengan jumlah 12.228 UI. Vitamin B -1218 mg – 280 persen AKG;  folat 476 mg 160 persen AKG; riboflavin 2 miligram 90 persen AKG; vitamin B-6 0,7 miligram 25 persen AKG; vitamin C 2,3 miligram 20 persen AKG; niacin,11,8 miligram 20 persen AKG; dan  tiamin 25 miligram 10 persen AKG. Vitamin A sangat penting untuk menjaga fungsi normal organ tubuh, penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, pembentukan dan reproduksi sel. Sementara Vitamin B-12 yang hanya tersedia dari makanan hewani, diperlukan untuk fungsi otak yang tepat dan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA.

Lihat juga :  Kelebihan dan Manfaat makanan organik bagi kesehatan

Mengandung tinggi Mineral:

Hati ayam juga merupakan sumber mineral yang sangat baik. 1 porsi hati ayam masak menyediakan zat besi sebanyak 11miligram atau memenuhi 40 persen AKG. Mineral lainnya adalah seng 3,4 miligram 25 persen AKG; fosfor 376 miligram 25 persen AKG; dan magnesium 23 miligram 4 persen AKG. Tubuh Kita memerlukan zat besi untuk membentuk sel darah merah, yang digunakan untuk mengangkut oksigen dan menghasilkan energi. Zinc sangat penting untuk pembelahan sel, pertumbuhan dan perkembangan sel, membentuk protein dan DNA, fungsi kekebalan dan penyembuhan luka, dan fosfor diperlukan tubuh untuk membuat energi, membentuk tulang, memperbaiki sel-sel dan ginjal, jantung, otot dan fungsi saraf.

Manfaat hati ayam lainnya termasuk mencegah atau mengobati anemia akibat kekurangan zat besi. Hal ini dikaitkan dengan tingginya kadar zat besi yang ditemukan dalam jerohan seperti hati ayam.

Mendukung fungsi Tiroid

Manfaat spesifik hati ayam termasuk kesehatan kulit, dan pencegahan beberapa jenis disfungsi tiroid. Nutrisi yang dikenal dengan selenium ditemukan dalam hati ayam, dan telah terbukti berperan penting  mengatur hormon tiroid. Selenium juga diduga membantu mencegah beberapa jenis kanker, dan bisa membantu bagi orang dengan kondisi medis seperti arthritis atau sindrom kelelahan kronis.

Mengoptimalkan Kelenjar aderenal

Asam pantotenat yang ditemukan dalam makanan padat nutrisi ini juga mendukung optimalisasi fungsi kelenjar adrenal, yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan melepaskan berbagai hormon, termasuk untuk optimalisasi kesehatan reproduksi. Meningkatkan efektivitas kelenjar adrenal juga bisa membantu mengatasi stres lebih mudah. Beberapa studi menunjukkan bahwa hati ayam bisa membantu untuk meningkatkan testosteron, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi para pekerja berat, atlet atau binaragawan.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Buah Kurma

Pertimbangan :

Meskipun hati ayam sangat tinggi gizi, namun beberapa orang harus menghindarinya. Orang dengan kolesterol tinggi, dengan masalah ginjal, atau wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Kadar fosfor yang tinggi tidak baik bagi diet penyakit ginjal, karena bisa menyebabkan kalsium dilepaskan dari tulang, dan kandungan vitamin A yang terlalu tinggi bagi wanita hamil berpotensi menyebabkan bayi dengan cacat lahir. Orang sehat aman mengkonsumsi hati ayam dengan porsi kecil, terutama jika membatasi jumlah makanan yang mengandung kolesterol yang dikonsumsi pada hari yang sama.

Referensi :

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *