Kandungan dan Manfaat Okra untuk Kesehatan

Kandungan dan manfaat okraOkra adalah salah satu jenis sayuran yang menghasilkan polong untuk dikonsumsi. Termasuk anggota keluarga tanaman mallow yang banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti Afrika Barat dan Asia Selatan. Polong Okra dikonsumsi terutama untuk masakan seperti sup, semur,  digoreng, direbus, sebagai sayuran dsb. Okra juga dikalengkan atau sebagai sayuran yang di goreng atau sayuran yang direbus.

Advertisement

Okra adalah sumber gizi tinggi yang sejak zaman dahulu telah digunakan untuk pengobatan dan kuliner. Tapi sampai sekarang masih banyak orang yang menyukai makan okra untuk alasan manfaat kesehatan dan alasan citarasa yang sedap.

Okra dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang  tinggi, vitamin K, dan kandungan folat. Sayuran polong ini juga dikenal karena keunggulan serat didalamnya, yang bermanfaat membantu pencernaan, menstabilkan gula darah, dan membantu mengontrol tingkat penyerapan gula.

Kandungan nutrisi Okra :

Jumlah dan kadar nutrisi okra atau makanan lain bisa beragam, tergantung bagaimana cara mengkonsumsinya – namun beberapa nutrisi penting dalam sayuran mungkin tetap sama. Berikut ini adalah beberapa vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang paling dominan yang ditemukan dalam okra . Seratm Vitamin C, Folat, Vitamin A, Vitamin K, Niacin atau Vitamin B3, Tiamin atau B1, Vitamin B6, Magnesium, Mangan, Zat besi, Betakaroten, Lutein dan zeaxantin.

Manfaat Okra untuk Kesehatan tubuh Kita

Seperti telah disebutkan bahwa Okra kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi yang penting untuk kesehatan tanaman yang ditawarkan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan okra  :

Mempromosikan  Kehamilan yang Sehat

Vitamin B sangat penting untuk memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan folat khususnya merupakan senyawa penting untuk kehamilan yang optimal. Vitamin ini membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan membantu bayi untuk dapat tumbuh opetimal. Vitamin C juga penting untuk perkembangan janin, dan okra kaya keduanya yaitu folat dan vitamin C.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Madu

Membantu Mencegah Diabetes

Berdasarkan serat dan nutrisi lainnya, okra bisa bermanfaat  untuk mengendalikan kadar gula darah, sehingga membantu diabetes.

Membantu meringankan penyakit ginjal

Satu studi yang diterbitkan pada Oktober 2005 di Journal Jilin Medical  menemukan bahwa mengkonsumsi okra rutin dapat membantu mencegah penyakit ginjal. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa orang yang makan okra setiap hari terkurangi tanda-tanda klinis kerusakan ginjal lebih banyak daripada mereka yang hanya makan diet untuk diabetes. Hal  Ini juga ada katannya dengan diabetes, karena hampir 50% kasus penyakit ginjal awalnya disebabkan oleh diabetes.

Mendukung  Kesehatan usus Besar

Okra kaya akan serat pangan, yang sangat penting untuk kesehatan usus dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Serat dalam Okra akan membantu untuk membersihkan sistem pencernaan, dan memungkinkan usus besar bisa bekerja secara optimal dan  efisiens. Selain itu, vitamin A yang juga banyak ditemukan dalam okra bermanfaat untuk kesehatan selaput lendir sehat, yang membantu saluran pencernaan untuk bekerja secara tepat.

Membantu  masalah pernapasan

Okra mengandung vitamin C, nutrisi yang telah terbukti membantu masalah pernapasan seperti asma. Sebuah studi menyimpulkan bahwa mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C, bahkan dalam tingkat asupan yang rendah, dapat mengurangi gejala sesak nafas terutama pada anak atau individu yang rentan.

Mempromosikan Kulit yang Sehat

Vitamin C bermanfaat membantu menjaga kulit agar tampak muda dan tegas.Vitamin C membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh,  mempengaruhi pembentukan kolagen dan pigmentasi kulit, dan membantu meremajakan kembali kulit yang rusak.

Tip : Rebus segenggam okra sampai lunak. Setelah itu biarkan dingin, mash, dan aplikasikan ke wajah Anda sebagai masker. Setelah 5 menit, kulit  akan terasa halus dan remaja kembali.

Lihat juga :  Menggunakan Minyak Zaitun untuk Pengobatan

Ringkasan Manfaat Okra untuk Kesehatan

  • Mencegah diabetes
  • Kesehatan usus dan mencegah kanker usus besar
  • Pengelolaan berat badan
  • Mendukung kehamilan yang sehat
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas
  • Masalah pernapasan seperti asma dan batuk.
  • Mendukung kesehatan mata
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mencegah Sembelit
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *