Makan Garam bisa menyebabkan Tekanan darah tinggi?

GaramMungkin Anda sudah mendengar informasi bahwa kebanyakan makan garam bisa meningkatkan tekanan darah. Faktor resiko Hipertensi diantaranya adalah usia, stres, gaya hidup, dan genetika. Dan membatasi asupan garam adalah salah satu cara untuk menurunkan resiko tekanan darah Anda.  Baca juga : Gejala dan penyebab tekanan darah tinggi

Advertisement

Garam mengandung sodium yang diperlukan oleh tubuh kita untuk fungsi otot, saraf, serta untuk mengelola tekanan dan volume darah. Akan tetapi kebanyakan dari kita pada umumnya terlalu tinggi mengkonsumsi garam daripada jumlah yang disarankan setiap hari. Pada kebanyakan masakan, kurang garam tentu tak nilkmat. Pada beberapa orang, tanpa menambahkan garam meja pada masakan seperti soto atau bakso dirasa kurang nikmat. Dan kebanyakan makanan restoran dan makanan kaleng atau olahan seringkali mengandung garam yang sangat tinggi sodium atau natrium – yaitu sekitar 80 persen dari garam yang kita makan berasal dari sumber-sumber ini.

Baca juga: Makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Kenapa asupan Garam berlebih menyebabkan darah tinggi?

Ketika tubuh kita mendapatkan asupan garam yang terus meningkat, maka volume darah akan meningkat dan dapat meningkatkan beban kerja pada jantung. Arteriosclerosis, kerusakan pada ginjal, masalah pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke adalah beberapa kondisi dari resiko hipertensi.

Sensitifitas garam

Asupan sodium yang berlebihan bukanlah merupakan satu-satunya penyebab dari tekanan darah tinggi. Bagi kebanyakan orang, hipertensi disebabkan karena faktor genetik. Dan dampak asupan garam yang tinggi terhadap tekanan darah juga ditentukan secara ginetik pada kebanyakan orang.

Usia dan dan keturunan masing-masing berperan kepada bagaimana tekanan darah kita merespon terhadap asupan garam yang tinggi. Karena faktor-faktor genetik, pada beberapa orang lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi jika diet mereka tinggi garam .

Lihat juga :  Khasiat Jus Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Seiring dengan bertambahnya usia, garam juga lebih mungkin untuk menyebabkan peningkatan tekanan darah. Fungsi ginjal akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, sehingga tubuh akan lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengeluarkan garam yang berlebihan. Berat badan dan kurangnya olahraga juga merupakan faktor penentu penting jika membicarakan masalah tekanan darah tinggi.

Cara membatasi asupan Garam

Kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak boleh mendapatkan asupan sodium lebih dari 1.500 miligram (mg) per hari. Bahkan untuk orang yang berisiko rendah hipertensi pun juga harus menjaga asupan sodium mereka kurang dari 2.400 mg perhari – (jumlah satu sendok teh garam). Anda juga bisa memeriksa berapa banyak kadar sodium/natrium pada label nutrisi garam atau makanan olahan dengan seksama. Pastikan juga untuk mencatat ukuran porsi, karena biasanya label bisa agak kurang jelas.

Karena sebagian besar restoran tidak menunjukkan fakta nutrisi pada menu makanan mereka, maka makan di luar akan sedikit menyulitkan kita untuk menghitung dan membatasi nsodium. Namun Anda bisa memesan kepada pelayan restoran untuk tidak menambahkan garamyang tidak terlalu banyak. Walaupun jika Anda memutuskan untuk memesan item makanan yang ringan, kandungan garam pada makanan seperti sup, dressing pun bisa sangat tinggi.

Tips lain untuk mengurangi konsumsi garam :

  • Makanlah makanan yang segar sebisa mungkin .
  • Kurangi bumbu yang sarat dengan natrium – misalnya bumbu instan.
  • Cobalah membuat bumbu sendiri
  • Membeli buku panduan memasak rendah sodium.
  • Bilas semua makanan kaleng sebelum dimakan .

Pentingnya Kalium bagi hipertensi

Cara untuk mencegah hipertensi dan membangun kembali keseimbangan ginjal adalah dengan mendapatkan cukup kalium dari makanan Anda. Kalium bermanfaat membantu ginjal untuk membuang kelebihan cairan. Banyak jenis buah-buahan dan sayuran yang mengandung tinggi kalium, seperti pisang, kentang, atau produk susu rendah lemak .

Lihat juga :  Apa perbedaan USG dan MRI?

Mengurangi asupan garam yang berlebihan tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *