Berbagai jenis vitamin yang terdapat dalam Jamur

manfaat jamur bagi kesehatanSaya yakin pembaca yang budiman pada menyukai jamur. Jamur jenis yang bisa dimakan umumnya memiliki rasa yang gurih dan sedap, walaupun hanya dimasak secara sederhana. Kenapa ya? Jamur secara alami mengandung zat yang bersifat seperti penyedap rasa, sehingga meskipun sup Anda tanpa MSG, dijamin pasti enak. Lalu apakah rasa sedap pada jamur ini sejalan dengan kandungan gizi, terutama vitamin yang ditemukan didalamnya? Jika Anda tidak suka makan jamur, maka setelah membaca artikel ini, kemungkinan akan berubah fikiran. Disamping rasa jamur yang sedap secara alami, ternyata juga mengandung vitamin yang lengkap, dan tentu saja sehat bagi tubuh Kita.

Advertisement

Jamur sangat populer dibanyak belahan dunia, dan secara tradisional sudah lama dipercaya bermanfaat bagi kesehatan. Sudah seperti yang Kami katakan diatas, jamur memiliki zat yang bersifat seperti penyedap, sehingga sangat cocok dimasak dalam berbagai cara, tumis, botok, sup, oseng-oseng, bahkan hanya sekedar di haluskan sebagai pengganti dari penyedap rasa MSG.

Daftar jenis vitamin yang ditemukan dalam Jamur

Ada sekitar 8 jenis vitamin yang ditemukan dalam jamur. Selain vitamin D, yang 7 jenis lannya merupakan bagian dari apa yang disebut dengan Vitamin B kompleks. Dan semuanya sudah pasti merupakan zat yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Beserta ringkasan mengenai manfaat masing-masing vitamin yang ada,  berikut yang perlu Anda ketahui :

1. Vitamin D :

Jamur merupakan sumber alami vitamin D. Vitamin ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kelemahan otot, atrofi otot, nyeri kronis, stroke, hipertensi, cacat lahir dll. Bahkan jamur bisa menjadi suplemen yang lezat untuk mencegah kekurangan vitamin D.

2. Vitamin B1:

Vitamin B1 atau Thiamin, juga ditemukan dalam jamur. Vitamin ini bertanggung jawab untuk mengendalikan pelepasan energi dari karbohidrat, yang juga diperlukan untuk fungsi sistem syaraf dan otak yang normal.

Lihat juga :  Manfaat Zinc bagi Kesehatan Tubuh

3. Vitamin B2 :

Selain Thiamin, jamur juga mengandung  Riboflavin atau vitamin B2, yang bermanfaat mempromosikan penglihatan yang baik dan kesehatan mata. Tidak hanya itu, riboflavin juga berguna untuk mempertahankan sel-sel darah merah yang sehat, yang akhirnya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin B2 yang terdapat dalam jamur juga bertanggung jawab untuk kulit yang sehat.

4. Vitamin B3 :

Niacin juga merupakan bagian dari vitamin B kompleks, atau disebut juga vitamin B3 – vitamin penting yang juga ditemukan dalam jamur. Vitamin ini berfungsi membantu mengendalikan pelepasan energi dari karbohidrat, lemak, dan protein. Kecenderung manfaatnya adalah untuk menjaga sistem saraf tubuh kita dan sistem pencernaan supaya tetap dalam kondisi yang baik.

5. Vitamin B5:

Vitamin B5 atau asam pantotenat, secara alami ditemukan dalam jamur. Ini adalah vitamin yang sangat penting untuk berbagai peran dalam metabolisme tubuh kita. Asam pantotenat juga membantu dalam produksi hormon dalam tubuh kita.

6. Vitamin B6 :

Vitamin B6 berperan membantu meningkatkan mood atau suasana hati Anda.  Vitamin B6 mengatur waktu internal dalam tubuh kita, dan yang sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal . Vitamin ini juga bertanggung jawab untuk mengurangi perubahan suasana hati dan depresi.

7. Vitamin B9 :

Vitamin B9 juga kita kenal sebagai folat. Vitamin B9 berperan dalam pembentukan sel-sel darah putih dan sel darah merah yang berada dalam sumsum tulang. Folat juga sangat penting bagi pertumbuhan tubuh yang sehat, terutama wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi folat, untuk pertumbuhan yang normal dari janin dalam kandungan. Baca juga : Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

8. Vitamin H :

Yang terakhir adalah Vitamin H, masih anggota  dari vitamin B kompleks, memiliki nama lain biotin juga ditemukan dalam jamur. Vitamin ini penting untuk metabolisme karbohidrat dan protein, serta memperkuat kesehatan kita dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh.

Lihat juga :  Apakah Jus buah Kemasan itu Baik bagi Kesehatan?

Diatas adalah daftar vitamin yang paling ditemukan dalam jamur. Meskipun vitamin ini juga bisa ditemukan pada banyak sayuran lain, tetapi vitamin ini adalah jenis vitamin yang mudah hilang jika sayuran dimasak dalam air yang di didihkan dalam jangka waktu yang lama. Jamur tidak membutuhkan memasak yang lama, sehingga vitamin yang ada di dalamnya tidak hilang.

Kelebihan Jamur yang lain adalah rendah kalori, bebas kolesterol, dan bebas lemak. JJadi sangat cocok terutama bagi yang berusaha untuk mempertahankan berat badan atau menurunkan berat badan.

Peringatan !

Tidak semua jenis jamur bisa dimakan, bahkan sebagian besar adalah beracun. Belilah jamur yang sudah mendapat kepercayaan untuk dikonsumsi masyarakat, dan yang dijual di toko/penjual terpercaya. Jangan mencoba untuk mengambil sendiri jamur yang tumbuh liar dialam tanpa memiliki pengetahuan yang jelas, karena bisa sangat membahayakan kesehatan, termasuk keracunan, hingga bisa memicu kanker, dll.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *