Jenis Sakit Radang Sendi yang Paling Umum

jenis sakit radang sendiRadang sendi atau disebut dengan istilah medis Arthritis sebenarnya bukan penyakit yang didominasi orang tua. Menurut Arthritis Foundation, arthritis mempengaruhi 50 juta orang Amerika dan dua pertiga di antaranya berada di bawah usia 65 tahun. Lebih dari 100 jenis penyakit arthritis yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada persendian serta melemahkannya. Setiap jenis penyakit radang sendi ini memiliki berbagai penyebab dan masing-masing juga ada pengobatan yang efektif. Jadi untuk tujuan mencari pengobatan yang terbaik dan mengatur manajemen arthritis Anda, maka mengetahuinya adalah penting.

Advertisement

Inilah beberapa Jenis Penyakit radang sendi yang paling umum dan penting untuk diketahui

Osteoarthritis

Arthritis Foundation memperkirakan sekitar 27 juta orang di Amerika Serikat menderita Osteoarthritis (OA), dang dijadikan sebagai bentuk arthritis yang paling umum. Hal ini karena tulang rawan pada sendi yang telah rusak menyebabkan tulang saling bergesekan dan akibattya sendi membengkak. Faktor resiko untuk OA ini termasuk Usia, obesitas, cedera, genetika, dan terlalu sering menggunakan persendian risiko. Gejala utamanya adalah rasa nyeri dan kaku pada persendian terutama pada  pagi hari dan kurangnya koordinasi.

Untuk menentukan apakah Anda memiliki OA, dokter akan meminta sejarah medis dan melakukan pemeriksaan fisik. Sinar X dan tes visualisasi lainnya juga akan dilakukan. Sendi juga bisa disedot untuk mengambil cairan dari dalam sendi untuk menghilangkan infeksi.

Rheumatoid Arthritis :

Rheumatoid Arthritis atau rematik termasuk penyakit autoimun, yaitu yang diakibatkan sistem pertahanan tubuh menyerang jaringan sendi yang sehat dan menyebabkan rasa sakit, kemudian pembengkakan dan peradangan. The Arthritis Foundation memperkirakan sekitar 1,3 juta orang dewasa di Amerika Serikat mengalami Rheumatoid Arthritis (RA) yaitu bentuk arthritis yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Sementara itu 70% orang dengan RA adalah kaum perempuan.

Gejala rematik termasuk rasa kaku dan yeri sendi pada pagi pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh, dan akhirnya terjadi deformitas.

Lihat juga :  Cara Alami Menyembuhkan Batuk Berdahak

Gejala lain juga ada dan yang tidak terkait dengan sendi. Nyeri saat mengambil napas bisa terjadi pada orang dengan RA dan beberapa bentuk arthritis autoimun lainnya. Sindrom Sjogren juga sering terjadi pada RA, yaitu mata kering dan mulut kering parah atau bahkan mata panas dan berair. Komplikasi lainnya termasuk sulit tidur, mati rasa, rasa panas dan kesemutan pada tangan dan kaki.
Ada tes yang benar-benar dapat menentukan apakah Anda memiliki RA atau tidak. Selain pengujian dilakukan untuk OA, tes memerintahkan dapat meliputi Tes faktor rheumatoid, Tes antibodi, Tes Darah lengkap (CBC), C-reactive protein (CRP), Tingkat, sedimentasi eritrosit (ESR), Tes genetik bentuk arthritis langka. Tes-tes ini dapat membantu menunjukkan jika tubuh Anda mempunyai reaksi autoimun dan inflamasi sistemik.

Masih ada beberapa jenis lagi penyakit Atrhitis akibat autoimun selain Rheumatoid Arthritis dan bisa menimpa anak atau remaja, termasuk lupus, kawasaki, Spondylarthropathies, Juvenile dan termasuk langka. Gejala umumnya juga menyebabkan sakit pada persendian, demam, kelelahan, kekakuan sendi selain gejala khusus tertentu.

 Gout Arthritis

Gout adalah bentuk arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam sendi. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda dapat meningkatkan resiko gout arthritis. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 64 orang pada tahun 1000 mengalami gout, dan untuk perbandingan penderita antara laki-laki ke perempuan lebih dari 3 hingga 1. Faktor resiko Gout adalah umur, diet, penggunaan alkoh*l, dan riwayat genetika .

Radang sendi Gout bisa sangat menyakitkan. Sendi yang paling sering terkena adalah di jempol kaki. Kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit dapat terjadi pada kaki, pergelangan kaki, lutut, tangan, atau pergelangan tangan. Serangan akut yang menyakitkan dapat berlangsung 12 sampai 24 jam hingga 1 minggu. Gout bisa menjadi lebih parah setiap waktu dan bisa mempengaruhi beberapa sendi lainnya. Selain dilakukan pengobatan oleh dokter, penderita gout dianjurkan untuk mengatur makan atau diet rendah purin. Baca juga : Diet Makanan terbaik Untuk Penderita Asam Urat

Lihat juga :  Yang tidak boleh bagi Orang dengan Gangguan Tiroid

Infection Arthritis

Ini adalah nyeri persendian akibat infeksi. Infeksi yang terjadi di dalam sendi bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Bakteri, virus, atau jamur juga dapat menginfeksi sendi yang datang dari bagian tubuh yang lain. Radang sendi semacam ini sering disertai dengan rasa demam dan menggigil. Jenis ini juga bisa disebut dengan septic arthritis.

Reaksi radang sendi  juga dapat terjadi ketika infeksi terjadi di bagian tubuh lain. Infeksi ini sering dimulai dari kandung kemih atau organ sek*ual, tetapi dapat menyebabkan peradangan di bagian tubuh lain. Hal ini juga disebut dengan sindrom Reiter.

Tes darah dan tes urine dan mengambil cairan di dalam sendi bisa menentukan apakah nyeri sendi Anda disebabkan oleh infeksi atau bukan.

Ada banyak bentuk-bentuk arthritis yang lain atau kondisi yang dapat menyebabkan nyeri pada persendian. Beberapa contoh yang lain meliputi:

  • fibromyalgia: otak memroses rasa sakit pada otot dan sendi dengan cara yang berbeda, menimbulkan nyeri
  • Psoriatic arthritis: nyeri pada jari kaki atau jari tangan juga terjadi pada orang dengan psoriasis kronis.
  • Skleroderma: rasa kaku pada kulit dan kerusakan pembuluh darah kecil dapat menyebabkan nyeri pada sendi.

Berkonsultasilah dengan dokter Anda tentang gejala-gejala yang Anda rasakan atau alami. Mereka bisa membantu menentukan apa sebenarnya yang menyebabkan nyeri pada persendian Anda, dan memberikan cara yang terbaik untuk mengobatinya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *