Jenis makanan yang bisa membuat lebih cepat gemuk

jenis makanan yang cepat membuat gemukBeberapa jenis makanan yang Anda makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan lebih cepat daripada jenis yang lain. Mengenali beberapa jenis makanan sangat penting untuk membiasakan diet sehat. Menyadari jenis-jenis makanan akan memungkinkan Anda untuk menghindari atau memasukkan ke dalam diet Anda, sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Advertisement

Jenis makanan yang dapat meningkatkan berat badan, atau membuat gemuk lebih cepat

Makanan yang dapat menyebabkan kegemukan atau kenaikan berat badan paling cepat dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu makanan yang tinggi gula, tinggi lemak atau sodium. Makanan tinggi tinggi gula melibatkan karbohidrat sederhana, yang mudah diserap sebagai kalori (energi) oleh tubuh. Makanan yang manis seperti bersoda, permen, kue-kue, makanan olahan termasuk makanan cepat saji berada dalam kategori ini.

Makanan tinggi natrium/sodium

Makanan yang mengandung natrium tinggi akan menyebabkan tubuh menahan air, yang dikenal akan membuat gemuk lebih cepat . Beberapa makanan ini termasuk garam, makanan yang diproses, makanan kaleng dan daging. Makanan berbasis krim berlemak, lemak jenuh dan daging berlemak juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan lebih cepat. Sementara itu beberapa jenis makanan berlemak jenis lain justru baik bagi kesehatan, seperti ikan dan kacang-kacangan akan memberikan omega – 3  dan antioksidan – dan kebanyakan makanan ini tidak mempercepat kegemukan.

Makanan yang mengandung natrium tinggi akan menyebabkan tubuh mempertahankan air dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini dapat mengakibatkan kembung, atau kelebihan air dalam tubuh.

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana lebih cepat diserap dan, jika tidak digunakan oleh tubuh dalam waktu singkat maka akan disimpan. Ini berarti bahwa jika permen yang Anda makan tidak segera diubah menjadi energi melalui gerakan atau aktifitas, maka akan disimpan oleh tubuh dengan sangat cepat. Gula sederhana tidak harus dipecah, dan segera dijadikan energi atau disimpan.

Lihat juga :  Manfaat Serat bagi kesehatan tubuh

Makanan olahan

Berat badan yang cepat dari makanan biasanya berdampak buruk bagi kesehatan. Makanan seperti keju, es krim, roti putih dan lain-lain dapat memperlambat metabolisme, menyumbat arteri dan menempatkan Anda pada risiko tinggi untuk penyakit tertentu. Makanan olahan seperti makanan kaleng, tepung putih dan makanan dengan banyak pengawet biasanya tidak memberikan nilai gizi yang baik. Itu berarti ketika Anda makan makanan ini, maka Anda akan banyak mendapatkan kalori kosong yang akan menambah berat badan atau gemuk dengan cepat.

Keripik dan Kerupuk biasanya mengandung 150 kalori per porsi. Saus dan salad dressing adalah cara mudah untuk menambahkan kalori. Hati-hati dengan saus yang dibuat dengan krim, minyak, mentega atau santan. Makanan dimasak dengan banyak minyak atau lemak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat, bahkan ketika dimakan dalam porsi yang kelihatannya kecil.

Buah dan sayur produk kalengan

Banyak yang menyangka bahwa makan buah-buahan dalam jumlah banyak adalah hal yang baik bagi kesehatan. Seperti yang direkomendasikan oleh American Heart Association, hanya lima porsi buah, dan 80 persennya dari sayuran. Terlalu banyak makan buah akan memberikan tubuh terlalu banyak gula alami, seperti fruktosa. Sementara itu, terlalu banyak makan-makanan tertentu dan tidak cukup olahraga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat. Makan buah-buahan dan sayuran segar yang tidak ada tambahan gula atau natrium, akan lebih baik daripada yang kemasan. Hal ini berarti buah yang diawetkan (seperti  dalam sirup dan jus buah), serta sayuran kalengan bukanlah pilihan yang terbaik.

Perhatian

Meningkatnya berat berat badan dengan cepat karena makan-makanan yang tinggi natrium dan gula bisa menempatkan Anda pada risiko tinggi untuk penyakit jantung, stroke , tekanan darah tinggi dan diabetes. Lonjakan gula darah yang tiba-tiba dari makanan ini juga memberikan alasan, bahwa orang-orang dengan diabetes harus menghindari makan mereka. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti gandum utuh, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah pilihan yang sehat. Protein tanpa lemak dari kacang kedelai, tempe, tahu, ikan dan potongan daging kecil  adalah lebih baik daripada sumber yang berlemak .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *