Jenis Ikan yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil

 Ikan yang baik bagi ibu hamilBagi seorang ibu yang sedang hamil, mencukupi kebutuhan gizi yang baik sangat diperlukan. Ibu hamil sangat memerlukan gizi untuk mempertahankan vitalitas dan kekebalan tubuh, sementara bayinya memerlukan nutrisi yang cukup untuk perkembangan yang baik. Dalam hal ini Ikan adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Ikan terutama kaya akan asam lemak omega 3, yang sangat diperlukan bagi perkembangan otak bayi. Sementara bagi si Ibu, omega 3 juga diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Tak hanya itu saja, ikan juga merupakan salah atau sumber protein hewani selain daging dan telur. Secara umum semuanya diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan manusia.

Advertisement

Baca juga :

Jenis ikan terbaik dan aman bagi ibu hamil, ibu menyusui, wanita ingin hamil, dan anak-anak :

Pada dasarnya semua jenis ikan baik bagi kesehatan manusia, khususnya bagi perkembangan janin dan kesehatan bumil. Namun sayangnya, para ahli menemukan bahwa beberapa jenis ikan laut termasuk makanan laut lainnya mengandung polutan yang disebut dengan merkuri.
Ikan yang mengandung merkuri yang tinggi berpotensi merugikan perkembangan sistem saraf pusat bayi, baik dikonsumsi ibu yang sedang menyusui, lebih-lebih bagi ibu yang sedang mengandung.

Merkuri bisa terbentuk pada lingkungan secara alami, dan terakumulasi dalam sebuah rantai makanan akuatik. Di banyak negara bahkan sudah ditemukan bahwa polusi juga dapat meningkatkan kadar merkuri. Namun, sebagian besar ikan yang hidup di perairan laut samudera hindia yang meliputi Australia memiliki tingkat merkuri yang sangat rendah. Tingkat rendah merkuri dari ikan yang hidup diwilayah tersebut tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi masyarakat umum. Namun bagi Wanita hamil, menyusui, dan anak-anak di bawah enam perlu membatasi asupan makanan laut tertentu lainnya untuk mengurangi kadar merkuri.

Lihat juga :  Olahraga yang baik untuk Wanita Hamil

Fakta merkuri

  • Semua ikan mengandung tingkat kadar merkuri, dan ini terjadi secara alami didalam lingkungan perairan.
  • Khususnya bagi Wanita hamil dan menyusui, wanita yang berencana hamil, dan anak-anak di bawah enam tahun dan harus membatasi mengkonsumsi beberapa jenis ikan yang dikenal tinggi merkuri tidak lebih dari satu porsi setiap dua minggu. Hal ini seperti Ikan seperti hiu, ikan todak, makarel raja, dan ikan marlin, sangat dikenal tinggi kadar merkuri – termasuk jenis ikan karang seperti kerapu.
  • Semua jenis ikan lainnya yang dikategorikan amanpun tetap harus dibatasi, yang direkomendasikan adalah 2 sampai 3 kali perminggu.
  • Merkuri tidak akan berkurang dengan teknik mengolah seperti pengalengan, pendinginan, atau memasak.

Manfaat Ikan bagi kesehatan, khususnya ibu hamil, ibu menyusui, wanita mau hamil, dan anak-anak.

  • Ikan sangat kaya akan nutrisi sehat, yang merupakan bagian penting dari diet seimbang terutama untuk wanita hamil dan menyusui.
  • Ikan mengandung asam lemak Omega – 3, yodium, vitamin B12, yang penting untuk perkembangan sistem saraf pada janin dan anak-anak.
  • Ikan juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak jenuh.
  • Penelitian menunjukkan bahwa Omega 3 dalam bentuk alami lebih mudah diserap, daripada dalam bentuk suplemen.
  • Meningkatkan kecerdasan anak

Jenis ikan yang baik dan aman bagi ibu hamil

Masih banyak ikan yang mengandung Omega – 3 tinggi dan aman bagi wanita hamil dan menyusui.
Ikan dan makanan laut yang kadar merkuri rendah meliputi: lobster berduri, ikan forel, cumi-cumi, ikan putih, kepiting, ikan lele, mullet, Ikan teri, udang karang, ikan salmon, tiram dan tilapia. Termasuk Salmon Atlantik, salmon kaleng, tuna kalengan dalam minyak, ikan haring dan sarden, juga relatif rendah merkuri.

Lihat juga :  Tips Cara : Mengatasi Edema atau Kaki bengkak selama kehamilan

Baca juga : Khasiat ikan Gabus bagi Balita

Meskipun beberapa jenis ikan diketahui mengandung merkuri yang rendah, konsumsi tetap harus dibatasi untuk 2-3 kali dalam seminggu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *