Bolehkah ibu hamil makan mie instant?

Mie instant adalah termasuk makanan fastfood, atau boleh juga disebut dengan junk food. Makanan seperti mie instan umumnya juga dikategorkan sebagai makanan olahan, dimana yang tinggi mengandung garam, penyedap kimia, lemak, kalori, dan pengawet, namun rendah nilai gizi. Sementara itu bagi ibu hamil diharuskan untuk menambah asupan makanan yang bervariasi, serta yang mencakup banyak nutrisi seperti asam folat, omega 3, serat, protein, berbagai mineral, dan vitamin. Bukan rahasia lagi bahwa khusus mie instant juga mengandung lilin, dimana yang bukan seharusnya dikonsumsi oleh usus manusia. Peneliti jepang juga meragukan keamanan pembungkus styrofoam mie instant, yang disimpulkan bisa mencemari makanan dengan residu zat kimia yang bersifat karsinogen pada tubuh.

Advertisement

Baca juga : Pentingnya Manfaat asam Folat bagi Kehamilan

Sulit memang bagi ibu yang sedang hamil untuk menghindari makanan lezat dari berbagai fast food dan makanan olahan. Namun para penelitian yang diterbitkan Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry telah menemukan bahwa efek ibu hamil yang makan junk food saat hamil lebih mungkin untuk memiliki anak dengan masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan perilaku, dan hiperaktif atau ADHD.

Mie instant , fastfood dan kehamilan

makan mie instantSeperti yang telah disebutkan bahwa makanan olahan seperti mie instan mengandung tinggi garam, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi makanan yang kurang sehat selama kehamilan, seperti minuman manis, sereal olahan, dan makanan asin, memiliki anak dengan peningkatan masalah perilaku, seperti agresif dan emosional.

Selain itu, dalam temuan ini juga menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi makanan yang kurang sehat pada tahun-tahun pertama di kehidupan mereka, atau yang tidak makan-makanan yang kaya gizi seperti sayuran, juga menunjukkan peningkatan agresi dan masalah perilaku, serta gejala depresi dan kecemasan.

Lihat juga :  Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Baca juga : Makanan yang dilarang untuk Wanita Hamil

Industri makanan olahan

Perubahan sistem makanan kita ke energi yang lebih tinggi, lebih rendah nutrisi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh industri makanan olahan, telah menyebabkan peningkatan besar dalam hal penyakit yang berhubungan dengan obesitas di seluruh dunia.

Diet sehat kehamilan

Meskipun tidak ada kebutuhan khusus untuk melakukan diet selama kehamilan, namun penting untuk makan berbagai makanan yang berbeda setiap hari untuk memastikan ibu dan bayi telah mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat.

Daripada memakan-makanan ringan yang tinggi lemak, garam dan gula, cobalah alternatif makanan lain yang sehat seperti:

  • Sandwich atau roti tawar yang diisi dengan parutan keju, ham tanpa lemak, tuna tumbuk, salmon atau sarden, dengan salad.
  • Telur, daging, ikan
  • Salad sayuran, seperti wortel atau mentimun
  • Yoghurt rendah lemak
  • Aprikot, buah apel, atau plum
  • Sayuran dan sup kacang
  • Sereal sarapan tanpa pemanis, atau bubur dengan susu
  • Minuman susu atau jus buah tanpa gula
  • Buah-buahan segar
  • Kacang panggang atau kentang panggang.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *