Tanda/Gejala, Penyebab dan pengobatan Vertigo

penyebab gejala dan pengobatan vertigoVertigo adalah kondisi yang membuat seseorang merasa lingkungan sekitarnya bergerak atau berputar. Vertigo tidak sama dengan pusing, karena hal ini menggambarkan ilusi. Ketika Anda merasakan seolah-olah Anda sedang bergerak(padahal tidak), itu disebut dengan vertigo subjektif, dan jika persepsi Anda bahwa lingkungan sekitar Anda yang sedang bergerak, itu disebut dengan vertigo objektif. Tidak seperti pusing, vertigo memiliki penyebab yang relatif lebih sedikit.

Advertisement

Baca juga : Makan banyak gula dan resiko kematian akibat penyakit jantung

Berikut tanda / gejala dan penyebab vertigo

Penyebab Vertigo

  • Vertigo bisa disebabkan oleh karena masalah di otak atau di telinga bagian dalam .
  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah bentuk vertigo yang paling umum , yang ditandai oleh sensasi gerak yang dimulai oleh gerakan kepala yang tiba-tiba atau menggerakkan kepala ke arah tertentu. Jenis vertigo ini jarang menjadi kondisi yang serius, dan bisa diobati.
  • Vertigo juga bisa dikarenakan oleh peradangan yang terjadi ditelinga bagian dalam (labyrinthitis atau neuritis vestibular), yang ditandai dengan mengalami vertigo secara tiba-tiba. Ini mungkin terkait dengan gangguan pendengaran. Penyebab paling dari labyrinthitis yang umum adalah virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi telinga .
  • Penyakit telinga berdenging (tinnitus), dan gangguan pendengaran juga bisa menghadirkan sensasi vertigo. Orang dengan kondisi ini memiliki masalah vertigo parah yang terjadi mendadak dan berfluktuasi dengan masalah gangguan pendengaran serta saat di mana sedang tidak ada gejala.
  • Neuroma akustik adalah sejenis tumor dari jaringan saraf telinga yang bisa menyebabkan vertigo. Gejalanya termasuk vertigo dengan telinga sebelah berdenging dan mengalami gangguan pendengaran.
  • Vertigo bisa disebabkan oleh penurunan aliran darah ke dasar otak. Perdarahan ke bagian belakang otak juga ditandai dengan sensasi vertigo, sakit kepala, kesulitan berjalan, dan ketidakmampuan untuk melihat ke arah sisi yang terjadi perdarahan. Sebagai hasilnya, mata seseorang akan menatap jauh dari sisi ini. Kaki juga bisa terasa sangat terganggu.
  • Vertigo juga sering menjadi keluhan utama dari kondisi multiple sclerosis atau MS(penyakit kronis yang mempengaruhi berbagai bagian sistem saraf pusat pada titik yang berbeda setiap saat). Biasanya vertigo akan terjadi secara tiba-tiba, dan mata bisa menunjukkan ketidakmampuannya untuk bergerak melewati garis tengah ke arah hidung.
  • Trauma dikepala dan cedera leher juga bisa mengakibatkan vertigo, namun biasanya akan hilang dengan sendirinya. Vertigo bisa disebabkan oleh masalah leher seperti tubrukan pembuluh darah atau saraf pada tengkuk dari cedera leher.
  • Migrain adalah bentuk sakit kepala yang parah, juga bisa menyebabkan vertigo. Vertigo karena kondisi ini biasanya diikuti dengan sakit kepala. Seringkali ada riwayat kejadian serupa, namun tidak terjadi berlangsung terus menerus.
  • Komplikasi dari diabetes bisa menyebabkan arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah), yang bisa menyebabkan aliran darah ke otak menurun, dan dapat menyebabkan gejala vertigo.
Lihat juga :  Penyebab Kolesterol tinggi Pada orang dewasa muda

Tanda/Gejala Vertigo

Vertigo menyiratkan adanya sensasi gerak dari salah satu orang atau lingkungan, dan juga sering dirasakan dengan ruangan sekitar yang seolah berputar. Tidak harus bingung dengan gejala vertigo yang ringan atau bahkan sampai pingsan. Vertigo sangat berbeda dengan mabuk, karena mabuk adalah perasaan tidak seimbang dan kurang keseimbangan, yang disebabkan oleh gerakan berulang seperti karena naik mobil atau perahu.

  • Jika benar vertigo, gejalanya termasuk sensasi disorientasi atau gerak. Selain itu, seseorang juga mungkin merasakan salah satu atau semua dari gejala seperti:
    1. Mual atau muntah,
    2. Berkeringat
    3. Gerakan mata yang tak normal.
  • Durasi gejala bisa berlangsung dari menit ke jam, dan gejala bisa konstan atau episodik. 3. Serangan vertigo mungkin terjadi karena gerakan atau perubahan posisi. Penting untuk memberitahukan kepada dokter mengenai setiap trauma atau cedera dikepala, serta obat tertentu/jenis baru yang telah ditelan.
  • Orang mungkin mengalami gangguan pendengaran dan sensasi telinga berdenging.
  • Orang mungkin mengalami gangguan penglihatan, kelemahan, kesulitan berbicara,  penurunan tingkat kesadaran, dan kesulitan berjalan.

Kapan saat membutuhkan bantuan medis?

Tanda-tanda dan gejala vertigo harus diperiksa oleh dokter. Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar kasus vertigo tidak berbahaya. Meskipun vertigo bisa membuat lemah, namun sebagian besar penyebabnya mudah diobati dengan obat yang diresepkan oleh dokter. Kunjungi dokter untuk memeriksa tanda dan gejala vertigo baru untuk menyembuhkan penyebab yang jarang terjadi, berpotensi serius, atau yang bisa membahayakan.

Tanda dan gejala vertigo tertentu mungkin memerlukan evaluasi oleh dokter atau UGD rumah sakit, yaitu seperti :

  • Penglihatan dobel
  • Sakit kepala
  • Kelemahan
  • Kesulitan berbicara
  • Gerakan mata yang abnormal
  • Perubahan tingkat kesadaran, tidak dapat bertindak tepat, atau kesulitan bangkit.
  • Kesulitan berjalan, berkurangnya koordinasi tubuh, atau kelemahan pada bagian lengan dan atau kaki.
Lihat juga :  Gejala, pengobatan, dan makanan yang tidak dan boleh untuk tipus

Pengobatan Vertigo

Pengobatan vertigo termasuk obat-obatan, perawatan dirumah, dan terapi, namun hanya boleh dilakukan ketika sudah didiagnosis vertigo dan berada dalam pengawasan dokter.

Ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu meringankan gejala vertigo, akan tetapi sebaiknya telah disetujui oleh dokter.

  • Epley Maneufer yang dimodifikasi adalah jenis terapi fisik yang bertitik pada kepala dan gerakan tubuh, yang dilakukan sambil duduk di tempat tidur. Secara tradisional, itu dilakukan di tempat dokter atau terapis; tetapi mungkin juga akan diresepkan untuk dilakukan sendiri di rumah. Setelah pasien memperoleh instruksi yang tepat, gerakan ini bisa mengatasi gejala vertigo dalam waktu seminggu bagi kebanyakan pasien.
  • Suplemen vitamin D mungkin bermanfaat bagi pasien yang sudah didiagnosis benign paroxysmal positional vertigo. Dokter bisa memeriksa untuk mengetahui apakah ada kekurangan vitamin D.
  • Obat herbal seperti jahe dan ginkgo biloba, dan ketumbar bisa membantu mengurangi gejala vertigo pada beberapa orang.
  • Akupunktur juga bisa membantu menghilangkan gejala dari beberapa jenis vertigo.
  • Hindari zat-zat yang bisa mempengaruhi sirkulasi darah, termasuk kafein, temb*kau, dan alk*hol.
  • Minum banyak air atau cairan.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *