Gejala, pengobatan, dan makanan yang tidak dan boleh untuk tipus

Tifus/tipus atau demam tifoid, adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menular melalui makanan dan konsumsi air yang tidak bersih. Dengan demikian, penyakit ini sangat umum menjadi epidemi didaerah atau wilayah yang pasokan utama airnya terkontaminasi. Bakteri penyebab penyakit tipes ini disebut Salmonella Typhosa, yang lebih mudah menginfeksi anak-anak dan orang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah. Penting untuk diketahui bahwa tifus bisa berakibat fatal jika tidak segera diagnosis dan diobati;  dan perawatan sejak dini sangatlah penting. Rencana diet tifus dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita dan mengurangi tingkat keparahan gejala. Untuk pencegahan, orang harus memastikan jika makanan dan air yang dikonsumsi adalah bersih, menjaga kebersihan, serta menjalankan gaya hidup sehat supaya sistem kekebalan tubuh senantiasa dalam keadaan prima; seperti mengkonsumsi makanan sehat bergizi, makan teratur, tidak sering terlalu capek, mendapatkan tidur cukup, dll.

Advertisement

Mengenal tipus, dari gejala, pengobatan dan diet yang dianjurkan untuk mengurangi keparahan serta mempercepat penyembuhan.

 Gejala tipus

Gejala awal adalah demam tinggi, namun hal ini seringkali dianggap penyakit biasa sehingga hanya dibiarkan saja, yang pada akhirnya menjadi terlambat didiagnosis. Tipus pada umumnya berlangsung selama satu bulan, dan pada setiap minggunya akan meningkat ketahap baru dan terjadi perubahan gejala. Empat tahap utama tifoid adalah:
Tahap 1: penderita mengalami demam progresif tinggi disertai dengan mengeluarkan keringat yang banyak, juga sakit kepala dan batuk.
Tahap 2: demam yang dirasakan penderita tetap tinggi,  tapi umumnya akan memuncak dan mereda pada sore hari. Delirium adalah gejala umum dari tahap ini.
Tahap 3: pada tahap ini, tipus bisa menimbulkan risiko kesehatan yang cukup serius, seperti perdarahan usus dan atau perforasi. Bisa berakibat fatal jika ada komplikasi kesehatan lain yang diderita sebelumnya.
Tahap 4: tahap terakhir atau keempat ditandai dengan penurunan demam, namun penderita akan terus terus mengalami delirium selama tahap ini.

Tips: Jangan pernah anggap remeh jika mengalami demam tinggi, apalagi sudah beberapa hari tak mereda dengan obat penurun panas. Tifus cepat disembuhkan jika terdeteksi dan diobati ketika masih dalam tahap awal. Pemeriksaan intensif oleh dokter sangat diperlukan untuk memperoleh pengobatan yang tepat, sehingga tidak sampai berlangsung ketahap selanjutnya.

Lihat juga :  Khasiat ikan Gabus bagi Balita dan pasien pasca Operasi

Pengobatan

Pengobatan demam tifoid atau tifus terdiri dar berbagai jenis antibiotik, dan jenis obat antibiotik yang direkomendasikan tergantung pada tingkat resistensi antibiotik pada dareah atau wilayah tertentu. Jika disuatu wilayah resistensi antibiotiknya rendah, umumnya direkomendasikan jenis antibiotik yang lebih lemah. Akan tetapi jika tingkat resistenis yang lebih tinggi, mungkin memerlukan antibiotik yang lebih kuat. Selain itu, perubahan beberapa pola makan dan gaya hidup disarankan untuk mengendalikan pengaruh penyakit tipus.

Diet untuk tipus

Diet adalah bagian yang tak kalah penting dari pengobatan untuk tifus. Diet atau mengatur makanan dan pengobatan merupakan suatu keharusan untuk mengatasi kondisi kesehatan tersebut dan untuk mencegah kambuh. Dampak dari penyakit tifus adalah pencernaan usus, sehingga sangat penting untuk menjalankan diet makanan yang mudah untuk dicerna. Makanan ini juga akan membantu sistem kekebalan tubuh penderita bisa pulih secepat mungkin.

Makanan lunak yang mudah dicerna menjadi persyaratan pertama selama pengobatan tifus, semua makanan setidaknya dimasak sampai menjadi lembut. Sedikit nasi yang lembut bersama yoghurt perlu dimasukkan kedalam menu diet untuk penderita tifus; beras mengandung sedikit serat untuk membantu mengatur sistem pencernaan, sementara yoghurt mengandung bakteri baik yang akan mengurangi tingkat keparahan. Makanan kaya karbohidrat sangat penting.

Produk hewani perlu dibatasi selama dalam penyembuhan. Susu sebaiknya tidak dimasukkan karena lebih sulit dicerna juga bisa memperburuk diare, serta daging juga sulit dicerna dan bisa memperburuk diare, gas, dan masalah pencernaan lainnya. Namun, dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan daging unggas, karena merupakan sumber protein yang sangat baik. Ayam bisa dikukus dan diiris halus bisa ditambahkan kedalam  sup untuk meningkatkan asupan protein bagi pasien. Perlu diingat bahwa sup atau masakan lain tidak boleh ditambah dengan bumbu yang merangsang saluran usus seperti lada dan cabe. Puding beras tawar, bubur, dan puding juga makanan tifus baik.

Lihat juga :  Khasiat Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Karena sering mengeluarkan banyak keringat, penderita bisa kehilangan secara drastis cairan, vitamin, dan elektrolit seperti natrium dan kalium. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan beberapa jenis buah dan sayuran yang dikukus.

Tanyakan kepada dokter untuk memperoleh daftar makanan yang bisa di makan dan memasukkannya kedalam rencana diet tifoid.

Makanan yang harus Hindari untuk tipus

Makanan tertentu perlu untuk dihindari untuk membantu meringankan gejala atau ketidaknyamanan karena tifus. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi, seperti biji-bijian, buah dan sayuran mentah, ketan, umbi, gorengan, karena ini bisa memberatkan sistem pencernaan. Makanan yang harus dihindari juga termasuk sayuran seperti kubis, cabe dan lobak karena bisa menyebabkan kembung dan gas. Hindari semua bumbu-bumbu sebisa mungkin,  terutama yang memiliki sifat panas seperti lada, cabai, dan cabe rawit.

Setelah tipus sudah teratasi, diet masih sangat penting untuk dilanjutkan karena merupakan bagian yang penting pada tahap pemulihan. Diet setelah tifus harus mencakup diet rendah serat dan makanan lunak, karena sistem pencernaan Anda masih belum pulih betul. Diet pemulihan tifus perlu ditambahkan yoghurt dan putih telur rebus, karena lebih mudah dicerna dan mengandung protein lebih komplit.

Diet setelah tifus perlu dijaga dengan hati-hati untuk menghindari kambuh. Diet tifoid juga harus membantu mengganti elektrolit dan mineral yang hilang. Pasien tifoid perlu minum sebanyak 500 ml setiap hari. Anak-anak umumnya cenderung sulit untuk menjaga diet tipus, padahal ini cukup penting untuk diberikan. Tetap berikan cairan untuk anak.

Karena diet tifoid ini merupakan bagian yang sangat penting untuk masa penyembuhan dan pemulihan, maka harus dilakukan secara hati-hati. Untuk itu, penting untuk mengkonsultasikan ini dengan dokter Anda!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *